Antimerugi! Ini Waktu yang Pas untuk Jual Beli Properti

Waktu yang Pas untuk Jual Beli Properti


Pasar properti yang sulit untuk diprediksi menjadikannya tempat yang menakutkan bagi penjual dan pembeli. 

Saat berinvestasi properti, Anda sebagai investor dituntut untuk mempelajari waktu yang tepat untuk jual beli properti, mulai dari membeli, menahan, hingga memutuskan untuk menjual kembali properti yang dimiliki.

Umumnya, orang-orang membeli atau menjual properti saat berada dalam situasi yang mendesak, seperti sedang membutuhkan dana atau kepentingan urgent dengan pihak keluarga. Namun, ada baiknya jika transaksi jual beli properti tidaklah tergesa-gesa dan menunggu timing yang pas sehingga keuntungan yang diperoleh juga lebih maksimal.

Waktu yang Tepat untuk Membeli Properti


Bagi Anda yang berencana untuk membeli properti, inilah beberapa timing yang pas:

1. Saat Ada Promosi

Waktu pertama yang tepat untuk beli properti adalah saat developer sedang mengadakan promosi besar-besaran. Hal ini biasa dilakukan oleh developer perumahan maupun apartemen yang akan membangun sebuah properti dengan memberikan diskon khusus kepada pembeli untuk memperoleh pendapatan modal dari investor maupun konsumen.

Namun, sebelum memutuskan membelinya, pastikan developer tersebut amanah, ya. Jangan sampai tertipu oleh developer yang menawarkan harga yang terlalu murah, minta pembayaran uang muka sebelum KPR disetujui, serta tidak terdaftar sebagai anggota asosiasi perumahan, seperti REI, APERSI, HIMPERA, atau APERNAS.

2. Saat Perekonomian Sedang Krisis

Kenaikan inflasi, jumlah pengangguran bertambah, dan lain-lain menjadi tanda bahwa perekonomian suatu negara sedang lesu. Saat itulah, suku bunga KPR justru lagi rendah-rendahnya serta bunga deposito mengalami penurunan.

Itu terjadi karena banyaknya properti yang dibangun, tetapi kondisi pasar kurang mendukung sehingga banyak orang yang akhirnya menjual properti yang dimiliki dengan harga rendah.

3. Ketika Suku Bunga KPR Rendah

Waktu lainnya yang pas untuk membeli properti adalah saat suku bunga KPR sedang rendah. Untuk mengetahui ini, Anda harus rajin riset dan mencari tahu bank mana yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah saat ini dan bank mana saja yang menurunkan tingkat suku bunganya.

4. Jual beli properti Antara Bulan Juli dan Desember

Jika Anda memperhatikan tren, bulan Juni dan Desember merupakan waktu favorit bagi investor untuk membeli properti. Pasalnya, penyaluran KPA dan KPR pada bulan-bulan ini lebih longgar dan banyak menghadirkan program diskon.

Misalnya, pada bulan Desember seperti sekarang ini, banyak bank yang gencar mengejar target penyaluran KPR sehingga menawarkan banyak promo menarik dan suku bunga KPR yang rendah. Natal dan Lebaran juga menjadi timing yang pas karena developer cenderung lebih fleksibel dan tidak perhitungan.

Waktu yang Tepat untuk Menjual 

Agar keuntungan yang diperoleh lebih maksimal, sebaiknya Anda jangan terburu-buru menjual properti Anda. Simak beberapa timing yang tepat untuk menjual properti berikut ini:

1. Saat Hari Kamis

Menurut Majalah Time, waktu yang pas untuk menjual rumah adalah pada hari Kamis, baik itu Anda menjualnya secara online maupun offline. Itu karena hari Kamis adalah hari yang ideal bagi pembeli untuk menyusuri properti di akhir pekan sebelum memutuskan untuk membelinya.

2. Hindari Menjual Rumah saat Musim Hujan

Bagi Anda yang ingin membeli properti, musim hujan mungkin menjadi timing yang tepat untuk mengetahui kondisi dan ketahanan atapnya. Namun, bagi Anda yang berniat menjual hunian atau properti lain, hindari menjualnya saat musim hujan lantaran akan membuat tampilan properti Anda bisa jadi kurang menarik.

Apalagi kalau lokasi atau akses ke properti menjadi becek karena air hujan yang menggenang, calon pembeli jadi merasa risi dan malas untuk berkunjung ke lokasi. Jadi, musim hujan yang terjadi antara bulan November – Maret bukan waktu yang ideal untuk menjual properti.

3. Ketika Booming Property

Pernah dengar istilah booming property? Ini adalah kondisi ketika aktivitas investasi properti terjadi peningkatan. Hal ini didukung dengan kondisi perekonomian yang membaik serta ditandai dengan ramainya pendanaan yang masuk serta pendapatan masyarakat yang makin meningkat.

Akibatnya, permintaan akan rumah, apartemen, atau properti lainnya jadi ikut bertambah. Momen inilah yang bisa Anda gunakan untuk menjual rumah dengan harga yang lebih tinggi.

Itulah waktu paling ideal untuk jual beli properti yang harus Anda ketahui supaya keuntungan yang Anda dapatkan lebih maksimal. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar