Kenali Manfaat Daun Pepaya Biar Kamu Nggak Kudet

Daun Pepaya dan Manfaatnya. Foto dokumentasi sparklepush.com

Buah pepaya memang enak rasanya. Selain manis, ternyata bagian daunnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.  


Umumnya, kulit buah pepaya akan mengalami perubahan warna jika sudah mulai masak. Dari warna hijau tua menjadi warna kuning kemerah-merahan. 

Juga buahnya tidak lagi keras namun sudah agak lembek. Jika dibelah, didalamnya akan ada butiran-butiran hitam yang disebut dengan biji buah pepaya.

Tapi, kali ini sparklepush.com tidak membahas buahnya yang enak melainkan informasi mengenali manfaat daun pepaya yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan sehingga kamu nggak kudet lagi.

Daun pepaya memiliki ciri yang khas, melebar seperti kipas dengan ujung-ujung yang tidak beraturan. Dibalik bentuknya yang unik ini ternyata terdapat berbagai manfaat yang dapat digunakan sebagai obat dan atau sayuran juga lho. Nah, jadi update kan infonya?

Nah, apa aja sih manfaat dari daun pepaya ini? 

Yuk, simak pembahasan manfaat daun pepaya berikut ini.

Malaria, Panas, Kejang Perut merupakan 3 dari sekian masalah kesehatan yang dapat disembuhkan melalui daun pepaya ini. 

Cara meracikpun bisa dibilang sangat mudah yaitu hanya dengan mengambil daun pepaya muda secukupnya kemudian ditumbuk hingga halus dan diperas. Nah, air perasan inilah yang bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit malaria tadi, panas dan kejang perut.

Bahkan dalam buku Bercocok Tanam Pepaya karya Wahju Muljanto, 2010, menyebutkan bahwa Kloppenburg menjelaskan manfaat daun pepaya dengan manfaat yang lainnya yaitu dapat digunakan untuk menambah nafsu makan anak

Manfaat Daun Pepaya. Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Nah, bagi yang sudah punya anak atau punya adek, atau anaknya tetangga yang lagi susah makan, atasi saja dengan meminum air perasan daun muda pepaya. 

Kemudian seorang professor Wichmann, lanjut penjelasan manfaat air perasan daun pepaya muda oleh Wahju Muljanto, dapat digunakan pula untuk mengobati penyakit beri-beri

Professor yang pernah melakukan penelitian di Indonesia Timur ini juga memberitahukan hasil penelitiannya bahwa di Indonesia kegunaan daun pepaya sebagai obat-obatan sudah membudaya, namun janganlah terlalu banyak dalam memberikannya sebab bukan tak mungkin bahwa pemberian yang over dosisi ini justru membahayakan buat si peminum.

Alasan pemberian yang over dosis ini dikarenakan didalam daun muda pepaya ini banyak zat yang disebut Carpain. Carpain merupakan sejenis alkaloid yang terdapat dalam daun pepaya muda. Bahaya yang diakibatkan dari Carpain yaitu dapat mebuat urat-urat jantung menjadi kejang.

Nah, sekarang jadi tahu kan manfaat dari daun pepaya. Sudah update pengetahuannya kan?

Sumber: Bercocok Tanam Pepaya, Wahju Muljanto, 2010

Posting Komentar

0 Komentar