Rileksnya Mandi Di Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater
Pemandian Air Panas Ciater

Rileksnya Mandi Di Pemandian Air Panas Ciater - Masih seputar liburan yang ada di Provinsi Jawa Barat. Begitu banyak potensi alam yang sudah dikembangkan oleh pemerintahan di Provinsi ini. mulai dari air terjun, hutan alam, serta satu lagi yakni pemandian air panas Ciater.

Pemandian air panas kini juga menjadi salah satu tempat wisata yang sangat menarik. Karena kebanyakan orang akan mencari tempat yang nyaman dan bisa membantunya mengusir kepenatan. Sehingga muncullah minat yang tinggi untuk mengajak keluarga berwisata ke tempat pemandian air panas.

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas Ciater terletak di perbatasan Kota Bandung, Kabupaten Subang, dan Kota Lembang. Tepatnya berada di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Untuk menuju ke destinasi tempat wisata ini, jika kita berangkat dari Jakarta, maka akan melewati jalur puncak terlebih dahulu. Ada dua rute sebenarnya, yang satunya adalah melewati jalan tol Cikampek.

Sebenarnya asal mula munculnya pemandian air panas Ciater ini adalah inisiatif seseorang yang bernama Mbah Embos. Dia adalah seorang kakek-kakek sakti yang ingin membuka hutan di kawasan Ciater. Kemudian di tengah proses pembukaan hutan, muncullah sumber air panas.

Sumber air panas itu terus membesar dan membesar. Airnya tidak pernah habis. Untuk itulah seiring dengan berjalannya waktu, pemerintah Ciater menjadikan tempat ini sebagai destinasi tempat wisata yang dibuka untuk umum di Jawa Barat.

Sensasi kenyamanan dan kesejukan akan menghampiri kita ketika berada di tempat ini. hutan belantara yang masih hijau membawa angin segar yang membuat kenyamanan. Jika berlibur dengan anak-anak, kita bisa mengenalkan keindahan alam yang masih sangat asri dari tempat ini.

Sumber air panas yang muncul di pemandian air panas Ciater ini berasal dari gunung Tangkuban Perahu yang memiliki suhu sekitar 43⁰C sampai dengan 46⁰C. Adapaun kisaran kandungan-kandungan mineral yang ada di air panas ini diantaranya adalah thermo, chloride, kalsium, magnesium, mineral, sulfat, dan hyperthermia. Dengan kandungan-kandungan mineral yang ada di air panas ini akan membantu pengunjung yang mandi untuk menghilangkan pegal-pegal akibat kelelahan. Bahkan air panas ini juga bisa mengobati penyakit-penyakit lainnya, seperti stroke, ataupun darah tinggi. Ini dikarenakan prinsip air panas adalah untuk melancarkan peredaran darah.

Adapun perbedaan suhu yang ada pada air panas ini ketika sudah dialirkan ke kolam pemandian yang akan dipakai untuk mandi. Suhunya yakni sekitar 37⁰C sampai dengan 42⁰C.

Berwisata Di Pemandian Air Panas Ciater

Untuk bisa masuk ke lokasi pemandian air panas Ciater ini, kita akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000,- untuk satu orang. Kemudian kita akan dikenakan tiket pemandian air panas dengan harga Rp 20.000,- sampai Rp 80.000,-. Perbedaan tiket untuk pemandian ini dikarenakan ada beberapa kolam pemandian di tempat ini. jadi harga tiket pemandian akan berdasarkan di kolam mana kita akan mandi air hangat.

Antara tiket masuk dan tiket mandi air hangat dibedakan, karena memang fasilitas yang ada di lokasi pemandian air panas Ciater ini memang sangat banyak. beberapa diantaranya adalah outbond, tempat berkemah, kolam pemancingan, serat beberapa fasilitas untuk olahraga (tenis, mini golf, basket, berkuda, voli, gokart, dan lain-lain). Bahkan disediakan juga banyak tempat istirahat dan tempat berkuliner. Bagi yang berasal dari luar kota dan ingin menginap, disediakan hotel-hotel dan penginapan. Sedangkan bagai yang telah lelah jalan-jalan bisa mengisi perut di beberapa restoran atau tempat-tempat makan yang ada di sekitar tempat pemandian ini.

Berwisata di Pemandian Air Panas Ciater ini dijamin akan membuat kita senang dan semua penat yang ada di pikiran akan hilang. Karena suasana santai dan gembiralah yang kita rasakan di sini.


Posting Komentar

0 Komentar