Wajah Berminyak Kok Disyukuri? Ini Kelebihannya yang Perlu Kamu Tahu.

Sparklepush.com - Wajah Berminyak biasanya banyak dikeluhkan oleh kaum hawa. Namun adakalanya Klepusher perlu bersyukur meski punya kulit wajah yang berminyak apalagi jika kamu tahu kelebihannya jika kamu baca rangkuman ini sampai selesai. Psst...! Bisa atasi penuaan dini juga dan bikin awet muda lho!

Ilustrasi Wajah Berminyak. Foto unsplash.com/@amiwnrk

Bukan tanpa alasan, punya kulit berminyak! Ilmiahnya, seperti yang sparklepush kutip dari hellosehat.com (2/2/22) yaitu pada kondisi kulit yang berminyak berasal dari terlalu banyaknya Sebum yang ada pada kelenjar Sebasea pada kulit wajah. Sebum ini merupakan minyak alami yang dihasilkan oleh tubuh, khususnya di bagian wajah yang berfungsi melapisi kulit dan rambut. 

Bukannya tanpa manfaat bagi kesehatan kulit wajah. Sebum merupakan semacama "agen" yang membantu merawat kulit wajah agar tetap lembap meskipun efeknya menjadikan kulit wajah kamu terlihat lebih mengkilap dan berkilau.

Nah itu baru satu manfaat atau kelebihan dari wajah berminyak yang patut kalian syukuri. Tapi, itu baru satu lho.

Masih ada manfaat lain dari kondisi kulit berminyak yang kami rangkum dalam kelebihan wajah berminyak yang perlu kamu tahu dan kamu syukuri.

1. Tidak Cepat Kerutan

Seiring bertambahnya usia, Klepusher pasti akan mengalami penurunan tingkat elastisitas kulit di segala penjuru.

Memang, semua orang selalu ingin tampil awet muda.

Kamu sadar atau tidak, kerutan di wajah adalah kerutan yang paling mudah diidentifikasikan kamu sudah pernah muda, alias sekarang sudah makin tua. Lazimnya ditandai uban dan kerutan diwajah.

Tapi untungnya dan patut disyukuri pula bagi pemilik wajah berminyak bisa sedikit tersenyum lebar karena kulit wajah berminyakmu.

Ini lho...

Mengutip dari hasil studi Journal of Investigative Dermatology yang dilansir dari orami.co.id (23/7/21) disimpulkan bahwa kondisi wajah berminyak mampu mencegah kerutan diwajah. Namun, dari penilitan yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun, studi ini masih juga belum mendapatkan penyebab pastinya. Intinya, seiring bertambahnya usia, pemilik wajah berminyak cenderung sedikit mengalami kerutan di wajah dibanding yang tidak berminyak.

Kabar baiknya justru datang dari hasil penelitian lain yang dipublikasikan dalam Clinical Anatomy. Diungkapkan bahwa disekujur tubuh, kulit akan tetap mengalami kerutan seiring bertambahnya usia, namun pemilik wajah berminyak akan mengalami sedikit kerutan halus yang ada di bagian dahi.

Alasannya, pemilik wajah berminyak memiliki kelenjar sebaceous dalam jumlah yang lebih banyak dan berkaitan dengan dermis yang lebih tebal hasilnya, kondisi ini dapat mencegah kerutan-kerutan halus pada wajah.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, meskipun dari dua hasil penelitan menunjukkan bahwa wajah berminyak memiliki kelebihan dalam tanda-tanda penuaan dini, kulit akan tetap mengalami perubahan elastisitas dan lainnya seiring bertambahnya usia.

2. Jarang alami peradangan.

Senada dengan hasil penelitian Clinical Anatomy yang menemukan jumlah kelenjar sebaceus lebih banyak, ternyata ada manfaat lain yang didapat bagi kalian yang memiliki wajah berminyak selain terhindarnya gejala penuaan dini serta menjadi "formula alami" wajah awet muda.

Kelenjar Sebaceus merupakan kelenjar alami yang membuat kulit jarang meradang. Namun tetap disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang berbusa lembut serta pH seimbang. Tidak hanya itu, pemilik wajah berminyak juga disarankan untuk menggunakan toner ber-salicylic acid, supaya kotoran-kotoran yang mendalam di pori-pori dapat terangkat dengan baik. Hal ini sesuai dengan yang dungkapkan oleh seorang ahli kulit asal New York, Dr. Jeannette Graf.

“Gunakan pembersih wajah berbusa lembut dengan pH seimbang, serta toner yang mengandung salicylic acid, yang dapat mengangkat kotoran secara mendalam tanpa harus mengelupas kulit,” ungkap Dr. Jeannette Graf, yang dikutip dari orami.co.id

Jadi, kamu mestinya lebih bersyukur jika kulit wajah yang kamu miliki termasuk dalam kulit wajah yang berminyak.

3. Terlihat Lebih Glowing

Wajah glowing dicirikan sebagai wajah yang tak ada jerawat, tak ada komedo, bahkan tak ada flek hitam sehingga terlihat cerah, serta lembapnya terjaga.

Nah, kulit wajah berminyakmu yang patut disyukuri adalah kondisi glowingnya ini dapet banget.

Kulit wajah berminyakmu sebenarnya telah membantu membuatnya lebih "glowing" secara alami. Perhatian utamamu hanyalah kontrol diri untuk mencegah munculnya minyak di wajah agar tidak berlebihan. 

Hal simple yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan kertas minyak. Yup, kertas minyak. 

4. Terhidrasi dengan baik.

Ini yang paling jarang diketahui oleh pemilik wajah berminyak yaitu pada kondisi wajah berminyak akan membuat kulit tetap terdehidrasi dengan baik karena tubuh memerlukan cairan untuk menstabilkan panas.

Pada kondisi alam yang serba panas seperti di padang sabana atau disaat kamu sedang dibawah terik matahari, Kelenjar sebasea berperan penting dalam menjaga suhu tubuh dan resiko dehidrasi seperti yang diungkapkan dalam jurnal Royal Society of Medicine  yang membahas tentang Mengapa kita memiliki kelenjar apokrin dan sebasea?

Meskipun dengan adanya manfaat kulit berminyak ini bisa bikin nggak overthinking, kamu tetep disarankan menjaga kulit berminyak kamu agar tetap sehat dan awet muda dengan cuci muka dan atau memakai pelembab. Jaga-jaga supaya tidak ada kotoran yang nyumbat di pori-pori kulit penyebab jerawatan dan komedoan.

Nah, itulah kelebihan kulit wajah berminyak yang perlu kamu tahu dan perlu kamu syukuri juga.


Sumber Inspirasi:
https://www.orami.co.id/magazine/kulit-berminyak
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/kulit-berminyak/

Posting Komentar

0 Komentar