Eksplor Ke Curug Kali Kawung di Banyumas, Surga Tersembunyinya Ujung Utara Kab. Banyumas

Foto 1. Curug Kali Kawung. Dokumentasi Sparklepush.com


Nggak nyangka ya, ternyata, Kabupaten Banyumas punya Surga tersembunyi yang asyik untuk dinikmati. Simak eksplorasi Sparklepush.com ke Curug Kali Kawung di Kabupaten Banyumas Yuk...!!!

Curug Kali Kawung berada di Gunung Anyar, desa Krajan. Kecamatan Pekuncen, Kab. Banyumas. 

Tempat Wisata ini dekat dengan perbatasan Banyumas - Brebes (selatan).

Sebagai ancer-ancer, Klepusher akan melewati 2 Tempat Wisata unggulan dari Kabupaten Brebes yaitu Waduk Penjalin dan Tempat Wisata alam Tuk Sirah Pemali yang lokasinya sejalur menuju Kabupaten Banyumas dan jalannya juga searah.

Tepat di pertigaan sebelum perbatasan Banyumas - Kabupaten Brebes ada sebuah jembatan yang dibawahnya bukan sungari tapi jalur kereta api.

Nah, di Pertigaan ini membagi Dua jalur yaitu ke Kiri menuju Jl. Gunung Anyar dan lurus terus menuju Ajibarang (masih Kabupaten Banyumas).

Untuk menuju Surga Tersembunyi Curug Kali Kawung ini Klepusher harus ambil Jl. Gunung Anyar yang agak nanjak.

Foto 2. Ilustrasi Pertigaan menuju Jl. Gunung Anyar. Tangkap Layar Google Map

Dari sini, Team Klendangan akan melewati jalan yang cukup berliku dan naik turun. Jadi musti berhati-hati dan tetap waspada yah bagi klepusher yang ingin menikmati pemandangan Air Terjuan Curug Kali Kawung, serta utamakan keselamatan dalam berkendara.

Setelah masuk di Jalan Gunung Anyar ini, benar saja, awal masuk ke Jalan ini langsung nanjak. Ya, walaupun tanjakannya nggak se-ekstrim tanjakan di Gunung Lio. Tapi lumayan bikin betot gas di beberapa titik tanjakan.

Takjub dengan pemandangan persawahan yang tersusun secara terasering, Team Klendangan pun berhenti sejenak dan mengabadikan moment dengan foto dan video. Padahal Sparklepush.com belum sampai di Air Terjun Curug Kali Kawung namun sudah di suguhkan pemandangan seindah ini


Foto 3. View Persawahan yang tersusun secara terasering. Dokumentasi Sparklepush.com

Dan berikut adalah rekaman video singkat saat Team Klendangan mampir sejenak untuk menikmati pemandangan suasana pedesaan yang sangat indah ini.


 
Tak cukup sampai di sini saja ya. Sebenarnya setelah titik ini, lika-liku jalannya pun begitu mengesankan. 

Salah satu yang paling mengesankan pada saat itu adalah adanya suara gemercik air dari sungai kecil yang dilewati oleh Team Klendangan.

Pernah dilewati. Sebenarnya jalan ini sudah pernah dibahas oleh sparklepush.com dalam posting yang berjudul Jalan-jalan di Jalur Alternative Tegal Purwokerto

Ada sesuatu yang cukup berbeda kondisinya antara pada saat sparklepush.com menelusuri jalan-jalan jalur alternative Tegal - Purwokerto dengan pada saat Sparklepush.com bersama Team Klendangan eksplor ke Air Terjun Curug Kali Kawung.

Perbedaannya yaitu setelah melewati sungai kecil ini ternyata kondisi jalannya sudah sangat bagus. Bahkan terlihat aspal jalannya masih baru. 

Kondisi ini membuat Team Klendangan makin semangat melanjutkan perjalanan untuk eksplor tempat wisata alam Air Terjun Curug Kali Kawung di Desa Krajan.

