Pengalaman Jalan-jalan ke Tempat Wisata Guci Tegal yang Mengasyikkan, Panas Dingin Ada Di Sini...!

Salah satu tempat wisata favorit dan populer di Tegal adalah Tempat Wisata Alam Guci dimana Tempat Wisata ini selalu menjadi tempat wisata yang ternama sepanjang masa. Dan Sparklepush akan menceritakan gimanasih Jalan-jalan ke Guci dan menikmati panas-dinginnya di sini. Yuk disimak.

Suasana Subuh di Tempat Taman Wisata Air Panas Guci, Tegal.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Oke, lets start it from beginning

Taman Wisata Air Panas Guci atau kita sebut saja dengan Tempat Wisata Guci ini ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. 

Berada di salah satu sisi kaki Gunung Slamet yang masuk wilayah administrasi Kabupaten Tegal.

Jika ditarik dari base Sparklepush via google map maka akan tampil informasi sebagai berikut.

Rute Tempat Wisata Taman Pemandian Air Panas Guci, Kabupaten Tegal.
Foto tangkap layar google map.

Informasi dari Google Map:
  1. Ada dua Jalur yaitu: 
    1. Via Ajibarang-Bumiayu-Margasari-Yomani.
    2. Via Purbalingga 
  2. Dua Jalur tersebut ternyata melingkari/memutari Gunung Slamet.
  3. Lebih cepet naik motor daripada naik mobil pribadi.
Jalur yang via Bobotsari, Purbalingga, belum pernah dilewati, jadi sparklepush.com hanya akan menceritakan kembali pengalaman Jalan-jalan ke Tempat Wisata Guci yang mengasyikkan ini.

Perjalanan menuju ke Taman Wisata Air Panas Guci nggak lepas dari Pengalaman jalan-jalan ke jalur Tegal - Purwokerto yang mana pembahasannya sudah pernah diposting pula hingga dua Part yaitu Part 1 dan Part 2.

Dan dari Part 1 hingga Part 2, maka yang paling nyambung dari Pengalaman Jalan-Jalan ke Tempat Wisata Guci Tegal yang mengasyikkan ini adalah pada bagian Part 1-nya.

Kok bisa gitu?

Oke simak penjelasannya.

Karena di Part 2 bukan jalur yang dilewati oleh sparklepush kala menuju Tempat Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci, Tegal.

Sparklepush memilih jalur Purwokerto - Ajibarang - Kranggan - Winduaji (melintasi jalur yang ada tempat wisata Tuk Sirah Pemali dan Waduk Penjalin-nya) - Bumiayu (Melintasi Desa Negaradaha) - Kutamendala - Prupuk - Klonengan - Pasar Margasari - Yomani.

Wow, banyak juga nama - nama daerah yang dilewati ya.

Memang begitulah jalan - jalan yang sparklepush.com tempuh untuk menikmati Panas-Dinginnya Taman Wisata Alam Guci ini.

Secara itung-itungan estimasi waktu tempuh dari Google Map vs real di lapangan ternyata melenceng ya. Tapi ya jangan diambil hatilah, sebab setidaknya Google Map sudah kasih kita arahan baik dari segi jalur, waktu tempuh hingga arah menuju tujuan yang hendak ditempuh, yang ambil keputusan ya tetep usernya.


Sparklepush sangat berterima kasih dah sama Googla Map.

Sesampainya di Guci, Sparklepush yang diajak Team Klendangan "Jilid Satu" pun berfoto untuk melengkapi dokumentasi.

Team Klendangan "Jilid Satu" Berkunjung ke Taman Wisata Air Panas Guci.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Selesai berfoto, sparklepush dan Team Klendangan pun bergegas menuju villa yang sudah dipesan jauh-jauh hari sebelumnya. 

Villa Nirwana, salah satu villa yang ada di Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci, Tegal.

Di sinilah, sparklepush dan Team Klendangan "Jilid Satu" melelehkan penat selama perjalanan.

Wisma Nirwana ini termasuk Wisma atau villa yang ada di sekitar Taman Wisata Pemandian Air Panas di Guci yang harganya tergolong cukup terjangkau. 

