Waspada…! Gejala Awal Kanker Payudara nggak Cuma Benjolan, Ini 8 Cirinya.

8 Gejala Awal Kanker Payudara
Ilustrasi 8 Gejala Awal Kanker Payudara. Photo by Angiola Harry on Unsplash


Waspada dengan gejala kanker payudara yang gejala awalnya bisa dari rentetan 8 ciri-ciri kanker ini. Seperti benjolan, perubahan tekstur kulit, keluar cairan, sering terasa nyeri adalah gejala-gejala awal yang sering dirasakan namun tidak disadari.


Ada baiknya jika kamu bertindak sesegera mungkin untuk berkonsultasi ke dokter jika menemukan adanya benjolan atau perubahan tekstur kulit yang ada di payudara kamu supaya dapat teridentifikasi secara dini dan dapat tertangani dengan baik serta benar.

Nah, untuk mengetahui gejala awal kanker payudara ini kamu bisa terus baca 8 ciri-ciri kanker payudara pada tahap awal berikut ini.

Ada yang berubah di tekstur kulit

Dikutip dari laman kompas.com, Medical News Today membeberkan informasi bahwa penyakit ini dapat menyebabkan perubahan pada tekstur kulit payudaramu dan sekitarnya. Tekstur kulitnya bisa bermacam-macam. Ada yang bersisik, gatal, dan hingga permukaannya sangat kering di sekitar areola. Penyebab perubahan ini adalah karena adanya peradangan pada sel-sel kulit payudara.


Meskipun ada gejala bersisik, gatal dan kering, gejala ini tak mutlak menjadi ciri-ciri gejala awalnya. Bisa jadi perubahan kulit ini karena dermatitis ataupun eksim. Jadi, lebih baiknya periksalah ke dokter untuk memastikannya.

Tiba-tiba puting keluar cairan

Normal jika puting kamu mengeluarkan cairan disaat kamu sedang masa menyusui namun jika kamu tidak dalam masa ini tapi putingnya masih tetap ngeluarin cairan, kamu musti waspada.

Namun, kamu mesti tenang dan waspada walaupun gejala-gejala ini kamu alami.

Adanya puting mengeluarkan cairan baik berwarna bening, keruh, putih seperti ASI bahkan ada juga yang sampai berwarna kuning, hijau hingga kemerahan tidak selamanya dapat disimpulkan bahwa Klepusher mengalami gejala awal kanker payudara.


Gejala yang seperti ini bisa saja karena ada efek samping dari obat-obatan yang kamu konsumsi seperti pil KB atau obat-obatan tertentu bahkan ini adalah salah satu kesamaan ciri penyakit thyroid.

Ada Cekungan seperti lesung pipit

Lesung pipit di pipi kamu emang bikin kamu jadi tambah manis tapi kalau lesung pipitnya ada di payudara, kamu mesti waspada juga.

Baca Juga:Langkah Awal Pengobatan Kanker Payudara

Lesung pipit di payudara merupakan salah satu ciri awal kanker payudara yang agresif kendati masih terbilang tanda awal.

Kenapa lesung pipit ada di payudara kamu?

Karena gejala tahap awal kanker payudara ini salah satunya adalah terjadi benjolan yang disebabkan oleh peradangan kulit.

Nah, peradangan kulit memang ada yang seperti ini. Fenomena lesung pipit pada payudara ini dikenal juga dengan nama "peau d'orange". Katanya sih lesung pipit ini menyerupai permukaan kulit jeruk.

Nggak diapa-apain kok nyeri.

Rasa nyeri pada payudara bisa juga karena kamu sedang dalam masa PMS. Ya biasa lah, alaminya seorang cewek.

Namun meskipun nggak diapa-apain ada rasa nyeri yang bikin payudara kamu nggak nyaman bisa jadi ini gejala awal kanker payudara.


Rasa nyeri ini disebabkan karena adanya perubahan sel-sel pada payudara yang menimbulkan rasa nyeri. Bahkan ada juga rasa sakit saat ditekan.

Fenomena Puting tenggelam

Perlu Klepusher ketahui bahwa tampilan puting sering terjadi selama ovulasi atau bagian dari siklus menstruasi, salah satunya adalah fenomena puting tenggelam.

Namun patut diwaspadai jika perubahan ini tetap terjadi meskipun masa ovulasi sudah lewat.

Gejala awal Kanker payudara yang menyebabkan perubahan sel dapat berdampak pada sel-sel di belakang puting. Perubahan sel-sel ini bisa membalikkan bentuk dan penampakan puting yang semula menonjol keluar menjadi menonjol ke dalam.

Segeralah berkonsultasi ke dokter supaya cepat tertangani.

Memar dan ruam

Perubahan awal yang patut diwaspadai tentang gejala kanker payudara pada tahap awal berikutnya adalah adanya memar dan kemerahan pada kulit payudara.

Kulit memar dan memarah bahkan sampai terlihat membiru biasanya karena adanya trauma fisik terhadap kulit seperti terkarena benturan.

Namun jika kamu tidak mengalami trauma fisik pada bagian payudara, sparklepush sarankan untuk segera berkunjung ke dokter dan berkonsultasi atas apa yang kamu alami.

Beda ukuran

Bentuk payudara memang ada yang simetris ada pula yang asimetris antara satu dengan yang lainya.

Namun jika ada perubahan bentuk dan ukuran yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak biasa, kamu dapat berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan analisa yang lebih baik.

Ukuran yang berubah dan tidak seperti biasanya, terjadi juga pada gejala kanker payudara tahap awal. Bahkan, pada kulit sekitar payudara bisa juga terasa lebih kencang.


Hal ini tak lain karean adanya perubahan sel pada kulit dan jaringan payudara yang sedang terinfeksi sel kanker.

Perubahan kelenjar getah bening

Tenang, Perubahan kelenjar getah bening tak selamanya mengarah pada gejala awal kanker payudara kok.

Namun untuk memastikannya kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter untuk memperoleh jawaban yang tepat.

Kelenjar getah bening sebenarnya ibarat tentara yang melindungi tubuh kita dari virus, bakteri dan juga sel kanker.

Sel kanker yang lolos dari kelenjar getah bening ini bisa saja menjalar ke kelenjar getah bening pada area ketiak disisi yang sama dengan payudara. Akibatnya di area tersebut mengalami pembengkakan.

Nah itulah 8 gejala awal kanker payudara yang perlu kamu waspadai. Jika perubahan-perubahan di atas tidak terkait dengan siklus ovulasi, cidera fisik, atau kamu punya riwayat lain selain kanker payudara dan kamu mengalaminya. Maka ada baiknya Klepusher berkunjung ke dokter dan memastikan payudaramu tetap dalam keadaan baik-baik saja.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar