Yang Suka Janda Bolong Merapat, Sparklepush.com Kasih Tips Biar Tetap Memikat

Foto 1. Tips Merawat Janda Bolong Agar Tetap Sehat dan Memikat.
Foto Unsplash.

Tampilan janda bolong memang sangat memikat. Biar tetap memikat perlu effort merawatnya supaya selalu enak dipandang. Klepusher ikuti tipsnya yuk.

Dari pada waktu senggang Klepusher dihabiskan buat ngalamun ataupun berkhayal mending lakukan hal positif salah satunya ngerawat Janda Bolong.

Janda Bolong punya nama latin Monstera adansonii. Tanaman hias yang punya daya memikat dengan daun yang sobek-sobek dan bolong-bolong ini sejatinya bukan tanaman hias asli Indonesia.

Tanaman hias Janda Bolong yang  punya daun dengan bentuk uning sehingga memikat semua mata yang memandangnya ini berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan dan beberapa nongol juga di wilayah Hindia Barat.

Di alam liar, Janda Bolong hidup diantara lembah-lembah sungai yang sejuk dan lembap jadi kalau klepusher pengen para Janda Bolong ini tetap sehat dan memikat perlu memberikan perlakuan yang memenuhi syarat untuk tumbuh kembangnya.

Nah makanya, pecinta Janda Bolong pemula ayo merapat, Sparklepush.com kasih tips biar Janda Bolongmu tetap indah, sehat dan memikat.

1. Pilih media tanam yang tepat, ingat, beda media beda pula perlakuannya ya Klepusher.

Foto 2. Media tanaman hias Janda Bolong. Air bisa, Tanah bisa. Foto Unsplash.

Janda Bolong dapat ditanam di 2 media tanam yang berbeda yaitu air dan tanah. 

Tanaman hias Janda Bolong yang ditanam di tanah lebih membutuhkan perhatian khusus yaitu kondisi tanah yang terjaga kelembapannya. 

Selain kelembapan media tanam untuk tanaman hias ini yang perlu diperhatikan, ada juga yang nggak boleh lolos dari perhatian Klepusher yaitu komposisi media tanam. 

Komposisi media tanam untuk tanaman hias Janda Bolong sebaiknya terdiri dari kompos, pupuk kandang, sekam bakar dan tanah liat dengan perbandingan 1:1.

Sedangkan media tanam untuk tanaman hias Janda Bolong dengan menggunakan media air jauh lebih sederhana dibandingkan menanam tanaman hias ini dengan menggunakan media tanah.

Klepusher hanya perlu mengganti media air secara rutin dan berkala ya. Hal ini untuk mencegah adanya jentik-jentik nyamuk.

Nggak asyik juga kan alih-alih dapet pemandangan yang indah mempesona dan memikat dari kecantikan tanaman hias Janda Bolong, eh, malah pelihara nyamuk.

2. Cukup dua kali saja nyiramnya biar tanaman hias Janda Bolong-nya nggak over dosis. Bisa busuk lho!

Nah, penyiraman pada tanaman hias Janda Bolong atau Monstera adansonii cukup dilakukan secara rutin 2 kali sehari saja. Jadi, pesona memikatnya tetap pada level maksimal yang bikin klepusher betah di rumah sambil nyawang (Jawa: melihat/memperhatikan).

Foto 3. Siramlah 2 kali sehari jangan lebih. Foto Unsplash.com


Pasalnya lebih dari itu atau kebanyakan air juga tidak baik bagi kesehatan tanaman hias Janda Bolong. 

Jika Klepusher terlalu bersemangat dan memberi Janda Bolong air yang over dosis bisa bikin akarnya membusuk.

Celakanya meskipun Tanaman Hias Janda Bolong bisa tumbuh hanya dengan media air tapi ketika ditanam di media tanah justru akar akan membusuk dan bisa jadi matu jika .

