Pengalaman Jalan-jalan Ke Igir Kandang, Pemalang, Perjalanan yang Mengasyikkan Menuju Tempat yang Instagramable Buat Foto-foto.

Foto 1. Patung Kuda Emas Bersayap, Maskot Igir Kandang, Pemalang.
Dokumentasi Sparklepush.com

Igir Kandang adalah salah satu spot wisata yang berada di Kabupaten Pemalang. Jalan-jalan ke sini akan jadi cerita pengalaman seru dan foto-foto epic dibawah Gunung Slamet.

Igir kandang itu dimana sih?

Bagi Klepusher yang berlum pernah kesini, Sparklepush.com kasih tahu nih.


Igir Kandang berada di Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang. Klepusher akan menempuhnya selama sekitar 1 jam 24 menit perjalanan jika ditempuh dari titik Alun-alun kota Tegal menuju Igir Kandang.

Sebelum memulai petualangan Jalan-jalan ke Igir Kandang di Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang, alangkah baiknya melakukan perencanaan dan persiapan yang matang.

Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir segala resiko yang ada selama perjalanan, berada di lokasi tujuan hingga pulang dari lokasi tujuan ke homebase, tentunya dengan selamat dan hati riang. 

Foto 2. Suasana persiapan membahas rute pulang-pergi ke Igir Kandang.
Dokumentasi Sparklepush.com

Igir Kandang merupakan salah satu tempat wisata alam terbaru di Kabupaten Pemalang. Tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam desa Clekatakan ini ternyata awal dirintis pada tahun 2019.

Nah, kalau kalkulasikan, jarak dari Alun-alun Kota Pemalang ke Tempat Wisata Igir kandang ini sekitar 50 kilometer ke arah selatan.

Tapi, berhubung short-term homebase pada saat ini berada di lokasi desa Jatibogor jadi kita kalkulasi ulang. Dan setelah diskusi panjang soal rute berangkat - pulang maka telah disepakati bahwa rute yang diambil adalah sebagai berikut.
  1. Rute Berangkat
    • Rute Berangkat yaitu dari short-term homebase di Jatibogor ke Jalan Sigentong - Bandung - Bantarbolang/Randudongkal - Jl. Gombong Bedahan di Tepus Barat - Desa Clekatan (Igir Kandang)
  2. Rute Pulang
    • Igir Kandang - Jl. Raya Gombong - Moga - Jatinegara
Foto 3. Berhenti di Jembatan.
Dokumentasi Sparklepush.com

Setelah disepakati rute PP-nya seperti yang dijelaskan tadi, team klendangan Sparklepush.com pun mulai bergerak menuju Tempat Wisata Camping Ground Igir kandang yang instgenik (katanya).

Melewati rute keberangkatan, berarti lewat salah satu jembatan panjang yang menghubungkan dua desa yaitu desa Kendayakan dan desa Banjarmulya. 

Jembatan ini disebut juga dengan nama Jembatan Kali Rambut. 

Jalan di jembatan ini juga akan membawa Team Klendangan Sparklepush.com ke Paduraksa, Kabupaten. Pemalang.

Di sinilah dokumentasi awal perjalanan menuju Igir Kandang baru dimulai. 

Foto 4. Foto exist di Jembatan yang berada masih jauh dari Igir Kandang. Sejauh ini masih bisa dibilang perjalanan yang mengasyikkan.
dokumentasi Sparklepush.com

Setelah selesai foto-foto di Jembatan Kali Rambut perjalanan menuju tempat wisata camping ground di Igir Kandang pun kembali dilanjutkan.

Mengikuti petunjuk google maps yang mengarahkan untuk terus mengikuti sepanjang jalan Banjarmulya - Paduraksa dan arahannya mengikuti jalan ini hingga menuju Jl. Pangeran Purbaya.

Di Jl. Pangeran Purbaya ini ternyata masuk di desa Surajaya. 

Nggak terasa ya, ternyata sudah melewati Area Kab. Tegal dan sudah masuk ke kawasan Kab. Pemalang. 

Foto 5. Blusukan ke Desa Surajaya, Kecamatan Pemalang, Jawa Tengah.

Tak begitu jauh dari Gapura DS. Surajaya, Team Klendangan Sparklepush.com mendapati sebuah pertigaan jalan yang membagi 2 (dua) arah, Kiri dan Kanan.

Jalan ini sempat membuat navigator perjalanan terlihat bimbang, ambil kiri atau kanan.

Akhirnya ambil jalan ke kiri dengan harapan bisa memotong jarak dan waktu. 

Foto 6. Ketemu pertigaan yang membagi dua arah. Kiri dan Kanan. 
Dokumentasi Sparklepush.com

Sayangnya, ambil jalan kiri bukanlah pilihan yang tepat menurut sudut pandang Team. 

Iya, karena jalan yang disarankan oleh google map mblusak-mblusuk sampe ke tengah-tengah hutan atau kebon jati. Ah, entahlah...!

Yang jelas, di sisi kiri dan kanan jalan banyak terdapat pohon jati yang menjulang tinggi. 

