Pengalaman Jalan-Jalan Ke Taman Andhang Pangrenan, Taman Rekreasinya Warga Purwokerto. [Lanjutan]

Karena dirasa terlalu panjang jika di posting hanya dalam satu postingan, maka sparklepush.com memutuskan untuk retelling tentang pengalaman jalan-jalan ke Taman Andhang Pangrenan, sebuah taman rekreasi milik warga Purwokerto veris lanjutan.

Sebelumnya, sparklepush.com sudah share pengalaman berkunjung ke taman Andhang Pangrenan di link berikut ini:

Papan Nama Andhang Pangrenan.
Foto dokumentasi sparklepush.com


Slanjutnya kita membahas tentang ada pohon apa saja sih di Andhang Pangrenan, Sebuah Taman rekreasi yang menurut penilaian dari "Kacamata" Sparklepush.com adalah sebuah taman yang lebih mengutamakan pada konsep back to nature sebab banyak pepohonan yang rindang.

Salah satu pohon yang paling rindang dan bikin adem di sini adalah adanya pohon trembesi yang sudah di-share pada postingan sebelumnya.

Selain Trembesi, Pepohonan di sini cukup banyak lho. Salah satunya adalah adanya pohon kelapa.

Yup, pohon kelapa di Taman Andhang Pangrenan ini memang tak selebat dan tak setinggi seperti pohon kelapa yang ada di desa Wanatirta. Sebuah desa di ujung selatan yang searah dengan jalur Agrowisata Kebun Teh Kaligua, Paguyangan Brebes.

Pohon Kelapa di Taman Andhang Pangrenan.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Di Taman Andhang Pangrenan ini buah kelapanya berwarna kuning. 

Nama lain dari Buah Kelapa yang berwarna kuning ini adalah Kelapa Gading ya. 

Sekedar info saja, Buah Kelapa gading ini dikenal juga sebagai buah yang berkhasiat untuk kesehatan yaitu mencegah tubuh dari ancaman penyakit menular berkat kandungan Vitamin C yang berlimpah.

Bahkan, baik air dan buahnya, Kelapa gading kuning ini kaya kandungan kalsium. Jika dikonsumsi secara ruitn maka bisa mencegah osteoporosis. 

Tapi, sparklepush.com tidak sedang membahas khasiat Buah Kelapa Gading Kuning ini ya.

Khasiat kelapa Gading Kuning, mungkin akan dibahas di postingan berikutnya.

Nah, selain ada pohon kelapa, ada pohon apa lagi sih di sini, di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan?


Klepusher sudah pernah lihat pohon bintaro? 

Itu lho, buah yang katanya bisa dipakai untuk mengusir siti (Si Tikus maksudnya ๐Ÿญ).

Ternyata di beberapa titik, Pohon ini exis juga di sini.

Berikut foto buahnya.

Foto Buah Bintaro di Taman Andhang Pangrenan.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Berikut Foto Pohonnya.

Foto Pohon Buah Bintaro di Taman Andhang Pangrenan.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Pertanyaannya.

Kenapa tumbuhan beracun yang punya nama latin Cerbera manghas ini di tanam di Taman Andhang Pangrenan.

Desclimer: Buah bintaro hasil dokumentasi pengalaman jalan-jalan di taman Andhang Pangrenan adalah hasil sebuah analisa, karena banyak kemiripan seperti bentuk daun, pohon, cabang dan buahnya sehingga sparklepush.com menyimpulkan bahwa buah pada foto tersebut adalah buah bintaro. Mohon koreksi dari Netizen bila memang sparklepush.com keliru dalam memberikan informasi. ๐Ÿ™

Ternyata oh ternyata, Buah bintaro, baik yang ada di Taman Andhang Pangrenan, di perkebunan, alam liar, pokonamah buah bintaro, gitu deh, memiliki fungsi yang luar biasa bagi lingkungan yaitu menyerap karbondioksida (CO2). 

Pantes aja tanaman ini ada di Taman Andhang Pangrenan.

Sebab, namanya kota, umumnya memiliki kadar karbondioksida dalam udara yang lebih tinggi dibanding di wilayah pedesaan.

Sebenarnya, Tanaman buah bintaro bukan satu-satunya yang menjadi tanaman pembersih udara. Sparklepush.com pernah membahas tanaman hias Philodendron yang ternyata juga merupakan salah satu tanaman pembersih udara yang terbaik juga.

Buah Bintaro juga salah satu buah yang memiliki manfaat sebagai bahan pembuat bioetanol.

Nah selain ada buah bintaro, Taman Andhang Pangrenan ini juga dihiasi berbagai tanaman hias.


Ya nggak lucu juga kalau ada taman tapi nggak ada tanaman hiasnya ๐Ÿ˜

Dan beberapa tanaman hias yang ada di Taman Andhang Pangrenan ini adalah Tanaman Hias Mangkokan.

Sudah kenal?

Sebagai hasil foto-foto pengalaman jalan-jalan ke taman Andhang Pangrenan ini, sparklepush dapet "oleh-oleh" foto dokumentasi Tanaman Hias Mangkokan.

Ya, terkesan biasa saja memang. Tapi, perlu dicatet ya!

Tanaman Hias Mangkokan ini merupakan salah satu tanaman hias yang recommended buat di tanam di halaman rumah mengingat fungsinya atau manfaatnya yang bisa dijadikan sebagai tanaman obat-obatan skala rumahan.

Tanaman Hias Mangkokan di Taman Andhang Pangrenan.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com


Yup. 

