Kenalkan 3 Hobi Ini untuk Mendukung Kecerdasan Anak Sejak Dini

Sparklepush.com - Mengenalkan Hobi kepada anak ternyata bisa mendukung kecerdasan otak mereka sedari dini. Setidaknya ada 3 hobi yang dapat mendukung kecerdasan otak mereka di masa pertumbuhannya. Apa saja kah hobi tersebut? Mari simak!

Memiliki anak cerdas tentu jadi impian semua orang tua. Banyak sekali hal-hal yang dilakukan oleh orang tua demi mendukung kecerdasan mereka mulai dari menyekolahkan di sekolah favorit hingga melakukan les privat dan lain sebagainya.

Namun sebenarnya ada cara lain selain menyekolahkan anak di sekolah-sekolah favorit atau melakukan les privat dengan biaya yang relatif tidak begitu menguras finansial keluarga yaitu dengan memperkenalkan hobi ini sebagaimana sparklepush.com kutip dari kabarbanten.pikiran-rakyat.com.

1. Traveling

Hobi Traveling adalah salah satu hobi yang bisa kamu kenalkan kepada anak dan dapat mendukung kecerdasannya sejak dini. 

Meskipun umumnya hobi ini digandrungi oleh kalangan dewasa namun nggak ada salahnya ketika kamu sekeluarga membawa anak-anak ikut bepergian. Hal ini tentu bukannya tanpa alasan atau manfaatnya.

Dengan melakukan bepergian atau populer disebut dengan traveling ini memberikan banyak manfaat bagi kecerdasan anak diantaranya seperti yang sparklepush.com kutip dari halodoc.com (14/10/22) yaitu dapat Mengajarkan Anak untuk lebih menghargai perbedaan.

Anak-anak akan melihat dan merasakan berbagai perbedaan di destinasi traveling diantaranya makanan, cara berkomunikasi, bersosial yang akan merangsang otaknya untuk berkomunikasi, menyalurkan perasaan, dan menyimpan segala informasi apa yang anak lihat, dengar dan rasakan. 

Tentu ini akan sangat bagus untuk melatih kecerdasan otak anak.

2. Menulis

Hobi yang dapat mendukung kecerdasan anak berikutnya adalah menulis. 

Terlihat sepele memang tapi faktanya ketika menulis kecerdasan motorik anak akan terasah dengan baik seiring dengan peningkatan memori otak kearah yang lebih baik.

Selain itu, mengenalkan hobi menulis juga akan meningkatkan kreativitas anak karena anak akan menyampaikan pengetahuan di otaknya dengan cara yang berbeda. 

Kreativitas anak dalam hobi menulis juga bisa menjadikan anak dapat menyampaikan opini atau gagasan yang dia miliki.

Hobi menulis juga akan membuat pola pikir anak tertata dengan baik kerana setiap kali dia menyampaikan gagasanya itu harus menata dan mengolah kata supaya apa yang dia pahami bisa dipahami pula oleh orang lain yang membacanya.

3. Berkebun

Hobi berkebun juga merupakan salah satu hobi yang dapat mendukung kecerdasan anak.

Untuk berkebun, seseorang harus mempertimbangkan tempat, bibit unggul, dan memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman supaya tanaman tetap tumbuh dengan baik.

Dengan demikian anak akan terbiasa dengan kegiatan multitasking.

Selain melatih kemampuan multitasking yang dapat meningkatkan kecerdasan otak anak, berkebun juga akan membuat anak lebih sehat dan aktif.

Dalam kegiatan berkebun, akan menuntut aktivitas fisik seperti menggali tanah, memindahkan tanaman dari pot polybag ke liang, menyirami tanaman setiap hari.

Seiring dengan aktivitas fisik dalam hobi berkebun akan meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir anak.

Nah, itulah 3 hobi sederhana yang dapat membantu dan mendukung kecerdasan otak anak sejak dini.

Dengan mengenalkan salah satu atau semua hobi dalam 3 hobi yang dapat mendukung kecerdasan anak ini bisa jadi harapan memiliki anak yang cerdas terwujud.

Posting Komentar

0 Komentar