Bener nggak yah? Ini adalah daftar Hobi yang bisa bikin kamu jadi cerdas, kamu ada?

Menggeluti Hobi memang sangat asyik ya. 

Apalagi kalau Hobi yang kita tekuni bisa menjadikan kamu makin cerdas Dan berwawasan luas. 

Bisa tambah disayang deh sama gebetan.

Dan ortu juga bangga donk.

Nah kalau memang ada Hobi yang bisa bikin kamu jadi tambah cerdas, kira-kira Hobi apa saja yah?

yuk simak

Dilansir Dari popbela (29/05/22)

1. Membaca

Pepatah mengatakan "Buku adalah jendela ilmu" Semakin banyak membaca buku maka semakin banyak pula pengetahuan yang kita miliki.

Photo by Matias North on Unsplash


Coba, kalau kita nggak pernah buka buku di waktu kita sekolah dulu? Ya, yang ada cuma bisa ngandelin doi atau soulmate kamu.

Membaca adalah hobi yang sangat bagus untuk menambah pengetahuan, ilmu, dan wawasan. Inilah mengapa orang yang hobi baca banyak diantara mereka menjadi orang yang cerdas.

2. Menulis

Ternyata salah satu Hobi yang bisa bikin kamu jadi cerdas berikutnya adalah Menulis.

Photo by Aaron Burden on Unsplash

Salah satu keunggulan dari hobi menulis yaitu dapat melatih kecerdasan emosional kamu. 

Selain melatih kecerdasan emotional kamu, hobi yang bisa bikin kamu jadi cerdas ini dapat melatih kepercayaan diri, imaginasi, dan kepercayaan diri.

Cobalah sesekali merangkai kata-kata dari 300 kata hingga 400 kata dengan topik tertentu untuk terus mengasah kemampuan menulis mu. Siapa tahu, masa depan cemerlangmu bisa bermula dari hobi menulis.

3. Berolah-raga

Selain dapat meningkatkan kebugaran, berolahraga juga termasuk Hobi yang bisa bikin kamu jadi cerdas.

Photo by Oksana Taran on Unsplash

 Nah, salah satunya adalah senam yoga. Olah raga yang satu ini sifatnya menenangkan lho. Sehingga kamu bisa lebih mudah berkonsentrasi dan fokus.

Tapi jika kamu lebih suka yang lebih nge-beat, senam zumba plus musik juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif kamu.

Apasih kemampuan Kognitif itu?

dikutip dari alodoc, kemampuan kognitif merupakan bentuk perkembangan yang mengacu pada kemampuan untuk memperoleh makna pengetahuan dari pengalaman dan informasi. Kemampuan kognitif sangat dibutuhkan seseorang untuk bisa memelajari berbagai hal.

4. Bermain Musik

Banyak orang yang suka mendengarkan musik. Para Lansia, dewasa, remasja hampir semua level usia bahkan miskin atau kaya banyak yang suka mendengarkan musik.

Photo by Larisa Birta on Unsplash

Musik memang ajib, bisa mengubah mood seseorang ya...! Tapi ternyata ajibnya musik bukan hanya bisa mengubah mood gitu. 

Mendengarkan atau memainkan alat musik ternyata membantu menyeimbangkan kedua otak kiri dan kanan kamu, sehingga dapat merangsang sisi analisis dan kreatifmu.

5. Belajar bahasa asing

Hayo siapa yang suka nonton anime sampai dibela-belain belajar bahasa jepang, inggris, perancis dan bahasa-bahasa lainnya?

Photo by Giovanni Gagliardi on Unsplash

Oke, belajar bahasa asing tentu banyak manfaatnya ya. Utamanya supaya bisa ngobrol sama bule. Apalagi jika kamu punya cita-cita jadi Tour Guide, kamu musti bisa bahasa asing nih, seenggak-enggaknya ya bahasa Inggris, Perancis, Jepang, Arab, Mandarin dll.

Selain menyenangkan dan bisa bikin kamu punya teman di berbagai belahan dunia dengan ragam bahasa ternyata mempelajari bahasa asing dapat meningkatkan kemampuan analisa pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Cerdas 'kan...!

6. Nonton Film

Mosok hobi nonton film termasuk hobi yang bisa bikin kita jadi cerdas...?

Eitssss, tergantung film yang kita tonton donk yah. Film-film dokumenter misalnya, adalah salah satu film yang bisa membuat kamu melihat dunia dari sisi yang berbeda. 

Film yang bagus ya tentunya film yang berkualitas lah. bukan film asal-asalan. 

Photo by Jeremy Yap on Unsplash

Selain film dokumenter ada baiknya juga sih kamu suka nonton film-film yang merangsang kamu untuk beranalisis, seperti film detektif misalnua.

7. Memasak

Yang punya hobi memasak mungkin kamu baru sadar yah kalo kamu itu termasuk orang yang cerdas. Chiyeee....!!!!

Photo by Edgar Castrejon on Unsplash

Gimna nggak cerdas coba...!? Dengan memasak, ternyata dapat meningkatkan beberapa keahlian yang tersembunyi dalam dirimu lho, yaitu multitasking, kreativitas, manajemen dan perencanaan, dan desain. 

Selain itu hobi memasak itu bikin kamu jadi orang yang lebih menghargai sesuatu yang disebut dengan proses.

8. Traveling

Hobi yang satu ini kayaknya kok gue banget yah...! 

Mungkin itu ya yang kamu rasa setelah bisa baca hingga ke daftar nomor 8 ini.

Photo by Y K on Unsplash

Bosan dengan rutinitas ya paling enak memang jalan-jalan sih. Nggak salah kok, kita meluangkan waktu sejenak dan menjauh dari rutinitas dengan jalan-jalan.

Selain bisa beli suvenir baru, ternyata jalan-jalan juga kamu bisa sambil mempelajari bahasa, budaya, gaya hidup orang lain di tempat wisata yang kamu tuju. Tentu ini dapat mengasah kemampuan observasi dan pemahaman pekerjaanmu.

Dan satu lagi yang kamu mesti tau. ternyata setelah travelling tubuh dan pikiran kamu akan mendorong kamu untuk menghasilkan ide-ide baru. 

9. Bermain game

Main game ternyata salah satu hobi yang bisa bikin kamu jadi cerdas loh.

Photo by Praveen Thirumurugan on Unsplash

Game seperti catur, mengisi soal teka teki silang itu salah satu game yang bener-bener ngasah otak. Bisa dibilang, game ini termasuk olah raga otak juga. 

Dengan bermain, akan mendorong otak kita untuk berfikir strategis dan managemen. 

Nah, ternyata Hobi-hobi diatas bisa bikin kamu jadi tambah cerdas yah, dan yang pasti kamu adalah salah satunya. Iyaaa, kamu...! ­čśŐ

Posting Komentar

0 Komentar