Magentanya buah naga dan fakta-faktanya yang menarik

Magentanya buah naga. Hasil jepretan Xiaomi Redmi 9

Buah naga ini sekarang kian banyak digemari. Baik hanya untuk ditanam di pekarangan rumah, untuk menghiasi taman atau bahkan ada juga yang menanamnya untuk usaha atau bisnis.

Buah naga memiliki kulit yang berwarna merah keunguan yang sangat menarik, unik dan ternyata menyimpan banyak fakta yang menarik untuk disimak.

1. Nama yang unik

Sebenarnya buah naga ini termasuk dalam tumbuhan kaktus lho tepatnya dari genus Hylocereus dan Selenicereus. Karena memiliki kulit buah yang unik bak sisik ular naga, akhirnya nama "Buah Naga" menjadi nama yang sering disebutkan untuk menandai bahwa buah yang satu ini memang berbeda dengan buah yang lainnya.

Menurut Sejarah, Orang-orang eropa membawanya Guyana ke Vietnam dan China sebagai tanaman hias. Karena dianggap bisa mendatangkan berkah, maka si buah naga ini sering nongol jadi sesji di altar dan selalu diletakkan diantara dua naga hijau. Karena sering diletakkan di altar antara dua naga hijau inilah yang bikin orang vietnam dan cina menyebutnya juga sebagai Thang Loy yang artinya Buah Naga. Dan nama buah naga ini kebawa ke eropa dengan sebutan Dragon Fruit.


2. Bukan Buah Asli Indonesia

Buah naga faktanya bukan buah/tumbuhan/tanaman asli Indonesia. 

Jadi, ini buah pendatang ya Klepusher. Jaman dulu kala di tahun 1870-an Buah ini dibawa oleh para petualang asal Prancis yang membawanya dari Guyana ke wilayah Asia, tepatnya di Vietnam dan China. Niatnya sih cuma dijadiin sebagai hiasan.

Namun siapa sangka, buah yang awalnya dulu dijadikan sebagai tanaman hias ini, sekarang bisa kita konsumsi sebagai jus dan lainnya.

3. Warna Merah yang Membingungkan.

Faktanya banyak yang bilang bahwa buah naga ini memiliki warna merah. Namun jika diamati lebih dekat warna merah yang ada pada Kulit buah naga ini justru lebih ke warna Magenta.


Warna Magenta.

4. Alternatif pewarna Sintetis

Dikutip dari Jurnal Bahan Alam Terbarukan, Prima Astuti Handayani dan Asri Rahmawati menyebutkan bahwa Kulit buah naga merupakan limbah hasil pertanian yang mengandung zat warna alami antosianin cukup tinggi. Antosianin merupakan zat warna yang berperan memberikan warna merah yang berpotensi menjadi pewarna alami untuk pangan dan dapat dijadikan alternatif pengganti pewarna sintetis yang lebih aman bagi kesehatan.

5. Baik bagi kesehatan tubuh

Di abad ke 18, buah naga memang hanya dijadikan tanaman hias karena di era tersebut minim sekali penilitan tentang manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, ternyata ada juga lho penelitian yang menunjukkan bahwa buah naga baik bagi kesehatan.

Apa saja manfaat buah naga bagi kesehatan?

Dikutip dari unair.ac.id (29/11/2021) menyebutkan bahwa Buah naga merah mengandung mineral dan nutrisi seperti vitamin B2, vitamin B3, Vitamin B1, Vitamin C, lemak, karbohidrat, protein, betacyanin, polifenol, zat besi, fitoalbumin, karoten, cobalamin, glukosa, dan fenolik. Buah naga merah memiliki efek positif dalam membantu proses pencernaan, antidiabetes, menurunkan tekanan darah, antifungi, antiinflamasi, menetralkan racun dalam tubuh terutama racun dari logam berat, membantu mengobati asma serta batuk dan mencegah berbagai jenis kanker

Nah, itulah fakta-fakta menarik dibalik Magentanya Buah Naga. Jadi, jangan ragu-ragu menanam buah ini di pekarangan rumah.

Posting Komentar

0 Komentar