Villa atau wisma ini punya dua lantai. Sparklepush.com dan Team Klendangan "Jilid Satu" memilih lantai atas karena bisa melihat view pemandangan sekitar Tempat Wisata Guci dengan sudut pandang yang lebih luas. 

Contohnya adalah Pemandangan Tulisan "Taman Wisata Air Panas Guci" yang ditampilkan di awal posting ini.

Usai menyantap hidangan malam yang enak dan lezat walaupun hanya mie instant namun cukup untuk mengganjal perut bagi yang sedang kelaparan, Sparklepush dan Team Kleandangan "Jilid Satu" pun bergegas ke tampat pemandian air panas yang berada tak jauh dari lokasi penginapan.

Kolam Renang Pemandian Air Panas Guci, Tegal.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Di sinilah Team Klendangan merasakan panas-dinginnya suasana di Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci. Dimana pada sekitar jam dua dini hari, mereka berendam untuk melelehkan lelah mereka setelah menjalankan rutinitas 6 hari kerja.

Pengalaman jalan-jalan ke Tempat Wisata Guci berkunjung di malam hari membuat sparklepush geleng-geleng lantaran bisa di bilang tempat ini tetap saja ramai walaupun di malam hingga dini hari. 

Bahkan, pada saat Team Klendangan nyemplung di salah satu kolam pemandian air panas Guci ini pun masih terlihat beberapa pengunjung lain yang menikmati hangatnya air panas alami dari sumber mata air panas di Guci. 

Hari pun sudah mulai menjelang subuh. Sparklepush dan Team Klendangan menyudahi pengalaman jalan-jalan ke tempat wisata Guci Tegal di salah satu tempat pemandian air panas yang khas dengan patung kuda.

Berjalan, Balik ke wisma penginapan Nirwana.
Foto dokumentasi Sparklepush.com


Team kembali ke Wisma untuk rebahan sambil menunggu azan subuh berkumandang. Ada juga dari mereka yang memilih untuk nyruput kopi sambil menikmati sebatang rokok. 

Pokoknya, pengalaman jalan-jalan ke tempat wisata Guci Tegal yang sparklepush.com lakukan kali ini benar-benar mengasyikkan. 

Dinginnya terasa dan hangatnya pun terasa.


Dinginnya itu kerasa banget ketika berada di daerah tempat wisata Guci, Tegal di jam 1-an dini hari, dan "double"nya di kala subuh menjelang terbit fajar. 

Berasa kaya naik ke puncak Gunung Ungaran tapi pake mobil. By the way antara Gunung Ungaran dengan Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci cuma selisih 550 Mdpl, tapi dinginnya begitu terasa. 

Mungkin kalau sempat menginap di Perkebunan Teh Kaligua juga akan merasakan "frekuensi" yang sama. Tapi, kayaknya di sini (Agrowisata Kebun Teh Kaligua) tidak ada tempat pemandian air panasnya. Dan kalau nggak salah nih, di Brebes cuma ada 2 tempat pemandian air panas yang mungkin juga jika dikelola dengan lebih serius oleh pemerintah setempat 2 tempat pemandian air panas ini bisa mengimbangi popularitas Tempat wisata Pemandian Air Panas Guci, Tegal.

Azan Subuh telah berkumandang, hawa dingin pun masih menyelimuti area tempat wisata Guci, Tegal. Sambil menunggu fajar benar-benar menyingsing, Sparklepush.com sempatkan memotret beberapa jepretan di sekitar Wisma yang tak begitu jauh dari kolam pemandian air panas Guci.

Foto burung merpati atau burung dara yang ada di atas sebuah atap rumah.

Burung Merpati atau burung dara yang bertengger di atas atap rumah warga di sekitar wisma Nirwana, Guci Tegal.
Foto dokumentasi sparklepush.com

Suasana Taman Wisata Air Panas Guci sekitar Pukul 5.30.
Foto dokumentasi Sparklepush.com 

Foto Salah Satu Mushola Yang ada di sekitar tempat wisata pemandian air panas Guci, Tegal.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Foto tembok dan atap rumah warga yang berada di sekitar Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci, Tegal.
Foto dokumentasi Sparklepush.com


Posting Komentar

0 Komentar