Keutamaan Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah: Menjemput Pahala Berlipat Ganda Jelang Idul Adha Tahun 2024 atau 1445 Hijriah

Puasa Sunnah Dzulhijah
Puasa Sunnah Dzulhijah 

Sebentar lagi, umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia akan menyambut hari raya idul adha tahun 2024 atau 1445 Hijriah.

Dimana, bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang penuh keberkahan dan ampunan serta menjaga kesempatan baik untuk meraih pahala yang berlimpah.

Salah satu ibadah yang harus dijalankan bagi umat islam di bulan Dzulhijjah ini adalah menjalankan puasa sunnah Dzulhijjah.


Lantas, apa keutamaannya? Yuk, mari kita simak pembahasan keutamaan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah: menjemput pahala berlipat ganda jelang idul adha tahun 2024 atau 1445 hijriah.

Keutamaan Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah

Dibalik keutamaan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah, sebagian umat muslim yang telah mendapatkan panggilan Allah SWT untuk kewajiban menjalankan rukun islam yang ke 5 yaitu menunaikan ibadah haji ke tanah suci, Baitullah, Mekkah.

Disamping itu, bagi umat islam terutama di Indonesia yang belum mendapatkan panggilan haji akan melaksanakan hari raya idul adha dan menyembelih hewan qurban baik sapi maupun kambing.

Puasa sunnah Dzulhijjah ini dilaksanakan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, sebelum Hari Raya Idul Adha.

Ada beberapa jenis puasa sunnah Dzulhijjah yang bisa dikerjakan bagi umat muslim, di antaranya:

  • Puasa Arafah: Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, bertepatan dengan tanggal 16 atau 17 Juni 2024/1445 Hijriah. Puasa ini memiliki keutamaan yang luar biasa, yaitu “diampuni dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang”. (HR. Muslim).
  • Puasa Tarwiyah: Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah, sehari sebelum Arafah. Puasa ini disunnahkan bagi orang yang tidak berniat haji dan tidak bisa berpuasa Arafah. (HR. Tirmidzi).
  • Puasa 9 Hari Pertama Dzulhijjah: Puasa 9 hari pertama Dzulhijjah, selain Arafah, juga dianjurkan. Pahala yang didapat berlipat ganda, seperti berpuasa selama satu tahun penuh. (HR. Ahmad dan Nasai).

Keutamaan Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah

Berikut ini, beberapa keutamaan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah bagi orang yang menjalankan, yaitu:

Menghapus dosa

Puasa Arafah diyakini mampu menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Hal ini menjadi keutamaan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah yang paling baik bagi umat muslim. Selain mengerjakan puasa sunnah Dzulhijjah, tentu harus diimbangi juga dengan mengerjakan amal ibadah lainnya agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Rasulullah SAW sebagai kekasih Allah SWT sebelum menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Oleh karena itu, kita sebagai umatnya tentu harus mengikuti Nabi Muhammad SAW mengamalkan ibadah kepada Allah SWT baik yang wajib maupun sunnah.

Meningkatkan pahala

Mengamalkan puasa sunnah Dzulhijjah akan dilipatgandakan pahalanya, seperti berpuasa selama satu tahun penuh.

Ini merupakan salah satu bagian dari keutamaan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah yang penuh dengan arti dan makna. Bahkan, Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, yaitu:

“Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Zulhijah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar.” (HR At-Tirmidzi).

Menyempurnakan ibadah haji

Menyempurnakan ibadah haji memiliki arti melaksanakan dengan sungguh-sungguh dan memenuhi syarat ketentuan yang telah ditetapkan.

Ini tidak hanya mencakup rukun haji yang wajib dilakukan, tetapi juga usaha untuk mengerjakan amalan sunnah dan menjaga keikhlasan hati selama menjalani ibadah sebagai keutamaan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah.

Dengan menyempurnakan haji, seorang muslim diharapkan memperoleh pahala yang besar dan menjadi haji mabrur.

Memperoleh ridha Allah

Di bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan shalih, salah satunya adalah puasa sunnah.

Keutamaan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah salah satunya adalah menjadi sarana untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

Melalui puasa sunnah Dzulhijjah, seorang muslim dapat meningkatkan ketakwaannya kepada Allah SWT, membersihkan diri dari dosa-dosa kecil, dan meraih pahala yang berlipat ganda.

Selain itu, puasa sunnah Dzulhijjah juga menjadi kesempatan untuk melatih kesabaran, disiplin, dan pengendalian diri.

Dengan niat yang ikhlas dan tulus, serta diiringi dengan amalan shalih lainnya, puasa sunnah Dzulhijjah dapat mengantarkan seorang muslim untuk meraih ridha Allah SWT.

Tips Melaksanakan Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah

Disamping dengan banyaknya keutamaan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menjalankan ibadah tersebut. 

Sebagai berikut, tips melaksanakan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah, yaitu:
  • Niat yang ikhlas: Niatkan puasa sunnah Dzulhijjah karena Allah SWT dan mengharap pahala dari-Nya.
  • Mempersiapkan diri: Pastikan kondisi fisik dan mental dalam keadaan prima untuk berpuasa.
  • Menjaga kesehatan: Perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka.
  • Meningkatkan ibadah: Perbanyak amalan ibadah lainnya, seperti sholat, membaca Al-Qur'an, dan berdzikir.
  • Mencari ilmu: Pelajari lebih dalam tentang keutamaan dan tata cara puasa sunnah Dzulhijjah.

Oleh karena itu, kita sebagai umat islam dengan momen bulan Dzulhijjah ini bisa dijadikan kesempatan untuk meningkatkan ketaqwaan dan meraih pahala berlimpah dengan melaksanakan puasa sunnah Dzulhijjah. Semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah kita dan mengampuni dosa-dosa kita.

Nah, itulah pembahasan keutamaan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah: menjemput pahala berlipat ganda jelang idul adha tahun 2024 atau 1445 hijriah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar