Pengalaman Jalan-jalan ke Guci. Sebuah Taman Wisata Pemandian Air Panas Yang Mengasyikkan

Pengealaman Jalan-jalan ke Guci lagi nih, Sebuah taman wisata yang populer dengan pemandian air panasnya dan tentunya bakal jadi exciting experience jika kamu liburan ke sini. 

Simak yuk.

Ke Tempat wisata pemandian air panas Guci memang nggak afdol kalo nggak basah-basahan di pemandian air panasnya yang alami.

Selain itu, konon katanya, tempat pemandian air panas di Guci, Tegal ini sebenernya punya khasiat bagi kesehatan. 

Katanya sih begitu.

Walaupun cuma katanya, nyatanya banyak juga rombongan dari berbagai penjuru di Jawa yang berkunjung ke tempat ini untuk merasakan manfaat berendam di sini.

Bahkan, ada sebagian dari mereka yang nginep di salah satu Hotel, Loseman, ataupun wisma di sekitar tempat wisata ini.

Sepanjang pengamatan sparklepush.com, untuk urusan penginapan, Klepusher tidak perlu kebingungan di sini.

Suasana Pemandian Air Panas Guci, Tegal Sekitar Pukul 5 Subuh, April 2023.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Nginepnya Dimana?

Sebelum Sparklepush ulas pengalaman jalan-jalan di pemandian air panas Guci, Klepusher pasti bertanya-tanya "Nginep dimana? Kok Jam 5 Subuh sudah bisa ciblon di pemandian air panas Guci, Tegal?"

Ya, Klepusher perlu tahu juga kan?

Nah, Sparklepush.com Nginep di salah satu villa yang letaknya cukup dekat dengan lokasi pemandian air Panas yang terkenal ini. 

Jaraknya cuma sekitar kurang dari 500 meter dari lokasi villa penginapan yang pada malam itu Sparklepush singgahi dan secara budget juga cukup terjangkau.

Enaknya lagi, di villa ini juga terdapat air panas alami. Jadi bagi yang nggak pengen mandi rame-rame kaya foto di atas, bisa mandi di villa ini.

Nama Villa-nya adalah Villa Baron Hill yang deket dengan spot foto-foto kece yang bernama Baron Hill, atau menurut bijaknya Sparklepush, mending pake nama "Bukit Baron" biar tetep pake bahasanya negeri kita sendiri, nggak perlu pake bahasa asing.

 

Penginapan Villa Baron Hill (atau lebih indonesianya Bukit Baron).
Foto dokumentasi Sparklepush.com


Bukit Baron, atau tertulis "Baron Hill" akan kita bahas di bagian berikutnya saja ya.

Di villa Baron Hill inilah sparklepush melepas lelah setelah 3 jam perjalanan dari Base Purwokerto melewati Ajibarang - Bumiayu - Margasari - Yomani hingga akhirnya sekitar jam 2 dinihari sampai di penginapan Villa Baron Hill ini yang letaknya memang nggak begitu jauh dari lokasi pemandian air panas Guci yang fotonya ada di awal postingan ini.

Setelah selesai aktivitas di kamar mandi yang airnya hangat alaminya air panas di Guci, Tegal. Tiba-tiba lapar pun menyerang. 

Maklum, perjalanan dari Purwokerto menuju Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal ini bukan hanya memakan waktu saja, tapi makan tenaga juga. 

Selain itu hawa dingin yang menyelimuti Guci kala itu juga membuat kalori dalam tubuh cepet habis. Jadi berasa banget cepet laparnya. 

Untungnya di penginapan Villa Baron Hill yang lokasinya berada di dekat pemandian air panas Guci Tegal ini, sudah menyediakan perlengkapan dapur seperti Kompor, Piring, Gelas dll.

Jadi, bekal mie instan yang dibawa, nggak sia-sia.

Salah satu anggota Team yang menikmati seporsi mie instan yang dibuat di Villa Baron Hill.
Dimakan sendirian hingga ludes.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Setelah perut sudah terisi, ngopi sak puase, dan ngobrol ngalor-ngidul sak mentoke, nggak terasa, malam itu ketika sparklepush sampai pada Pukul 2 dini hari di tanggal 4 Juni lalu, tiba-tiba terdengar suara suarau terdekat dan ternyata sudah hampir subuh. 

