Tagihan Listrik Jebol? Atasi dengan 7 Cara Menghemat Listrik Ini

Ilustrasi Menghemat Listrik. Photo by Anthony Indraus on Unsplash


Memiliki tagihan listrik yang jebol seringkali menjadi salah satu permasalahan yang paling sering dialami oleh ibu rumah tangga. Karena itu, diperlukan cara menghemat listrik yang tepat untuk memangkas biaya tagihan agar tidak meledak. 


Listrik kini seolah sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok. Saat ini, kita sudah sangat bergantung dan hampir tidak bisa lepas dari penggunaan listrik, mulai dari memasak nasi, lampu penerangan, hingga mengisi baterai ponsel semuanya membutuhkan daya listrik. Karena hal ini, wajar jika tagihan listrik membengkak. 

Lalu bagaimana cara menghemat listrik di rumah?


7 Cara Menghemat Listrik untuk Memangkas Biaya Tagihan yang Meledak

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memangkas biaya tagihan listrik. Salah satu caranya adalah dengan menghemat penggunaan listrik sehari-hari. Detailnya akan kami bahas dalam beberapa poin di bawah ini.

1. Matikan Perangkat Elektronik

Cara mengehemat listrik yang pertama adalah dengan mematikan perangkat elektronik yang tidak terpakai. Mematikan perangkat yang dimaksud di sini ialah mematikannya total dengan cara mencabut kabelnya. Cara ini cukup efektif untuk meredam angka tagihan listrik agar tidak meledak.

Photo by Markus Winkler on Unsplash

Beberapa orang seringkali membiarkan TV mereka terhubung dengan listrik padahal sedang tidak digunakan. Mereka hanya mematikannya menggunakan remot saja dan tidak mencabut kabelnya. Tanpa disadari, kebiasaan seperti ini ternyata dapat menguras daya listrik.

2. Buat Es Batu di Freezer Secukupnya

Perlu Anda ketahui bahwa makin banyak es yang beku di dalam freezer, maka lemari es akan bekerja makin berat. Artinya, daya listrik yang digunakan pun makin besar dan bisa membuat tagihan listrik Anda membengkak.

Karena itu, sebaiknya Anda membuat es batu secukupnya saja di rumah. Jika sudah habis, Anda bisa kembali membuatnya. Jadi, Anda tidak perlu membuat stok es batu dalam jumlah yang terlalu banyak. 

3. Gunakan Perangkat Hemat Energi

Saat ini beberapa produsen elektronik sudah banyak yang menghasilkan produk elektronik dengan teknologi penghemat energi. Produk ini diantaranya, seperti kulkas, AC, mesin cuci, rice cooker, dan produk elektronik lainnya. 

Beberapa perangkat tersebut ada yang sudah dilengkapi dengan fitur tertentu sehingga bisa meminimalkan penggunaan listrik, terlebih saat penggunaan normal. 

Biasanya, produk ini akan memiliki kode khusus sebagai pembeda dengan produk elektronik biasanya. Cara menghemat listrik ini akan cukup ampuh dalam memangkas tagihan agar tidak melambung tinggi.

4. Turunkan Suhu Kulkas

Banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa suhu lemari es bisa kita atur untuk menghemat daya listrik yang digunakan. Dalam upaya penghematan listrik, sebaiknya Anda menurunkan suhu kulkas saat di dalamnya sedang cukup lenggang.

Dengan sedikit sentuhan saja pada termostatnya, kulkas Anda bisa menjaga agar isinya tetap dingin tanpa membuat tagihan listrik Anda membengkak. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan untuk Anda. 

5. Pasang Kipas Angin

Ketimbang menggunakan AC, penggunaan kipas angin lebih disarankan untuk menghemat penggunaan listrik. Anda bisa menggunakan kipas angin saat udara benar-benar panas. Jangan khawatir, sebenarnya di negara tropis, panas ruangan masih bisa diatasi dengan penggunaan kipas angin. 

6. Gunakan Barang Elektronik dengan Lebih Efisien

Cara menghemat listrik berikutnya adalah dengan menggunakan barang elektronik lebih efisien. 

Misalnya, saat akan mencuci baju, sebaiknya Anda mengatur waktu tertentu untuk mencuci. Pasalnya, penggunaan mesin cuci terlalu sering dapat menguras daya listrik dan membuat tagihan bertambah.

Anda bisa mengatur waktu untuk mencuci setiap satu minggu sekali atau dua minggu sekali untuk menghindari penggunaan mesin cuci yang terlalu sering. Hal ini juga berlaku pada saat Anda menggunakan AC dan barang elektronik lainnya.

7. Matikan Lampu saat Siang Hari

Cara menghemat listrik terakhir yang bisa Anda lakukan ialah dengan mematikan lampu pada siang hari. 

Salah satu dari kita seringkali terlupa untuk mematikan lampu, padahal hari sudah terang. Kebiasaan ini ternyata cukup menguras energi listrik yang digunakan.

Karena itu, pastikan Anda selalu bangun pagi dan matikan lampu untuk menghemat energi. Selain hemat, penggunaan lampu di siang hari juga sebenarnya tidak diperlukan karena penerangan dari sinar matahari saja sudah cukup. 

Itu dia beberapa cara mengehemat listrik yang cukup sederhana dan bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Dengan membiasakan beberapa cara di atas, semoga angka tagihan listrik Anda bisa terpangkas menjadi lebih murah.

Posting Komentar

0 Komentar