Berhubung ini adalah kali pertamanya Team Klendangan melakukan adventure ke Igir Kandang, jadi apa yang dihadapan team saat itu, begitu mencengangkan. (ada sedikit kekhawatiran tersesat).

Namun, maps menunjukkan bahwa jalan ini ada ujungnya. Dan ujung dari jalan ini adalah sebuah Perempatan ke arah Igir Kandang yang jadi tujuan adventure touring kali ini. Pancen, ini adalah sebuah perjalanan yang mengasyikkan menuju tempat yang katanya Instagenik dan Instagramable buat foto-foto.


Foto 7. Tersesat di Kebon/Hutan Jati. 
Dokumentasi Sparklepush.com

Ini adalah pengalaman yang cukup membagongkan selama Team Klendangan Sparklepush.com melakukan kunjungan ke tempat wisata karena tersesat di tengah kebon/hutan jati. 

Tapi, untungnya Jalan ini bukanlah jalan buntu, sehingga Team pun dapat menjumpai Jalan utama menuju Igir Kandang yang memang bikin Jalan-jalan kali ini jadi terasa mengasyikkan meskipun harus tersesat di kebon/hutan jati.

Dan syukurlah, tak beberapa lama kemudian Team benar-benar menemukan jalan utama, Jadi, kekhawatiran menemui jalan buntu pun sirna.

Dan setelah dilihat-lihat di sekitar jalan aspal sama jalan desa tadi ternyata Sparklepush.com berada tepat di depan sebrang jalan dan gapura Dukuh Pesalakan.

Foto 8. Gapura Dukuh Pesalakan, Sebuah Dukuh (bagian dari desa Pegongsoran Kec. Pemalang).

Dari jalan inilah orientasinya sudah mulai berpubah, karena dari perjalanan desa Jatibogor Kab. Tegal ke Jalan Raya di Dukuh Pesalakan tujuan orientasinya adalah menemukan short cut dari Jatibogor ke Tempat Perkemahan Igir Kandang

Dan dari jalan besar inilah, babak kedua perjalanan menuju Tempat Wisata Alam Igir Kandang dimulai lagi.


Sparklepush.com dan team merasakan betapa jalan di Kabupaten Pemalang ini sangat nyaman karena di sepanjang jalan besar tidak ada lubang.

Perjalanan dari Dukuh Pesalakan menuju Clekatakan diwarnai dengan pemandangan lahan persawahan.

Foto 9. Hamparan Persawahan dan Hutan/Kebon Jati di sepanjang jalan menuju Igir Kandang.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Selain persawahan atau tegalan, ada juga yang lainnya, yaitu Hutan atau Kebon Jati. 

Iya, pancen bener. Di sepanjang jalan dari Dukuh Pesalakan ini, kiri kanan (jalan) nya banyak pohon-pohon berkayu, terutama Pohon Jati.

Selain itu, banyak juga sawah atau tegalan di area sini. Kebanyakan dari sawah ini sedang ditanami Padi.

Bahkan sangkin asyiknya melihat pemandangan ini, Team Klendangan mengendurkan betotan gas, sehingga laju sepeda motor mejadi pelan kala itu.

Jalan menuju Tempat Wisata Alam Igir Kandang ini memang bisa dibilang tidak begitu padat. Rider Sparklepush.com pun bisa leluasa riding karena lalu lintas tidak begitu padat. 

Tapi, meskipun lalu lintas tidak begitu padat, tetap menjaga keutaman keselamatan dalam berkendara ya untuk kenyamanan sesama pengguna jalan. 

Foto 10. Asik Sunmori (Sunday Morning Ride) ke Tempat Wisata Alam Igir Kandang Pemalang.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Foto 11. Suasana Kiri dan Kanan Jalan yang dinaungi oleh pohon mahoni, serta pohon-pohon yang lainnya membuat perjalanan menuju Igir Kandang tidak membosankan.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Pengalaman jalan-jalan ke Igir kandang menurut Sparklepush.com cukup istimewa terutama pada infrastuktur jalan.

Setiap ruas jalan secara umum sudah sangat bagus. 

Jadi, bagi Klepusher yang doyan motoran dan punya plan camping di sini (Igir Kandang), tempat wisata alam ini sangat cocok untuk mewujudkan plan tadi.

Selain memiliki jalan-jalan yang lurus, track jalan menuju Igir Kandang juga punya tikungan-tikungan yang cukup tajam. Meskipun tikungan-tikungan ini cukup tajam tapi masih belum mengalahkan tikungan dan tanjakan ekstrim di Gunung Lio, jalur alternativenya Brebes - Bumiayu via Banjarharjo dan Salem.

Foto 12. Penampakan Jalan letter Z di salah satu ruas jalan menuju Igir Kandang. 
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Usai melewati beberapa tikungan Team Klendangan Sparklepush.com pun akhirnya berhenti sejenak untuk memastikan rombongan tetap dalam satu jalur. Dan Team berkumpul di sebuah SPBU arah Moga. 

Di SPBU inilah kemudian Team break sejenak untuk kontrol BBM apakah masih cukup untuk melanjutkan perjalanan atau tidak.

Posting Komentar

0 Komentar