Obrolan malam yang tak bertema oleh Team, diskors dulu untuk melaksanakan sholat subuh di Villa Baron Hill. 

Usai menyelesaikan sholat subuh. Team pun siap-siap untuk menikmati pemandian air panas yang sesungguhnya. 

Ya, ini bukan pemandian air panas yang konon disambangi oleh sparklepush.com dan Team Klendangan Jilid Satu pada tahun lalu. Dimana pengalaman jalan-jalannya waktu itupun sudah dibahas pada postingan sebelumnya disini.

Yang disambangi adalah pemandian air panas Guci yang terkenal dengan sebutan pancuran 13. 

Dinamai pancuran tiga belas ya karena ada 13 pancuran mata air panas yang siap memanjakan tubuh para penikmat mandi air panas alami.

Inilah Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci yang sesungguhnya.

Dan sebenarnya, Sparklepush juga heran kenapa jam segini sudah ada orang jualan, bahkan ketika sedang OTW menuju Villa Baron Hill, saat lewati jembatan ini, juga banyak berjejeran sepeda motor yang terparkir diantara badan jalan yang cukup lebar namun cukup sempit untuk lewat mobil. Sampe-sampe, juru parkir pun turun tangan memberi arahan supaya tidak tersenggol sepeda motor yang parkir.

Lantas, dimana sebenarnya Pemandian Air Panas Guci yang terkenal itu?

Suasana Jalan Menuju Pancuran 13 Di Pemandian Air Panas Guci Sekitar Pukul 5 Pagi.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Nah, beberapa meter dari tempat Mbaknya yang berdiri sambil bawa tas ini sebenarnya ada sebuah tangga kecil. 

Untuk menuju ke Pemandian Air Panas Guci, Tegal. Yang lebih tepatnya Pancuran 13 ini Klepusher harus menuruni tangga ini. 

Dan sebenarnya, dari jembatan ini pun (dimana si mbaknya ini berdiri), Klepusher bisa melihat secara langsung, sebuah air terjun dan lokasi pemandian air panas, Guci Tegal ini.

Biar lebih jelas, berikut ini Sparklepush.com kasih foto arahnya dari jembatan kecil tempat Mbaknya berdiri tadi.

Tangga menuju pemandian air panas Guci, Tegal. Pancuran 13.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Di deket kerumunan motor depan warung kelontong inilah ada sebuah tangga kecil yang dapat mengantarkan Klepusher menuju Pemandian Air Panas Guci, Pancuran 13 yang terkenal itu.

Setelah menuruni tangga kecil ini, Klepusher akan menyusuri jalan yang sudah dibeton ya. Jadi buang jauh-jauh overthinkingnya kalau tempat ini becek dan lainya. 

Nanti ada sebuah jembatan kecil lagi ya. 

Dan lokasi pemandian air panas Guci alias Pancuran 13 ini ada diseberang jembatan kecil itu.

Kalo sudah melewati jembatan kecil ini, ya siap-siap aja berendam di air panas yang konon katanya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. 

Foto jembatan kecil menuju tempat wisata pemandian air panas Guci, Tegal.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

 

Fasilitas seperti ruang ganti dan tempat bilas sudah disediakan kok. Jadi nggak perlu parno mau di mana ganti kostumnya.

Dan inget ya, di sini adalah tempat pemandian umum. Artinya, Mama, Papa, Kakak, Adik, Om, Tante, Kakek, Nenek, semuanya bisa berkumpul bersatu di sini. Jadi Klepusher harus bener-bener jaga diri, dan jaga sikap.

Belum lagi, orang-orang yang nyemplung di pemandian air panas Guci Tegal ini bisa datang dari mana aja, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan yang lainnya.

Contohnya, keluarga yang satu ini. Mereka datang dari jauh lho.

Foto salah satu pengunjung yang berasal dari luar kota menikmati Pemandian Air Panas Guci, Tegal.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Yang jelas, Pemandian Air Panas Guci, Tegal ini senantiasa ramai dikunjungi sebagaimana yang disaksikan oleh sparklepush.com kala itu.

Para penikmat mandi air panas alami, khususnya Pemandian Air Panas Guci, Tegal, datang dan pergi. Seolah-olah nggak ada waktu sepinya. 

Malam, ada pengunjung yang datang untuk berendam dan menikmati sensasi hangat dan segarnya mandi di malam hari.

