Sate Loso, Kuliner Khas Pemalang yang Jadi Buruan Para Pecinta Kuliner.

Sparklepush.com - Kuliner khas Pemalang ini ternyata jadi buruan para pecinta kuliner. Kuliner berbahan dasar daging kerbau yang lezat ini patut jadi destinasi kuliner kamu akhir pekan nanti.

Membakar Sate Loso di atas bara. Foto Tangkaplayar channel youtube ibam toys channel


Sebenarnya ada banyak lokasi sate laso di Pemalang, namun yang paling banyak "diburu" adalah sate Laso Pak No yang beralamat di Jl. Jend. A. Yani No.27, Kebondalem, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52312.

Lokasi Warung Sate Loso Pak No khas Pemalang ini terbilang sangat strategis karena berada di pinggir jalan. Nah, untuk lebih jelasnya, Klepusher bisa melihat lokasinya via google map di bawah ini:

Sate Laso Pak. No ini mulai buka sekitar jam 10-an siang. Jadi paling tepat dinikmati disaat waktu makan siang tiba. 

Warung sate Pak. No Khas Pemalang ini ternyata bukanlah yang pertama pencetus kuliner khas berbahan daging kerbau. Nama Sate Loso tak lepas dari legend kuliner bernama Pak Loso. Justru Pak. No ini adalah generasi yang ke-4.

"Sudah lama berjualan, kalau saya generasi keempat," demikian tutur Pak No yang sparklepush.com kutip dari KompasTV melalui kompas.com (24/8/22).

Dilansir dari sumber yang sama, sate laso khas Pemalang ini terbilang kuliner yang proses pengolahannya cukup unik. 

Umumnya sate kambing ataupun sate ayam diolah secara langsung yaitu daridaging mentah kemudian dicampur bumbu-bumbu resepnya dan langsung dibakar diatas bara tapi tidak demikian pada sate laso khas Pemalang.

Sato memiliki tahapan yang cukup panjang yaitu daging kerbau segar terlebih dulu dibubuhi bumbu kemudian dimasukkan ke dalam bambu. 

Setelah bumbu sudah benar-benar meresap kedalam daging sate loso baru kemudian diproses selanjutnya dengan di bakar setengah matang dan diberi bumbu lagi, baru kemudian dibakar lagi di atas bara hingga matangnya sempurna.

Pantas saja jika hasilnya, sate loso terasa lebih empuk serta memiliki cita rasa yang manis, pedas dan gurih.

Kuliner khas pemalang ini tergolong ramah di kantong, seporsi cuma Rp. 30,000-an saja.

Selain sate loso itu sendiri, ada juga pendampingnya yaitu sup toge dengan campuran urat daging dan tulang-tulangnya.

Tertarik mencoba?

Sumber:
https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/24/061400578/sate-loso-kuliner-khas-pemalang-berbahan-daging-kerbau-diburu-pencinta


Posting Komentar

0 Komentar