Keunggulan dan Kelemahan Busi Iridium untuk Kendaraan Kamu

Keunggulan dan Kelemahan Busi Iridium untuk Kendaraan Kamu - Semua pemilik kendaraan bermotor pastinya menginginkan kendaraan mereka dilengkapi dengan komponen terbaik untuk mendapatkan performa yang optimal. 

Keunggulan dan Kelemahan Busi Iridium untuk Kendaraan Kamu
Keunggulan dan Kelemahan Busi Iridium. Foto oleh Ronald Plett

Nah, percaya atau tidak, busi memegang peranan penting dalam keseluruhan fungsi performa mesin kendaraan kamu?

Contohnya adalah membantu mesin motor kamu berjalan lebih mulus, berakselerasi lebih cepat, lebih bertenaga, dan lebih irit BBM. 

Oleh sebab itu, Klepusher sangat disarankan untuk menggunakan busi iridium agar fungsi-fungsi di atas terlaksana dengan baik. Lantas, apa sih keunggulan dan kelemahannya? Simak uraian berikut ini sampai habis, ya!

Keunggulan Busi Iridium

Penggunaan suku cadang busi yang berbahan iridium ini dinilai lebih baik dibandingkan dengan tembaga dan platinum. Ada begitu banyak aspek yang membuat komponen ini lebih unggul dan berikut adalah beberapa keunggulannya.

1. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Meskipun keunggulan ini tidak terlalu terlihat, kamu akan menyadari bahwa motor kamu lebih irit bahan bakar saat menggunakan komponen busi berbahan iridium. 

Itu karena bensin dibakar secara efisien. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran bensin. 

2. Meningkatkan Akselerasi

Jika kamu termasuk pengguna sepeda motor, menggunakan komponen ini juga dapat meningkatkan waktu akselerasi kendaraan kamu, loh. Pasalnya, komponen ini membantu mesin bensin pada motor kamu untuk mengenali operasi throttle sehingga mampu menghasilkan akselerasi yang lebih tinggi. 

3. Mesin Motor Jadi Lebih Bertenaga 

Karena daya tahan material iridium yang begitu tinggi, komponen tersebut dapat menghasilkan tenaga mesin yang lebih besar. Kondisi inilah yang menjadikan busi iridium jadi pilihan komponen yang cocok untuk motor harian hingga motor kegiatan off-road.

4. Starter Kendaraan Jadi Lebih Bersih

Jika ingin starter motor kamu jadi lebih bersih, komponen ini sangat recommended untuk digunakan. Dengan start mesin yang lebih bersih, respons mesin terhadap peningkatan pembakaran juga akan meningkat. Alhasil, dispersi pada posisi percikan juga makin sedikit.

5. Lebih Awet dan Tahan Lama

Suku cadang berbahan iridium ini terbukti delapan kali lebih kuat dari platinum. Tidak hanya itu, komponen ini pun memiliki titik leleh 700 derajat lebih tinggi dan enam kali lebih keras daripada komponen lain yang sejenis. 

Ini menjadikannya salah satu opsi suku cadang yang paling tahan lama dan dapat bertahan sekitar 25% lebih lama daripada busi platinum.

Kelemahan Busi Iridium

Meski memiliki banyak keuntungan, suku cadang berbahan iridium memiliki beberapa kelemahan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk beralih. Berikut adalah beberapa kelemahan utamanya.

1. Biaya Lebih Mahal

Kelemahan utama dari komponen ini ada pada biayanya. Karena berbasis iridium, daya tahan dan umur suku cadang ini cukup panjang. Akibatnya, busi iridium ini dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada jenis bahan lainnya.

2. Pemasangannya Harus Benar

Untuk meningkatkan fungsionalitas, pemasangan suku cadang ini harus benar dan cenderung lebih sulit. Pemasangan yang kurang tepat akan membuat goresan dan menimbulkan kerapuhan yang berdampak pada kinerja. Itulah mengapa banyak pengguna yang menganggap komponen ini menyulitkan dalam pemasangan.

3. Debu Busi Mudah Terbakar

Satu goresan dari partikel iridium dapat berakibat fatal. Hal ini disebabkan debu dari komponen ini cukup mudah terbakar dari reaksi kimia korosi oksigen maupun kontaminasi fluor, bahkan berisiko terjadi kerusakan yang dalam hingga ledakan pada mesin.

4. Belum Tentu Cocok untuk Segala Jenis Motor

Karena memiliki kompresi dan pengapian yang cukup padat, jenis suku cadang ini belum tentu cocok untuk segala jenis motor. Sebagai informasi, komponen suku cadang ini lebih mudah panas sehingga motor yang kompatibel adalah motor yang dilengkapi teknologi pendingin, seperti teknologi water cooler pada beberapa motor keluaran terbaru..

5. Tidak Cocok untuk Perjalanan Jauh

Walaupun lebih tahan lama, komponen ini kurang cocok untuk perjalanan jarak jauh secara nonstop. Terutama jika kilometer motor sudah dipakai dalam jangka waktu lama dan performa yang sudah tidak prima lagi. Jadi, pada dasarnya motor yang menggunakan komponen ini harus dalam keadaan prima.

Nah, itu dia penjelasan mengenai keunggulan dan kelemahan dari busi iridium yang perlu kamu pertimbangkan untuk motor kesayanganmu. Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa mengambil keputusan bijak sebelum memutuskan untuk menggunakan komponen berbahan iridium.

Posting Komentar

0 Komentar