Foto-foto Suasana Arus Mudik di Jalur Jalan Tegal Purwokerto.

Mudik adalah peristiwa mibilisasi manusia secara besar-besaran yang biasanya bertepatan dengan hari raya atau hari libur nasional. Sepertia apa suasana Arus Mudik yang sparklepush.com pantau di sepanjang jalan-jalan Tegal - Purwokerto?

Yuk Simak dokumentasi foto-fotonya!

Jalur Tegal-Purwokerto ini adalah jalur yang menghubungkan para rider dan traveler dari arah Jakarta menuju Bumiayu, Banyumas, Cilacap, Kebumen, Purworejo, Purbalingga, Banjarnegara dan berbagai kota serta kabupaten lain di Jawa Tengah bahkan hingga ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Banyak dari para pengguna jalan yang menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan pribadi dan transportasi umum lainnya yang menggunakan jalur ini. 

Dokumentasi sparklepush.com perihal mudih tahun ini yang bertepatan dari tanggal 19-21 April 2023 ini mendokumentasikan foto-foto suasana arus mudik di jalur Jalan Tegal - Purwokerto.

Ya, kebetulan juga jalur jalan-jalan Tegal - Purwokerto ini adalah jalan-jalan yang sering dilewati oleh sparklepush.com.

Awal dokumentasi yaitu di daerah Winduaji, salah satu desa dari Kabupaten Brebes yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyumas.

Foto - Foto Mudik Tegal - Purwokerto 2023
Suasana Jalan Jalur Tegal - Purwokerto yang melintasi desa Winduaji Kab. Brebes. Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Foto - Foto Mudik Tegal - Purwokerto 2023
Jalur Tegal - Purwokerto ini di pukul 05:13 terlihat masih padat lancar. Foto dokumentasi Sparklepush.com

Sparklepush.com berharap hingga waktu matahari terbit hingga berada di posisi yang tertinggi, tidak ada kemacetan yang dapat menghambat perjalanan para pemudik yang bergerak dari arah Jakarta ke Purwokerto. Sementara, nampak dari arah yang berlawanan terlihat sepi pengguna jalan. 

Walaupun suasana arus mudik dari arah Purwokerto - Tegal terlihat begitu sepi, alangkah baiknya tetap menjaga kecepatan aman serta tetap waspada dan berhati-hati dalam perjalanan.


Sampai pukul 07:39 di flyover Bumiayu, jalanan pun masih terilhat aman dari kemacetan dan terlihat tidak begitu banyak pengguna jalan dari arah Tegal menuju arah Purwokerto. 

Bahkan, pembatas jalan yang sudah digeser ke kanan untuk memperluas arus dari arah Jakarta pun terlihat tak terlalu padat. Bisa dibilang masih normal-normal saja lah yah.

Foto - Foto Mudik Tegal - Purwokerto 2023
Suasana Arus Mudik di Jalur Jalan Tegal - Purwolerto, Flyover Bumiayu. Foto Dokumentasi sparklepush.com


Jalan-jalan nampak begitu longgar meskipun pada saat sparklepush melakukan dokumentasi di jalan Flyover Bumiayu ini masih dalam masa arus mudik.
Tapi. suasana mudik yang santai dan nggak kesusu seketika burbah total di jalur berikutnya yaitu di jalan Tonjong. 

Suasana arus mudik di jalur Tonjong ini mulai terasa sekali padatnya. Bahkan kemacetan total terjadi. 

Kemacetan yang terjadi karena para pemudik yang mengambil atau menguasai jalur yang berlawanan. Tentu tindakan ini (contraflow) yang tanpa di pandu oleh petugas akan membuat arus lalu lintas kacau tak terkendali.

Foto - Foto Mudik Tegal - Purwokerto 2023
Suasana Kemacetan Akibat Pengguna mengambil jalur lawan sehingga mengakibatkan kemacetan. Foto dokumentasi Sparklepush.com

Tentu sikap seperti ini akan merugikan banyak orang ya klepusher. jadi alangkah baiknya tetap ikuti rambu-rambu lalu lintas agar tercipta suasana jalan yang tertib, aman dan nyaman untuk melakukan perjalanan baik pada saat moment mudik/balik atau momen yang lainnya.

Peristiwa yang seperti ini sudah bikin ekspektasi mudik yang lancar, aman dan terkendali menjadi hancur dan berubah menjadi suasana yang panas, gerah, emosi yang meninggi, bikin nggak sabaran dll melingkupi suasana perjalanan.

Apalagi jika kemacetan yang terjadi di jalan terjadi selama berjam-jam dan mengular sampe berkilo-kilo meter panjangnya seperti yang terjadi di jalan-jalan sepanjang arah Tegal - Purwokerto di ruas jalan Ciregol hingga Underpas Kutamendala. 