Paginya, semakin banyak pengunjung yang datang untuk menikmati Pemandian Air Panas, Guci, Tegal. Bahkan, jumlahnya lebih banyak dari waktu malamnya.

Semakin siang pun justru para penikmat mandi air panas semakin banyak berdatangan sehingga tempat ini semakin dibanjiri oleh orang-orang yang ingin menikmati "sauna" murah meriah di pemandian air panas Guci, Tegal.

Apalagi di kala musim liburan tiba. Bisa saja jalan-jalan menuju tempat pemandian air panas Guci, Tegal macet.

Suasana Pemandian Air Panas Guci Sekitar Jam 5 Pagi.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Dan kemungkinan macet itu pun sangat bisa. Karena akses menuju Pemandian Air Panas Guci Tegal ini memiliki jalan yang tidak terlalu lebar seperti jalan-jalan di Pantura ya.

Meskipun demikian (ramainya), Tempat wisata pemandian air panas Guci tetap banyak yang antri untuk berendam air panas.

Dan begitu mereka menikmati pemandian air panas di Guci, Tegal ini pastinya mereka ingin berlama-lama berendam. 

Bener-bener vibe positif berkumpul dalam diri mereka. Terlihat mereka, para pengunjung dan Team terlihat lebih segar dan riang gembira setelah menikmati pemandian air panas Guci, Tegal. 

Wajah Para penikmat Pemandian Air Panas Guci, Tegal.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Selain dapat menikmati suasana pemandian air panas dengan nyemplung langsung ke tempat pemandian ini, Klepusher juga bisa leyeh-leyeh enak tenan di sepanjang pinggir sungai yang tanahnya sudah dikeraskan dengan disemen/dibeton. 

Lupa bawa tikar? Nggak usah bingung, karena di sini ada persewaan tikar untuk lesehan se keluarga ataupun team kalian sendiri.

Sambil menunggu yang lainnya mandi, klepusher bisa lesehan di pinggir sungai yang ada air terjunnya sambil menikmati segarnya hawa dingin, Uap yang mengepul, Kabut subuh, atau sekedar makan bekal cemilan yang klepusher bawa dari rumah.

Menikmati Suasana Pemandian Air Panas Guci Tegal sambil lesehan di pinggiran sungai tepat di sebelah pemandian.
Foto dokumentasi sparklepush.com

Nah, bagi klepusher yang datang ke pemandian air panas guci sambil membawa anak, mereka bisa juga bermain air di sepanjang sungai yang ada air mancurnya.

Sungai di sini airnya nggak terlalu deras kok, jadi aman buat anak-anak ciblon di kali ini, selain itu sungainya juga dangkal.

Meskipun demikan, sungai di dekat pemandian air panas ini banyak batu yang cukup besar ya, jadi para orang tua tetep wajib mengawasi anak-anaknya yang ciblon di sini. Jaga-jaga aja supaya tidak terpeleset dan nggak kenapa-napa

Spot Foto yang menarik juga ada di sini yaitu foto di atas punggung ular naga yang berwarna hijau. 

Ya, ada satu patung naga segede gaban yang siap jadi latar foto klepusher seperti yang dilakukan oleh Amir dan Imbar dalam kolase foto Menikmati Suasana Pemandian Air Panas Guci Tegal sambil lesehan di pinggiran sungai tepat di sebelah pemandian di atas.

Bergaya seperti orang sakti mandraguna yang sedang menunggangi naga hijau. Foto ini betul-betul iconic selama mendokumentasikan pengalaman jalan-jalan ke Guci. 

Tak terasa matahari semakin meninggi, Sparklepush dan Team Klendangan ternyata sudah menghabiskan se-jam lebih di pemandian air panas Guci Tegal. 

Tiba saatnya kembali ke Villa Baron Hill dan menghabiskan sisa waktu check in-nya sambil duduk-duduk di sebuah balkon sambil nyawang orang-orang yang berlalu-lalang di jalan depan Villa Baron Hill Guci Tekal.

Kolase foto-foto suasana team yang duduk-duduk di balkon.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Nah, itulah pengalaman Jalan-jalan ke Guci, tentu, tempat wisata pemandian air panas ini menjadi tempat yang mengasyikkan begi sparklepush, Team Klendangan dan juga para pengunjung yang datang kemari.
 


Salam Traveling....!

Posting Komentar

0 Komentar