So jika kamu sayang sama tanaman hias Janda Bolong ini, kasih dia jatah yang cukup-cukup saja ya.

3. Posisikan Janda Bolong pada ruang yang cukup cahaya dan jangan terkena sinar matahari langsung.

Foto 4. Tanaman hias Janda Bolong memerlukan sush dan cahaya yang cukup. Foto Unsplash.com

Tanaman hias Janda Bolong rupanya nggak tahan kalau terpapar sama cahaya matahari langsung. Namun begitu bukan berarti tanaman hias Janda Bolong tidak membutuhkan sinar matahari secara absolut.

Tanaman hias Janda Bolong tetap memerlukan cahaya untuk berfotosintesis namun hanya pada jam tertentu saja yaitu antara pukul 07.00 - 10.00.

Selain pencahayaan yang cukup tanaman hias Janda Bolong juga memerlukan suhu udara yang cukup. 

Suhu ideal yang diperlukan oleh si Janda Bolong ini berkisar antara 23⁰C - 30⁰C pada siang hari. 

Sedangkan pada malam harinya rupanya si Janda Bolong ini nggak tahan kalau hidup dibawah tekanan suhu 15⁰C. 😁 namanya juga Janda.

Nah, dengan posisi dan suhu yang sesuai dengan kriteria tadi, itu berarti Klepusher telah melakukan pencegahan terhadap penyakit layu dan menguning pada si Janda Bolong yang selalu bikin mata terpikat.


4. Cantiknya Janda Bolong musti dijaga makanya tanaman hias ini harus rajin diberi pupuk.

Tanaman hias Janda Bolong jika ingin "tampil" memikat setiap saat maka harus dikasih pupuk secara rutin dan berkala sejak awal masa tanam hingga pasca masa tanam.

Foto 5. Tanaman hias Janda Bolong harus rajin di beri pupuk secara rutin biar daunnya selalu memikat. Foto Unsplash.com

Pupuk yang bisa digunakan untuk tanaman hias Janda Bolong dapat berupa pupuk khusus untuk pertumbuhan daun karena tanaman hias ini bukan tanaman hias bunga melainkan tanaman hias daun.

Dari segi bentuk, pupuk daun ada dua macam yaitu pupuk padat dan pupuk cair. 

Untuk pupuk padat, diaplikasikan langsung pada media tanam dan untuk pupuk cair bisa disemprotkan langsung ke daun tanaman hias.

Pemberian pupuk secara rutin dan berkala bukan hanya untuk menjaga tampilan daun tanaman hias Janda Bolong melainkan untuk ketahanan tanaman dari ancaman penyakit.

Klepusher tentu nggak pingin Janda Bolong-nya layu atau bahkan mati kan....!?

5. Repoting yang tepat bikin Janda Bolongmu selalu memikat.


Repotting adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan para pegiat hobi tanaman hias. 

Foto 6. Daun menguning salah satu ciri perlu repotting. Foto Unsplash.com

Mengutip pengertian Repotting dari VOI Repotting adalah mengganti pot tanaman hias maupun tabulampot ketika sudah dalam kondisi tertentu.

Kondisi tertentu yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  • Kelembapan tanah menurun
  • Akar tanaman terlalu penuh hingga keluar dari pot
  • Warna daun menguning

Nah, itulah tips untuk menjadikan si Janda Bolong tetap punya warna yang memikat. Aplikasikan tips merawat tanaman hias Janda Bolong ini agar ruangan dalam rumah Klepusher selalu bersih dan berkualitas.

Salam Lestari


Referensi:
https://www.hipwee.com/tips/cara-merawat-janda-bolong/
https://kumparan.com/seputar-hobi/5-cara-merawat-janda-bolong-agar-tidak-merambat-dan-rapi-223tFVwTnrb/full
https://voi.id/lifestyle/74020/kapan-harus-dilakukan-repotting-tanaman-hias-ketahui-cara-yang-paling-tepat

Posting Komentar

0 Komentar