Foto - Foto Mudik Tegal - Purwokerto 2023
Foto Suasana Arus Mudik di Jalur Jalan Tegal - Purwokerto ruas Ciregol ke Underpas Kutamendala. Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Nah, tindakan yang seperti ini sangat mengganggu pengguna jalan lainnya. Sebab, pemudik sudah mengambil hak pengguna jalan lain yang berlawanan arah di depannya. Sungguh tindakan yang tidak terpuji ya Klepusher.

Nggak kerasa kan, kalo macetnya dari ruas jalan Ciregol sampai ke Underpass Kutamendala, wow....!!! dan berikut ini foto-fotonya.


Foto - Foto Mudik Tegal - Purwokerto 2023
Suasana dan kondisi kemacetan Arus Mudik di Jalur Jalan Tehal - Purwokerto pada ruas Underpass Kutamendala. Foto dokumentasi Sparklepush.com

Foto - Foto Mudik Tegal - Purwokerto 2023
Beginilah suasana arus mudik dari arah Tegal - Purwokerto yang terjadi di tanggal 21 April 2023 di Ruas jalan Underpass Kutamendala. Nampak para pemudik roda dua terjebak diantara kendaraan roda empat lainnya sedang di sisi kanan ada marka jalan yang tingginya hampir separuh ban kendaraan.

Tentu keadaan seperti ini bukan tanpa sebab ya. Ulah pemudik yang egois, tidak bertanggung jawab dan maunya menang sendiri tanpa mempedulikan pengguna jalan lain. Itulah penyebab dari kemacetan lalu-lintas yang ada.

Ada pemandangan moment yang unik di ruas jalan underpas kutamendala pada saat para pemotor terjebak oleh kemacetan. 

Mereka bahu-membahu mengangkat kendaraan yang terjebak macet oleh suasana padatnya mudik tahun ini dan melewati marka jalan yang tingginya hampir separuh lebih Ban Sepeda motor matic.

Foto - Foto Mudik Tegal - Purwokerto 2023
Bahu-membahu, pengendara roda dua berusaha saling membantu untuk keluar dari zona kemacetan di sepanjang ruas jalan underpas Kutamendala jalur Tegal - Purwokerto.

Foto - Foto Mudik Tegal - Purwokerto 2023
Foto ini adalah suasana dan kondisi terowongan di underpass Kutamendala. Enak sih bisa ngadem jika dibandingkan dengan para pemotor yang terjebak di depannya, tapi inget, pada hari itu juga gelombang panas udara begitu terasa. Jadi ya cuman mending-mending aja. Foto dokumentasi sparklepush.com

Sungguh sangat berbanding terbalik yah antara jalur jalan dari Tegal ke Purwokerto vs dari Purwokerto ke Tegal. Ya mending-mending juga sih, nggak terlalu rame, tapi, kok digasak arus jalannya oleh pengguna jalan yang lainnya. 

Foto - Foto Mudik Tegal - Purwokerto 2023
Suasana dan kondisi arus lalu-lintas dari arah Purwokerto - Tegal di ruas jalan terowongan Underpass Kutamendala. Foto dokumentasi sparklepush.com

Kemacetan di sepanjang Flyover Kutamendala masih berujung di ruas jalan masuk terowongan dari arah Tegal - Purwokerto seperti yang terpotret oleh sparklepush.com di bawah ini.

Foto - Foto Mudik Tegal - Purwokerto 2023
Foto suasana kendaraan menuju terowongan flyover Kutamendala dari arah Tegal - Purwokerto yang didominasi oleh para pemudik. Foto dokumentasi Sparklepush.com


Sayangnya, usai melewati Terowongan Flyover Kutamendala yang sempet dilanda kemacitan yang cukup panjang dan lama, masih ditambah lagi dengan ulah pengemudi kendaraan yang tidak bertanggung jawab dan kurang beretika. 

Lega rasanya melewati pemandangan jalan-jalan yang terdampak macet ternyata cuman sebentar karena beberapa ratus meter berikutnya, sebelum memasuki desa Margasari kemacetan terjadi lagi.

Duh, kasihan yang lainnya.

Kejadian bisa disimpulkan sama dengan foto-foto diurutan yang ke-4, penyebab kemacetan lalu-lintas jalan di jalur Tegal - Purwokerto di ruas jalan Margasari. Foto dokumentasi sparklepush.com

Dari foto-foto suasana Arus mudik di jalur jalan Tegal - Purwokerto ini, seyogyanya kita dapat memetik pelajarannya yaitu sebagai sesama pengguna fasilitas umum yaitu jalan raya sebaiknya saling menghormati dan menghargai hak sesama pengguna jalan. 

Semua orang, baik pemudik atau pengguna jalan lokalan, pastinya menginginkan laju lalu lintas yang lancar, aman dan kondusif sehingga tidak menghambat aktivitas yang berdampak pada efektifitas, efisiensi jarak dan waktu, biaya dan tenaga.

Selamat Idul Fitri April 2023.

Posting Komentar

0 Komentar