Tanaman hias ini menurut berbagai sumber, dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut hingga masalah pembengkakan payudara.

Luar biasa.

Dan hal luar biasa lainya yaitu, tumbuhan yang dikenal juga sebaga TOGA (Tanaman Obat Keluarga) ini turut menghiasi Taman Andhang Pangrenan.

Masih adalagi tanaman-tanaman hias yang ikut menghiasai Taman Andhang Pangrenan. 

Nah, sekarang giliran bertemu dengan tanaman hias asoka yang turut menghiasi di beberapa titik Taman Andhang Pangrenan.

Foto Tanaman Hias Asoka di Taman Andhang Pangrenan.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Tanaman hias yang ada di Taman Andhang Pangrenan ini menurut sparklepush sangat cocok disini bahkan cocok juga jika dijadikan sebagai tanaman hias di rumah Klepusher.


Namun sayangnya pada saat sparklepush.com berkunjung dimari, bunga Asoka ini hanya tinggal beberapa picis saja yang masih mekar dan beberapa lagi masih kuncup. Mungkin di titik-titik yang lain di area Taman Andhang Pangrenan ini ada bunga Asoka lain yang bunganya lebih banyak.

Apakah cuma bunga asoka saja yang ada di Taman Andhang Pangrenan ini?

Tentu saja nggak.

Masih ada kok, bunga atau tanaman hias lain yang berkontribusi memperindah dan mempercantik Taman Andhang Pangrenan ini.

Dan salah satunya lagi yang tak luput dari bidikan foto dokumentasi jalan-jalan di Taman Andhang Pangrenan ini adalah bunga Arachis Pintoi.

Arachis Pintoi punya nama lain yaitu Bunga Kacang-kacangan. 

Yup, emang bener. 

Tanaman hias yang satu ini memang punya daun yang mirip dengan tumbuhan kacang tanah, menurut analisis sparklepush.com 

Jika Klepusher pernah lihat tanaman kacang tanah, pasti bakalan se-frekuensi.

Tanaman Hias Kacang-Kacangan alias Arachis Pintoi di Taman Andhang Pangrenan
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Tanaman Hias ini sering dijadikan sebagai penutup tanah pada taman, tak terkecuali di Taman Andhang Pangrenan ini.

Nah, bagi kamu pecinta tanaman hias, dan pegiat berkebun, jangan ragu untuk ambil tanaman hias yang satu ini sebagai pilihan penghias halaman rumah. 

Nah Taman Andhang Pangrenan masih punya tanaman hias lain yang menghiasi yang bernama Mauritius hemp.


Mauritius hemp mirip sekali dengan Lidah Mertua:

Tanaman Mauritius Hemp ikut menghiasi Taman Andhang Pangrenan.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Tanaman hias ini memiliki ketahanan yang bagus di kondisi ekstrim lho.

Jadi misalkan Klepusher berniat beli bibitnya dan ditanam di pekarangan/halaman rumah, Mauritius Hemp atau sering juga disebut Nanas Hias ini nggak merepotkan banget dalam urusan perawatan.

Nah, itulah beberapa tanaman yang turut menghiasi Taman Andhang Pangrenan sehingga menjadikan taman kota ini memiliki aura yang asri, enak buat joging, atau buat aerobikan.

Eh, ngomongin soal Aerobikan, kebetulan ada rombongan ibu-ibu yang pas lagi asyik senam di sini lho. 

Jadi, selain berfungsi sebaga taman kota, di dalam taman ini terdapat 1 bangunan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Salah satunya senam pagi.

Banyak ibu-ibu yang ngumpul di sini untuk melakukan senam pagi ini di sini.

Senam Pagi Tema Lebaran di Taman Andhang Pangrenan.
Foto dokumentasi Sparklepush.com

Di depan Gedung Andhang Pangrenan ini terdapat halaman yang sangat luas dan di depannya lagi ada sebuah panggung yang selalu berdiri seolah dia siap untuk dijadikan tempat pertunjukan seni seperti pagelaran wayang, musik, Ebeg dan lainnya.

Tempat atau panggung ini cukup luas lho.

Ya, mungkin untuk ngundang All Crew Monata cukup kali ya. 

Beberapa event yang pernah digelar di sini antara lain:

Festival Musik Etnik Banyumasan
Konser Rakyat, Goyang Purwokerto
Piala Andhang Pangrenan (Kicaumania)

Panggung untuk keperluan Event di Taman Andhang Pangrenan.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Selain panggung yang disediakan untuk keperluan entertainment ataupun event-event lain. Di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan juga menyediakan track untuk jalan-jalan mengelilingi taman ataupun kegiatan jogging lho.


Ngomong-ngomong soal trek, di Brebes juga ada trek untuk jogging ataupun sekedar jalan-jalan di hutan mangrove yang pernah sparklepush.com ulas sebelumnya.

Selain ada trek, kursi-kursi taman pun di sediakan buat kalian yang pengin nongkrong bareng keluarga ataupun bareng teman-teman kalian di sini.

Pokonamah Taman Rekreasi Andhang Pangrenan ini asyik deh buat rekreasi atau untuk menghabiskan waktu liburan bersama.

Trek dan kursi-kursi taman di Taman Andhang Pangrenan.
Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Nah, itulah pengalaman jalan-jalan ke Taman Andhang Pangrenan, Sebuah Taman Rekreasi yang asri, indah dan menyenangkan bagi para pengunjungnya.

Kapan-kapan sparklepush.com ulas taman-taman lainnya.

Salam Traveling.

Posting Komentar

0 Komentar