Asyiknya Relaksasi di Pemandian Air Panas di Indonesia

Asyiknya Relaksasi di Pemandian Air Panas di Indonesia

Metadeskripsi : Berendam di pemandian air panas dari sumber alami memberikan sensasi yang berbeda dan sangat bermanfaat untuk tubuh.

Sedang pegal-pegal begini enaknya berendam air hangat ya, Klepusher. Beruntung  kita tinggal di Indonesia yang memiliki banyak tempat pemandian air panas dari sumber alami, dilingkupi pemandangan indah pula. Jadi bisa relaksasi sambil berlibur dengan keluarga. Memanjakan badan, mata, dan hati.

Pemandian Air Panas dengan Pemandangan Terbaik di Indonesia

Tak terhitung jumlah pemandian air panas dari sumber alami yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Semua memiliki keunikan dan keindahan masing-masing, yang sayang untuk dilewatkan sebagai destinasi liburan.

Berikut beberapa di antaranya yang harus kamu sambangi, Klepusher.

  1. Tiris, Probolinggo
Pemandian Air PanasTiris, Probolinggo, Jawa Timur.
Photo by Baehaki @ jalan2.com
Berlokasi di Kabupaten Probolinggo, pemandian air panas yang satu ini akan benar-benar membuatmu jatuh hati. Bagaimana tidak, keadaannya masih begitu alami, sengaja dibiarkan apa adanya tanpa sentuhan tangan manusia. Rimbun pepohonan yang mengitari pemandian menambah kesan asri dan sejuk.

Jika di tempat pemandian lain, kolam pemandian dipisah-pisahkan sesuai suhunya. Di pemandian Tiris, hanya ada satu kolam pemandian.

Lebih dekat pada sumber air panas suhunya semakin tinggi. Untuk merasakan suhu air yang berbeda kita tinggal mengatur jarak dengan mata airnya. Suhu airnya sendiri mencapai 40 derajat celsius.

Di sebelah kolam pemandian, mengalir air dari sungai yang sangat jernih. Kedalamannya hanya setinggi lutut orang dewasa.

  1. Candi Umbul, Magelang

Keistimewaan dari pemandian Candi Umbul selain tampilannya yang memanjakan mata, adalah karena sejarahnya. Sumber air panas di Candi Umbul ditemukan sekitar abad ke-8. Candi Umbul merupakan situs purbakala peninggalan Kerajaan Mataram, dulunya digunakan sebagai tempat pemandian Raja Mataram beserta Permaisurinya.


Candi Umbul pernah tertimbun sekian lama, ditemukan kembali di tahun1870, yang kemudian oleh Pemerintah Belanda diekskavasi. Saat terjadi letusan gunung Merapi di tahun 1906, candi ini kembali terkubur dan mengalami kerusakan. Lalu direkonstruksi seperti bentuk yang bisa dilihat saat ini.


Suhu air di dalam kolam tidak setinggi di tempat lain, namun justru itulah yang membuatnya sangat nyaman untuk berendam berlama-lama. Terasa hangat, dengan warna air yang relatif lebih jernih dari pemandian lain yang mengandung sulfur lebih pekat.

Harga tiket masuk ke Candi Umbul sangat murah, Klepusher, hingga 2018 ini hanya Rp4500-Rp7000. Ketika melewati dinding luar yang melingkupi lokasi pemandian, kita tidak akan menyangka  ada pemandian air panas seeksotis itu di dalamnya.

  1. Banyuwedang, Bali
Jika biasanya pemandian air panas berada di sekitar wilayah pegunungan, tidak begitu dengan Banyuwedang. Kolam-kolam air panas yang dikelilingi hutan bakau ini berada di tengah pantai. Unik sekali kan, Klepusher?



Sejak awal pembukaannya di Oktober 2017, Banyuwedang nyaris tidak pernah sepi pengunjung. Daya tarik Banyuwedang tidak hanya karena keunikan letak lokasi pemandiannya, tapi juga pemandangan di sekitar pemandian pun membuat betah.

Datang ke sini, Klepusher mendapat dua tujuan wisata dalam satu tempat, pemandian air panas dan juga pantai.

  1. Baturaden, Banyumas

Baturaden bisa dikatakan sebuah tujuan rekreasi dengan paket komplit. Di lahan seluas 16,5 hektar, ada banyak sekali pilihan wahana hiburan.Sebut saja misalnya Goa Selirang, Telaga Sunyi, Medicinal Garden.

Sebaiknya datang di pagi hari agar lebih nyaman, semakin siang Baturaden akan semakin ramai pengunjung. Jika Klepusher datang pagi-pagi akan lebih leluasa untuk menjelajahi Baturaden.

Di pemandian Baturaden, Klepusher tidak hanya bisa berendam air panas, tapi juga dipijat kaki menggunakan serbuk belerang. Setelah itu mengisi perut dengan makan sate kelinci sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Aliran air panas Baturaden berasal dari perut bumi yang memancar lewat pancuran Telu dan Pancuran Pitu. Tetapi di pemandian ini, Klepusher harus berhati-hati karena suhu airnya lebih panas dari pemandian lain, yaitu mencapai 70 derajat celsius.

  1. Kolam Air Panas Gunung Papandayan, Garut

Kolam pemandian air panas Gunung Papandayan, Garut, menjadi lokasi terakhir yang Sparklepush rekomendasikan sekaligus yang paling mengesankan. Bayangkan sensasinya berendam air panas di udara dingin khas pegunungan, dipadu indahnya tebing kapur sejauh mata memandang. Lokasi kolam memang menghadap langsung ke tebing Gunung Papandayan.


Air panas berasal  dari rekahan Gunung Papandayan yang dialirkan melalui pipa-pipa. Terdapat dua kolam pemandian, Klepusher bisa memilih suhu air yang 30 derajat celsius atau yang 40 derajat celsius.

Pemandian air panas Gunung Papandayan baru diresmikan bulan Juni 2017 lalu. Untuk sampai ke tempat ini membutuhkan sekitar satu jam perjalanan berkendara dari pusat kota Garut. Harga tiket masuknya Rp25000 per orang.

Bila berniat ke sana liburan ini, jangan lupa mengenakan jaket yang tebal ya Klepusher.

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat pemandian air panas yang sangat layak untuk dijajal. Tentu sensasi dan khasiatnya berbeda antara berendam di kolam pemandian dengan di pemandian air panas dari sumber alami.

Agar lengkap, simak juga ulasan mengenai khasiat berendamdi pemandian air panas dari sumber alami  berikut ini.

Jika kamu tengah mengalami perasaan tertekan dan merasa depresi, berendam di air panas akan membantumu lebih relaks. Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Freiburg, Jerman. Disimpulkan dari hasil penelitian bahwa berendam selama 30 menit di air bersuhu 40 derajat celcius efektif memperbaiki gejala depresi.

Rendam kakimu di kolam air panas selama 10 sampai 15 menit ketika merasa terserang gejala flu atau tengah sakit kepala. Merendam kaki di air panas akan mengatasi flu dan sakit kepala.

Berendam air panas di malam hari setelah lelah beraktivitas akan membantu Klepusher mendapatkan tidur yang berkualitas.

Ayo tunggu apalagi, luangkan waktu untuk berendam air panas secara teratur. Agar badan lebih sehat dan jauh dari stres.

Posting Komentar

0 Komentar