Jangan Disepelekan, Inilah Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Buah pepaya merupakan salah satu buah buahan yang bisa ditanam di daerah beriklim tropis, Indonesia misalnya. 

Namun tahukah kamu bahwa pepaya bukan asli tanaman buah-buahan dari Indonesia?

Ya, Menurut Wahju Muljana dalam bukunya yang berjudul Bercocok Tanam Pepaya, 2010, menuliskan bahwa menurut sejarah asal pohon pepaya ini adalah Meksiko bagian selatan. Sedangkan orang yang berjasa menyebarkan pepaya ke daerah tropis adalah orang-orang Spanyol

Wahju Muljana juga menambahkan bahwa di daerah tropis pertama kali ditanam di daeran Manila pada pertengahan abad ke-16. Pada abad ke-18 Pohon pepaya kemudian mulai di tanam di Indonesia. Sekian dulu dongeng sejarahnya. Lanjut ke Manfaat PEPAYA bagi kesehatan.

Selain buahnya yang manis, lembut, dan cukup berair ini ternyata dari akar, batang hingga daun memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan bagi kehidupan manusia. Penasaran kan apa saja manfaatnya, yuk, serius baca manfaat buah pepaya bagi kesehatan.

Manfaat dari akar pepaya sangat banyak sekali. Salah satu manfaatnya adalah dapat digunakan untuk mengobati penyakit Ginjal.
Foto: Flickr

Manfaat Akar Pepaya Bagi Kesehatan

Tanpa akar, mustahil buah yang memiliki bentuk lonjong dan menggantung diantara ketiak pangkal batang daun ini bisa hidup dan berbuah. Selain fungsinya untuk menyerap segala unsur hara yang ada di dalam tanah dan sebagai penunjang berdirinya pohon pepaya, ternyata akar pepaya ini dapat digunakan sebagai obat lho.

Apa saja penyakit yang dapat diobati dengan akar pepeaya?

Salah satunya adala penyakit ginjal dan juga kandungan kencing. Cara menggunakan akar pepaya untuk mengobati penyakit ginjal dan kandungan kencing ini bisa dibilang sangat mudah dilakukan. Cukup dengan merendam akar Pepaya ke dalam air dingin kemudian diminum air rendaman akar pepaya yang sudah larut tadi. Mudah sekali bukan? Orang yang pertama kali menemukan cara ini adalah Van der Burg.
Selain Van der Burg ternyata ada lagi nih ilmuwan yang meniliti manfaat akar pepaya. Beliau adalah Kloppenburg Versteeg

Hasil dari penelitian beliau sukses menyembuhkan penyakit cacing kremi hanya dengan merebus akar pepaya dan kemudian diminumkan ke penderita. Selain itu, akar pepaya juga dapat dijadikan obat luar untuk menyembuhkan sendi-sendi tulang yang sakit. 

Caranya sangat mudah. Dalam percobaan beliau (Kloppenburg Versteeg) akar pepaya direndam dalam arak dan kemudian dicampurkan dengan minyak kayu putih. Setelah direndam, air rendaman ini dapat digunakan sebagai obat luar untuk menyembuhkan sendi-sendi tulang yang sakit, mungkin lebih cocoknya bisa dibilang minyak pijat sendi kali yah?

Posting Komentar

0 Komentar