Sepasang Burung Merpati Sedang Asyik-asyiknya Didis (membersihkan bulu)

 


Dua ekor merpati yang sedang sibuk membersihkan bulu mereka. 

Bertengger di atas genteng asbes.

Mereka nampak sangat menikmati kesibukan mereka sendiri hingga mengabaikan sorotan kamera ini saat akan mengambil gambar mereka yang tengah asyik membersihakan bulu-bulu mereka.

Sebenarnya merpati memiliki beragam corak dan warna yang keindahannya bisa memukau mata.

Tapi, tahukah kamu bahwa seseorang kadang bertanya "Apakah bedanya burung merpati dengan burung dara?"

Di daerah saya, burung seperti ini lebih dikenal dengan nama Burung Dara dan bukan burung merpati. 

Sebenarnya antara burung dara dan burung merpati tidak ada bedanya. Merpati adalah dara dan dara adalah merpati. Bahkan bisa dibilang, jawaban dari pertanyaan "apakah bedanya burung merpati dengan burung dara?" yaitu hanyalah sinonim saja.

Burung merpati termasuk burung yang punya keahlian dalam penerbangan. Meskipun gaya penerbangannya tidak seperti burung hantu yang memiliki modus senyap seperti siluman tapi burung merpati atau dara ini kerap diikut sertakan kedalam lomba kalangan.

Bagi kamu yang nggak hobi burung, mungkin akan menilai sesuatu yang dilakukan oleh penghobi burung merpati seperti buang-buang duit dan buang-buang waktu saja. Tentu pemikiran seperti itu akan berbanding terbalik dengan penghobi tulen yang bisa habiskan puluhan bahkan hingga ratusan juta untuk memiliki burung merpati atau burung dara idamannya.

Burung dara atau burung merpati termahal pernah bikin heboh di jagat maya di tahun 2021 kemarin. 

Dilansir dari kompas.com (20/11/2021), salah seorang warga dari Kabupaten Tegal telah membeli Merpati Rampok yang harganya hingga Rp. 2 milyar dari seorang penggemar dan peternak burung merpati asal Bekasi.

Burung merpati ini dibeli karena telah mengantongi segudang kejuaraan lomba dari tingkat lokal, regional bahkan hingga tingkat nasional. Tentu, bagi penggemar burung merpati kolong, segudang prestasi yang telah diraih burung merpati yang disebut dengan nama Rampok ini sangat menggiurkan bagi penggemar burung merpati.

Selain memiliki ruang untuk perlombaan, ternyata burung yang kerap disimbolkan dengan perlambangan cinta ini ternyata ada sisi baiknya juga buat kesehatan.

Dilansir dari sehatq.com (2/9/21), ternyata daging burung merpati memiliki kandungan gizi yang sangat bagus bagi kesehatan bila dikonsumsi dengan cara pengolahan yang tepat. Kandungan gizi yang ada pada burung merpati diantaranya adalah
    • 44 gram protein 
    • 0,34 gram asam lemak omega-3 
    • 70,28 mcg vitamin A
    • 18,1 mg vitamin C
    • 0,7 mg tiamin (vitamin B1)
    • 0,7 mg riboflavin (vitamin B2)
    • 1,3 mg vitamin B6
    • 17, 5 mcg folat
    • 1,2 mcg vitamin B12
    • 1,9 mg asam pantotenat (vitamin B5)

Posting Komentar

0 Komentar