Baunya Nggak Lazim Tapi Sekali Makan Bikin Nagih, Favoritmu yang Mana?

Terkadang kenyataan tidak sesuai dengan ekspektasi. Termasuk soal kuliner. Ada loh, Kuliner yang terkenal karena baunya yg tak lazim tapi kalo sudah sekali coba malah bikin nagih.

Nah berikut Sparklepush rangkum dalam Makanan yang baunya nggak lazim tapi sekali makan bikin nagih, catet favoritmu yang mana?

1. Terasi

Bahkan yang satu ini dikenal baunya yang -maaf- mirip-mirip kaus kaki seminggu nggak dicuci. 

Ilustrasi Terasi Udang. Foto upload.wikimedia.org

Meskipun memiliki aroma yang menyengat tapi sebenarnya bahkan utama dari terasi adalah udang.

Nah, yang Hobi sambal, pasti auto ngerti kalo terasi ini cocok banget buat sambal dengan lalapan terung, kol, timun dll.

2. Petis

Ciri khas petis adalah punya visual hitam dan lembek-lembek gimana gitu...! dan lagi, kalau dicium bikin gak doyan nyicip. 

Petis. images.tokopedia.net

Tapi kalu sudah ketemu sama tahu, dijamin nambah dan nambah lagi deh. 

Petis terbuat dari rebusan udang dan ikan yang dimasak secara terus menerus dan diberi gula serta rempah-rempah lain hingga membentuk seperti saus kental bahkan lebih kental dari kecap.

3. Ikan Asin

Sebenarnya penggaraman pada ikan asin bertujuan untuk mengawetkan supaya bahan makanan ini tidak mengalami pembusukan. 

Tumis Ikan Asin Pedas. Foto img-global.cpcdn.com

Eh, lama-lama ada juga kulineran yang pake bahan beraroma nggak sedap ini.

Tapi jangan salah ya, sekalinya dicampur sama tumis dan sambal, jadi lupa deh sama mantan ikan asin.

dijamin lahap.

4. Daun Kentut

Aduh, dari namanya aja sudah kebayang gimana baunya. 

Ilustrasi Daun Kentut atau Sembukan. Foto cdn-cas.orami.co.id

Tapi, meskipun baunya nggak lazim jika sudah diolah menjadi botok atau sembrot bikin lidah ketagihan.

Daun Kentut atau sembukan biasa diolah menjadi pepesan.

5. Rebung

Rebung adalah tunas muda dari bambu. 

Ilustrasi Rebung. Foto youngki son dari Pixabay

Dibalik "kemasannya" yang diselimuti slumpring (kulit luar yang dipenuhi bulu yang bikin gatal) ternyata menyimpan aroma yang nggak lazim juga lho.

Tapi entah nenek moyang kita dapet inspirasi dari mana yang jelas, jika rebung dipadukan menjadi isi lumpia, rasa manis gurihnya bikin kamu auto ketagihan.

6. Durian

Dikenal sebagai King of Fruit. Si raja buah ini ternyata ciri khasnya tumbuhan wilayah asia tenggara dan Indonesia adalah salah satu penghasil buah yang baunya nggak lazim tapi sekali makan bikin nagih.

Ilustrasi Durian. Foto unsplash.com/@mufidpwt

Di wilayah Jawa Tengah, banyak sekali petani yang membudidayakan pohon si raja buah ini. Beberapa di antaranya ada di daerah Semarang, Pekalongan, Banyumas, Bumiayu dan masih banyak lagi daerah-daerah penghasil buah yang punya aroma menyengat tapi bikin nagih.

7. Jengkol

Jengkol sering jadi menu andalan warteg. Rasanya yang gurih, empuk, pulen dan sayangnya bikin kencing kamu jadi aduhai nggak lazim.

Ilustrasi Semur Jengkol. Foto unsplash.com/@anisawa

Senyawa Asam Jengkolat inilah yang menjadi biang kenapa pipis-nya Klepusher jadi bau-bau gimana gitu. Tapi tenang aja, ada kok tips ngilangin bau nggak sedap setelah konsumsi semur jengkol.

Banyak yang menyarankan agar setelah makan jengkol sebaiknya perbanyak minum air putih. Air putih ini nantinya akan menetralisir bau pada urine. 

8. Petai

Siijo yang gurih ini pun nggak jauh beda sama Jengkol ya. Bisa bikin pipis dan mulut kita jadi baunya nggal lazim meskipun makanan ini bikin nagih kalau sudah diolah jadi Pete/petai balado, Sambal Bajak Pete, Terong Petai Saus Padang dll. 

Ilustrasi Petai. Foto unsplash.com/@deviyahya

Di jawa tengah, ada 5 daerah yang dikenal menghasilkan petai terenak yaitu Banyumas, Batang, Kebumen, Wonogiri dan Boyolali. Ayo, yang habis touring ke 5 daerah ini jangan lupa beli buat oleh-oleh yah 😆.

Nah itula daftar makanan yang baunya nggak lazim tapi sekali makan bikin auto nagih, diantara mereka mana nih jadi favoritnya Klepusher.


Sumber Inspirasi:
https://www.idntimes.com/food/diet/siti-anisah-2/makanan-indonesia-beraroma-tak-sedap-c1c2?page=all

Posting Komentar

0 Komentar