Investasi Reksa Dana, Menjanjikan Cuan dengan Risiko Rendah

Ilustrasi Investasi Reksa Dana.
Foto Unsplash

Dewasa ini, investasi makin mudah. Karenanya, minat orang pada investasi kian berkembang. Dari beberapa pilihan investasi yang tersedia, reksa dana menjadi produk investasi yang paling banyak diminati. 

Kenapa reksa dana sangat populer? Selain memiliki risiko rendah, reksa dana juga cocok buat kamu yang ingin memulai investasi dengan modal sedikit. Dengan dana yang kecil tadi, apakah investasi reksa dana masih bisa memberikan keuntungan? 

Reksa dana menjanjikan keuntungan yang tinggi sama halnya dengan jenis investasi lain. Untuk tahu lebih jelas mengenai investasi reksa dana ini, mulai dari pengertian hingga rekomendasi reksa dana saham terbaik, baca terus artikel di bawah.

Apa Itu Reksa dana?

Reksa dana adalah jenis investasi yang menghimpun dana dari para investor. Dana yang terhimpun ini kemudian investasikan ke beberapa instrumen investasi mulai dari saham, deposito, serta obligasi.

Dalam mekanismenya, reksa dana membuat kamu berinvestasi dari jumlah yang kecil dan seluruh arus investasi dari investor dikelola oleh manajer investasi. Karena itulah, walaupun modal awal rendah, reksa dana tetap bisa memberi keuntungan yang menjanjikan.

Cara reksa dana bekerja:

  • Manajer investasi menghimpun dana dari para investor.
  • Selanjutnya, dana yang sudah terhimpun akan diinvestasikan ke beberapa instrumen investasi, tentu saja dengan kesepakatan investor.
  • Selanjutnya, pemilik dana akan mendapatkan laporan investasi mulai dari kinerja produk yang dipilih, komposisi aset, hingga portofolio efek.

Keuntungan Reksa dana

Berikut ini beberapa manfaat berinvestasi di reksa dana:

1. Diversifikasi

Yang dimaksud dengan diversifikasi adalah kamu bisa memilih menginvestasikan danamu di satu sektor, misalnya sektor keuangan, dan di saat yang sama kamu juga berinvestasi di sektor lain, misalnya sektor pertanian.

2. Kemudahan Membeli Saham

Dengan reksa dana, kamu tidak dituntut untuk menempatkan uang dalam jumlah yang besar. Kamu pun bisa melakukan investasi secara berkala.

3. Dikelola Oleh Profesional

Keuntungan lain dari investasi reksa dana adalah seluruh kegiatan investasi dikelola dan diawasi oleh manajer investasi yang telah memperoleh sertifikat Certified Financial Analyst (CFA).

4 Jenis Reksa dana.

4 Jenis Reksa dana

Setelah tahu pengertian reksa dana dan cara kerja perusahaan tersebut mengelola modal dari para investor, selanjutnya adalah jenis-jenis reksa dana. Berikut ini empat jenis reksa dana:

1. Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Reksa dana jenis ini menempatkan pada obligasi dan memiliki jangka waktu satu hingga lima tahun.

2. Reksa Dana Saham (Equity Fund)

Reksa dana saham memiliki risiko yang cukup tinggi dan potensi imbal hasil yang tinggi pula. Reksa dana saham biasanya dipilih untuk tabungan pendidikan dan dana pensiun.

3. Reksa Dana Campuran (Balance Mutual Fund)

Reksa dana campuran juga menawarkan keuntungan yang besar. Jenis reksa dana ini memakai obligasi dan saham. Namun, jika dibandingkan dengan reksa dana saham, potensi pengembaliannya lebih besar saham.

4. Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund)

Reksa dana pasar uang menginvestasikan dana pada pasar uang. Instrumen pasar uang di sini adalah surat berharga seperti Sertifikat Bank Indonesia atau SBI, obligasi, deposito berjangka, dengan jangka waktu jatuh tempo kurang dari satu tahun.

5 Rekomendasi Reksa Dana Saham Terbaik

Kalau kamu memilih reksa dana saham, pastikan memilih saham yang menguntungkan. Seperti disebutkan tadi, reksa dana saham walaupun memiliki potensi imbal hasil paling tinggi, risikonya pun juga tinggi. Berikut ini lima rekomendasi reksa dana saham terbaik:

1. Sucorinvest Sharia Equity Fund

Sucorinvest Sharia Equity Fund merupakan produk RDS syariah dari Sucor Asset Management. Pertumbuhan nilai saham Sucorinvest mencapai 50,43% dalam lima tahun terakhir. 

2. Schroder Dana Prestasi Plus

Reksa dana saham terbaik kedua adalah Schroder Dana Prestasi Plus. Diluncurkan tahun 2000, Schroder Dana Prestasi Plus bisa dibeli dengan pembelian minimum pertama hanya Rp100.000.

3. Batavia Dana Saham

Produk reksa dana saham terbaik berikutnya adalah Batavia Dana Saham. Minimum 80% investasi Batavia Dana Saham adalah pada efek ekuitas dan sisanya pada instrumen pasar uang.

4. Manulife Saham Andalan

Performa produk ini mencapai 6,61% dalam lima tahun terakhir. Dengan total dana yang dikelola mencapai Rp3,02 Triliun, kamu bisa membeli produk ini mulai dari Rp100.000.

5. Sucorinvest Maxi Fund

Dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan Sucorinvest Maxi Fund ini mencapai 49,26% dengan total dana yang dikelola mencapai Rp212 Miliar.

Tertarik memulai investasi reksa dana? Sebaiknya mulailah berinvestasi di usia muda. Selain sebagai tambahan sumber penghasilan, kamu juga menjadikan uang kamu lebih produktif.


Posting Komentar

0 Komentar