Pengalaman Pakai Keyboard Combo Logitech MK235

Ulasan ini bukan membahas tentang review Keyboard Combo Logitech MK235 tapi lebih tepatnya tentang pengalaman penggunaan Keyboard Combo best value.

Release Date

Tidak diketahui kapan Keyboard Combo Logitech MK235 Wireless ini pertama kali di-release di Indonesia. Tapi, Berdasarkan info dari digit.in, Keyboard full ini telah ada di India sejak Mei 2016 silam.

Meskipun sudah cukup lama, tapi Keyboard Combo Logitech MK235 Wireless punya tampilan yang tetap stylish, simple dan elegan. Banyak rival dari keyboard tanpa kabel ini menawarkan model yang lebih dinamis demi perebutan pasar peripheral. Walau demikian, Sparklepush berusaha memberikan penilaian objektif dalam membahas pengalaman pakai keyboard combo Logitech MK235.

Design

Punya design yang minimalis, membuat keyboard combo Logitech MK235 ini punya fleksibilitas tinggi. Selama pakai keyboard combo ini, tidak ditemukan kesusahan dalam instalasi. Pokoknya ditaruh dimanapun terasa asyik aja bawaannya.

Tombol-tombolnya tidak begitu berjauhan seperti pada umumnya. Posisi yang tidak begitu berjauhan membuat jari jemari tidak begitu "terpaksa" renggang. Hal ini membuat jemari tidak mudah lelah dan kegiatan pengetikan dapat berjalan lancar.

Karena nggak cepet capek, otomatis, kerjaan bisa cepat selesai. Dan yang lebih utama lagi, Jemari tidak terasa lelah.

Bagian tepi keyboard combo Logitech MK235 ini tidak begitu melebar. Mungkin kalau diumpamakan sebuah smartphone, keyboard ini seperti handphone yang layarnya bezeless. