Pemandangan Alam Kecamatan Petungkriyono Yang Memanjakan Mata Para Wisatawan dan Traveler.

Foto 1: Pemandangan Alam Kecamatan Petungkriyono yang memanjakan mata para wisatawan dan Traveler
Foto 1. Ilustrasi Pemandangan Alam Kecamatan Petungkriyo yang memanjakan mata wisatawan dan traveler.

Kecamatan Petungkriyono menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Pekalongan yang punya pemandangan alam paling indah dan memanjakan mata para wisatan dan traveler.

Usai mampir di sebuah air terjun [Curug Sibedug] pinggiran jalan, traveling menuju tempat wisata air terjun Curug Bajing pun dilanjutkan. 

Oke gas, oke gas....!

Setelah perut lapar teratasi berkat mie instan di warung pinggir jalan dekat Air Terjun Curug Sibedug. Kira-kira usai adzan zuhur berkumandang, petualangan Team Klendangan mencari keberadaan Air Terjun Curug Bajing di Kecamatan Petungkriyono dimulai kembali.

Beberapa jalan-jalan menanjak masih harus dilewati bahkan sejak awal bertolak dari air terjun curug sibedug ini. 

Jalan menuju air terjun Curug Bajing di ruas ini [Curug Sibedug]  menikung tajam dan langsung menanjak. 

Terkadang beberapa kendaraan angkutan barang melakukan ancang-ancang dengan menginjak pedal gas lebih dalam di sekitar jembatan. 

Wah, kalau bukan orang yang berpengalaman melewati jalanan seperti ini [turunan dan tanjakan ekstrim serta jalan naik dan turun yang ekstrim] bisa jadi mobil yang dikendarai oleng ke jurang.

Tentu bukan itu yang diharapkan ya Klepusher. Karena semua orang pasti menginginkan keselamatan dalam berkendara agar sampai di tempat tujuan bisa riang dan senang.

Foto 2: Pemandangan Alam Kecamatan Petungkriyono yang memanjakan mata para wisatawan dan Traveler
Foto 2. Jalan Menanjak dan langsung menikung di sekitar Curug Sibedug.

Untungnya di tikungan ini sudah ada lampu penerangan jalan yang membantu menerangi jalan disaat suasana gelap baik gelap karena ada mendung tebal ataupun karena gelapmnya malam. Dan cermin cembung atau disebut juga dengan Convex Mirror sehingga cukup membantu pengguna jalan agar bisa melihat kendaraan lain dari arah yang berlawanan.

Setelah melewati tikungan nan nanjak ini, masih banyak lagi jalan berliku yang harus dilewati dan ada beberapa spot wisata lain yang masih sejalur dengan tempat wisata air terjun Curug Bajing.

Spot wisata yang masih sejalur dengan tempat wisata air terjun Curug Bajing adalah:
  • Black Canyon
  • Curug Bulu
  • Welo Asri
Dan mungkin, kedepannya bisa bertambah lagi lokasi wisata yang ada di Kecamatan Petungkriyono karena tempat ini begitu asri, adem, jauh dari hiruk-pikuk kota dan perindustrian. 

Kecamatan Petungkriyono memiliki luas wilayah sekita 5300 ha dengan bentangan alam berupa pegunungan yang didalamnya terdapat hutan, air terjun, sungai-sungai, situs budaya. Makanya, sayang kalau potensi sebesar ini jika tidak dikembangkan.

Foto 3: Pemandangan Alam Kecamatan Petungkriyono yang memanjakan mata para wisatawan dan Traveler
Foto 3. Pemandangan sawah yang dilintasi jalan di Kecamatan Petungkriyono Kab. Pekalongan. Jalan ini juga menjadi akses menuju Curug Bajing.

Sawah di sini kebanyakan dibentuk seperti anak tangga atau berundak-undak karena sawah-sawah ini berada di lereng gunung, bukan sebuah tanah datar atau dataran. 

Foto 4: Pemandangan Alam Kecamatan Petungkriyono yang memanjakan mata para wisatawan dan Traveler
Foto 4. Salah satu sisi pemandangan sawah berundak yang ada di Petungkriyono selama melintas di jalan menuju Curug Bajing.

Benar-benar perjalanan yang sangat memanjakan mata melihat pemandangan alam yang begitu indah. Bukit-bukit yang hijau, suasana yang tenang dan udara yang begitu segar. 

Pokoknya kalau sudah sampai di area sini rasanya tuh bikin slow aja naik kendaraannya. Nggak usah buru-buru pengen sampai di tujuan utama [Curug Bajing]

Foto 5: Pemandangan Alam Kecamatan Petungkriyono yang memanjakan mata para wisatawan dan Traveler
Foto 5. Perkampungan warga setempat yang berada di lereng bukit yang tidak terlalu terjal.

Terkadang, bagi mereka yang tidak bisa memandang keindahan alam yang memanjakan mata seperti di lokasi pemotretan ini setiap hari bakal bilang: "Beruntung banget mereka yang tinggal di sini karena bisa menikmati pemandangan alam yang memanjakan mata setiap hari"

Padahal [mungkin] bagi mereka yang sudah terbiasa tinggal di dianggap biasa-biasa saja. 

Hal seperti ini menunjukkan bahwa sesuatu yang menurut kita biasa-biasa saja, bisa saja menjadi luar biasa di mata orang lain.

Bahkan sangkin takjubnya Team Klendangan dengan pemandangan alam yang baru pertama kali ini disaksikan, perjalanan menuju Curug Bajing pun distop untuk menimati suasana sejenak. 

Dan seperti biasa. Foto eksis dan memotret aktivitas penduduk lokal.

Foto 6: Pemandangan Alam Kecamatan Petungkriyono yang memanjakan mata para wisatawan dan Traveler
Foto 6. Aktivitas seorang pria sedang beraktivitas di ladang.

Foto 7: Pemandangan Alam Kecamatan Petungkriyono yang memanjakan mata para wisatawan dan Traveler
Foto 7. Seorang warga yang sedang membawa alat pemotong (arit) melintas di pematang. 

Foto 8: Pemandangan Alam Kecamatan Petungkriyono yang memanjakan mata para wisatawan dan Traveler
Foto 8. Ladang, Bukit, Orang, Pohon Nangka dalam satu frame.



Foto 9: Pemandangan Alam Kecamatan Petungkriyono yang memanjakan mata para wisatawan dan Traveler
Foto 9. Pemandangan Alam Kecamatan Petungkriyono yang memanjakan mata para wisatawan dan Traveler

Nah, itulah pemandangan alam Kecamatan Petungkriyono yang memanjakan mata para wisatawan dan traveler termasuk Team Klendangan yang kala itu berkesempatan explore ke sini.

Gimana menurut Klepusher?

Diskusi di komentar ya...!

Posting Komentar

0 Komentar