Investasi Saham Asing, Peluang Keuntungan yang Tak Terbatas

Ingin mendapatkan keuntungan lebih atau bahkan tak terbatas? Kenapa nggak coba saja investasi saham asing? Caranya pun juga mudah.


Apa investasi saham yang makin diminati sekarang ini? Membeli saham dari perusahaan asing atau perusahaan luar negeri – investasi saham asing. Dibantu oleh kemudahan teknologi, banyak perusahaan besar dunia di luar negeri menawarkan nilai saham yang fantastis, tentu saja, dengan keuntungan yang juga tidak terbatas.

Contoh beberapa perusahaan luar negeri ternama dan berskala raksasa – terutama di pasar bursa Paman Sam – adalah Apple, Google, Microsoft, Tesla, Facebook, Netflix, Starbucks, dan masih banyak lagi

Lalu, bagaimana cara membeli saham perusahaan luar negeri ketika mereka bahkan tidak masuk dalam daftar Bursa Efek Indonesia? Jangan khawatir, investor tetap bisa membelinya, bahkan dengan proses yang tidak terlalu sulit

Persyaratan Membeli Saham Perusahaan Luar Negeri

Langkah pertama tentu saja kita harus memiliki akun untuk mengakses pasar saham besar yang akan kita tuju, seperti Amerika Serikat.


Ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan dan dilengkapi terlebih dahulu sebelum membeli saham asing secara online, yaitu:
  1. KTP
  2. SIM
  3. Paspor
  4. NPWP
  5. Lampiran rekening listrik, air, atau kartu kredit (dari bank asing)
  6. Jika ada, rekening saham di broker asing atau campuran
Selanjutnya, kita unggah dokumen-dokumen tersebut dan mengirimnya. Jika Klepusher pernah membuka rekening bank digital, kemudahan prosedurnya hampir sama, kok. 

Tahapan Membeli Saham Luar Negeri

Meskipun tidak terlalu jauh berbeda dengan praktik membeli saham di perusahaan sekuritas dalam negeri, terdapat beberapa ketentuan yang berbeda untuk investasi saham asing. Berikut beberapa tahapan yang harus dilalui.
  1. Memilih broker (perusahaan) sekuritas internasional
  2. Mengunduh dan memasang aplikasi trading
  3. Membuat rekening saham
  4. Melakukan deposit (menyetor modal)
  5. Melakukan transaksi
  6. Memilih broker (perusahaan sekuritas) internasional 
Pertama-tama, pilih broker internasional di mana aplikasi mereka dapat kita unduh di Indonesia. Perlu diingat bahwa kebanyakan aplikasi perusahaan sekuritas internasional ini tidak memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Calon pembeli dapat memilih broker ini berdasarkan ulasan, testimoni, atau rating yang diberikan pengguna. Broker ini biasanya juga menyediakan layanan 24 jam untuk menjawab semua pertanyaan, keluhan, ataupun permintaan solusi. 

Setelah proses verifikasi data diri dan penyetoran sejumlah deposit (dana atau modal) ke rekening saham, investor dapat mulai membeli saham yang diinginkan atau berdasarkan rekomendasi broker.
 

Mengunduh dan memasang aplikasi trading

Investor juga harus mengunduh dan memasang yang disebut software online trading untuk dapat mengaksesnya melalui gadget mereka – laptop atau telepon pintar. Kegunaannya adalah investor dapat melakukan transaksi secara mobile, lebih mudah, kapan saja, di mana saja.

Setelah aplikasi terpasang dan melakukan login, barulah investor dapat melihat beberapa hal berikut ini:
  • kondisi bursa saham yang sedang berlangsung
  • fluktuasi harga saham dalam bentuk yang akurat dan tepat
  • saldo yang telah disetorkan
  • pergerakan saham yang telah dibeli
  • saham yang direkomendasikan
  • dll.

Membuat rekening saham internasional

Setelah mendapatkan aplikasi broker yang credible, lakukan pendaftaran untuk membuat atau membuka rekening saham internasional, melalui fitur yang tersedia di aplikasi. 

Prosesnya meliputi pengisian formulir, pengiriman dokumen persyaratan atau data diri, dan verifikasi. Setelah jadi, investor dapat menggunakan rekening ini untuk penyimpanan modal investasi awal dan hasil transaksi selama melakukan investasi saham

Melakukan deposit (menyetor dana)

Tanda bahwa kita berhasil membuka rekening atau akun saham adalah konfirmasi email yang termasuk di dalamnya username, password, PIN, dan nomor rekening saham


Setelah itu, barulah investor dapat menyetorkan sejumlah modal (dana) berdasarkan deposit minimal, yang nantinya bisa digunakan untuk transaksi (membeli saham).

Penyetoran ini dapat dilakukan melalui transfer via virtual account dari bank-bank dalam negeri yang memiliki layanan pengiriman ke luar negeri

Melakukan transaksi 

Sekali rekening saham sudah terisi sejumlah dana atau modal, maka investor bisa mulai melakukan transaksi perdagangan saham. 


Jumlah modal awal tersebut bisa disesuaikan dengan jumlah saham yang diinginkan.  

Mengingat perbedaan zona waktu, investor perlu memperhatikan jam buka bursa saham luar negeri supaya tidak terlewat mendapatkan saham yang ingin dibeli

Bagaimana? Cukup mudah, bukan? Pada dasarnya, membeli saham luar negeri tidaklah jauh berbeda dengan membeli saham sekuritas dalam negeri. Dengan menggunakan analisis dan cara yang tepat dan berhati-hati ketika berinvestasi, maka nilai tinggi investasi saham asing akan memberikan keuntungan maksimal atau bahkan fantastis


Referensi: 
https://money.kompas.com/read/2022/09/10/150000426/cara-mudah-beli-saham-di-luar-negeri?page=all 
https://ajaib.co.id/bisakah-membeli-saham-perusahaan-luar-negeri-ini-jawabannya/

Posting Komentar

0 Komentar