Jarang Dilirik dan Tidak Populer, Ternyata Begini Manfaat Buah Murbei Bagi Kesehatan. Yuk Tanam….!

Tanaman Buah Murbei
Buah Murbei sudah masak dan siap dipetik untuk disantap. Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Buah murbei memang bukanlah salah satu dari sekian banyaknya buah-buahan populer di Indonesia. Namun siapa sangka buah yang jarang dilirik dan juga terbilang langka di pasar ini punya segudang manfaat bagi kesehatan. Yuk, simak…!

Asal-usul Tanaman Buah Murbei

Mungkin kalian akan bertanya-tanya apakah buah murbei adalah tanaman asli Indonesia atau bukan? 

Memang, pertanyaan seperti ini sangat mudah sekali terucap karena Buah Murbei dapat tumbuh subur di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Hingga artikel ini dimuat, belum ada literatur yang menyebutkan bahwa Buah Murbei merupakan salah satu tanaman atau tumbuhan yang asli berasal dari Indonesia.

Situs penyedia informasi seperti wikipedia atau sumber lain lebih banyak menerangkan bahwa tanaman buah murbei ini berasal dari cina. Sumber lain seperti rimbakita.com justru memberikan informasi lebih spesifik dimana tanaman buah murbei ini berasal.

Disebutkan bahwa tanaman buah murbei berasal dari Cina di wilayah utara. Tanaman buah murbei ini juga tumbuh di negara-negara sekitarnya. Namun terdapat informasi lain yang menegaskan bahwa tanaman buah murbei ini juga yang tumbuh di wilayah Afrika dan Amerika namun dengan variasi genus Morus yang berbeda juga.

Meskipun berasal dari berbagai belahan dunia dan tidak satupun literatur yang menyebutkan bahwa tanaman buah Murbei ini ada yang berasal asli dari Indonesia tentunya kita wajib bersyukur karena buah yang kaya manfaat untuk kesehatan manusia ini dapat tumbuh subur di pekarangan kita.

Ciri-ciri tanaman buah murbei yang kaya manfaat untuk kesehatan kita.

Daun Pohon Buah Murbei. Foto dokumentasi Sparklepush.com

Batang pohon buah murbei. Foto dokumentasi Sparklepush.com

Buah murbei sangat mudah kita kenali dengan penjelasan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Buah majemuk dengan ukuran antara 2-3 cm warna dari hijau-merah-ungu tua jika masak.
  • Memiliki daun tunggal dengan tepian seperti gergaji 
  • Batangnya keras
  • Cabangnya menjulang ke atas dan berwarna kecoklatan.
  • Punya bunga betina dan bunga jantan yang terpisah satu sama lain.
Nah, itula ciri-ciri tanaman buah murbei yang dapat kamu pelajari. 

Punya manfaat bagi kesehatan, Buah Murbei cocok dibudidayakan di pekarangan rumah, berikut ini cara mudah menanam atau membudidayakan murbei di pekarangan.

Tanaman buah murbei merupakan salah satu flora yang dapat beradaptasi dengan baik di berbagai lingkungan. Itulah sebabnya tanaman buah murbei tersebar di seluruh daratan asia, afrika dan amerika terutama pada zona tropis dan subtropis.

Nah, bagi kamu yang ingin menanam buah yang rasanya mirip-mirip seperti strawberry ini tidak perlu bingung untuk mencari bibitnya sebab sekarang apa sih yang nggak dijual secara online.

Namun bilamana kamu ada teman atau tetangga yang memiliki pohon buah murbei, kamu bisa memintanya untuk disetek untuk dijadikan bibit.

Memang, pembiakan murbei sangat mudah, bisa dibilang semudah menanam singkong. Tinggal distek dan dimasukkan ke media tanam serta secara rutin disiram dan diberi peneduh.

Pohon buah murbei dapat dikategorikan sebagai pohon yang cepat tumbuh asalkan ketersediaan air tercukupi selama proses tanam atau penyemaian.

Selain menggunakan metode stek, sebenarnya buah murbei dapat dibudidayakan atau proses pembibitanya dari bijinya namun prosesnya cukup sulit dan memerlukan keahlian khusus.

Manfaat buah murbei Bagi Kesehatan.

Sebagai buah yang kaya akan nutrisi, pantas jika buah murbei ini memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Nutrisi lengkapnya diantaranya adalah vitamin B yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan buah murbei yang baik untuk kesehatan lainnya adalah selenium, zinc, antioksidan polifenol, flavonoid, lutein, dan zeaxanthin.

Nah, dalam 100 gram buah murbei ini ternyata mengandung nutrisi sebagai berikut:

  1. 10 gram karbohidrat
  2. 1,5 gram protein
  3. 1,7–2 gram serat
  4. 8 gram gula
  5. 40 miligram kalsium
  6. 1,8–2 gram zat besi
  7. 200 miligram kalium
  8. 35–40 miligram vitamin C
  9. 0,8 miligram vitamin E
  10. 12 miligram kolin
Nutrisi-nutrisi di atas sangat bagus untuk kesehatan jika kita konsumsi secara rutin maka manfaatnya dapat dirasakan secara langsung dan berikut manfaat buah murbei untuk kesehatan kita.
  • Melancarkan pencernaan
  • Menurunkan berat badan
  • Kontrol gula darah
  • Menurunkan resiko kanker
  • Lancarkan sirkulasi darah
  • Jantung jadi lebih sehat
  • Memelihara kesehatan Mata
  • Meningkatkan kesehatan Otak
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Cegah Osteoporosis dan memperbaiki jaringan tulang
  • Cegah Flu dan Pilek
  • Anti aging yang efektif
  • Atasi bintik dan noda hitam pada wajah
  • Atasi masalah kulit kering dan sensitif
  • Mencerahkan dan melembutkan kulit
  • Meningkatkan Pertumbuhan rambut
  • Pencegahan uban

Meskipun buah murbei ini baik bagi kesehatan namun perlu diketahui bahwa buah ini juga memiliki Efek Samping bagi tubuh kita. 

1. Sebabkan iritasi pada kulit

Pohon murbei memiliki getah. Getah yang dihasilkan oleh buah murbei ini ternyata dapat mengakibatkan iritasi pada kulit. Jadi jika kamu mengkonsumsi baik secara langsung atau dijadikan makanan olahan, pastikan buahnya tidak ada getah sama sekali.

Jadi, pastikan mencuci buah murbei ini sebelum dikonsumsi agar tidak mengalami efek sampingnya.

2. Gatal dan sesak nafas

Buah ini ternyata dapat juga menimbulkan alergi seperti gatal dan sesak nafas. Jika kamu termasuk orang yang sensitif terhadap reaksi efek samping buah murbei ini maka sebaiknya hentikan mengkonsumsinya. 

Nah itulah manfaat buat murbei bagi kesehatan. Memang, buah ini belum begitu populer di masyarakat sehingga jarang sekali dilirik untuk dibudidayakan baik di pekarangan rumah atau selainnya. 

Posting Komentar

0 Komentar