Foto 4. Papan Penunjuk Jalan Menuju Air Terjun Curug Kali Kawung. Dokumentasi Sparklepush.com


Pada video kedua ini menunjukkan bahwa jalan yang dilalui oleh Team Klendangan pada waktu itu benar-benar sudah bagus. bahkan sangkin bagusnya bikin Team Klendangan Sparklepush.com yang eksplor Air Terjun Curug Kali Kawung kala itu kebablasan.


Karena kebablasan, jadinya Team Klendangan Sparklepush.com pun putar balik setelah menutup video kedua.

Sebenarnya jika di-bablaskan lurus terus, ada pemandangan jalan yang lurus yang indah banget sih.

Tapi ya sudahlah, fokus eksplor kali ini memang ada pada Tempat Wisata Air Terjun Curug Kali Kawung. Jadi "kembali ke Laptop"

Perjalanan yang mengasyikkan ini pun dilanjutkan dengan putar arah. Dan kembali merekam arah yang seharusnya meskipun dari beda sisi. 

Foto 5. Dokumentasi Sparklepush.com 20 Feb 2023 Silam menunjukkan keindahan jalan jalur alternative Tegal-Purwokerto.

Itulah pemandangan alam yang bisa Klepusher dapatkan jika Klepusher mbablas melewati titik pertigaan gang yang Papan Petunjuknya tertutup oleh dua benedera parpol kala itu.  

Ah, kebablasan sih masih belum ada apa-apanya.

Perjalanan selanjutnya bakalan lebih menantang dan lebih dahsyat.

Karena tadi kebablasan, otomatislah Team Klendangan Sparklepush.com balik kanan dan menempuh jalan yang benar untuk menuju salah satu surga tersembunyi yang berada di Kabupaten Cilacap yaitu Air Terjun Curug Kali Kawung.

Untungnya nyasarnya nggak kelewat jauh, jadi hanya dalam beberapa menit saja sudah sampai di pertigaan tadi yang di tandai pada Foto 4.


Dimulai dari jalan inilah perjalanan yang mengasyikan, eksplor ke Air Terjun Curug Kali Kawung yang sebenarnya baru dimulai.

Yup. karena dari sinilah tanjakan ekstrim, view yang memanjakan mata, serta jalan setapak yang harus ditempuh akan menjadi "oleh-oleh" cerita perjalanan menemukan surga tersembunyi di belahan utara Kabupaten Banyumas.

Setelah melewati tanjakan yang cukup ekstrim di akhir video di atas masih ada lagi tanjakan-tanjakan berikutnya yang tak terduga jadi susah diprediksi. Apalagi, ini adalah kali pertamanya Team Klendangan Sparklepush.com eksplor ke Air Terjun Curug Kali Kawung. 

Jadi musti nanya-nanya sama penduduk sekitar mulai dari rute, arah jalan, perkiraan perjalanan dan yang lainnya.

Memang cukup melelahkan.

Untungnya, meskipun jalannya selalu nanjak, rimbun pepohonan dan sawah yang berlembar-lembar bak buku meredam lelah perjalanan yang ditempuh. 

Di video selanjutnya Sparklepush.com tampakkan pemandangan persawahan dan bukit-bukit hijau yang menjulang menemani kokohnya Gunung Slamet.


Setelah menanyakan keberadaan Air Terjun Curug Kali Kawung kepada penduduk sekitar akhirnya Team Klendangan Sparklepush.com pun mendapatkan jawaban yang dibutuhkan.


Dari narasumber yang didapat mengatakan bahwa jarak Air Terjun Kali Kawung sudah cukup dekat, tinggal mengikuti jalan yang sedang kami lalui.

Team Klendangan Sparklepush.com pun melanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalan yang sedang dilalui.

Jalan berikutnya yang sudah menggunakan jalan beton dan kelihatannya, jalan beton ini masih baru.

Sepertinya jalan beton menuju Air Terjun Curug Kali Kawung ini punya kualitas yang bagus lho. Mungkin ini disiapkan jauh-jauh hari oleh pemerintah setempat bilamana tempat ini dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi.


Setelah perjalanan melewati jalan beton, Team Klendangan Sparklepush.com kembali menjumpai jalan beraspal lagi seperti jalan-jalan pada umumnya di sekitar sini.


Lanjut ke postingan beriutnya ya, biar nggak mbosenin

Posting Komentar

0 Komentar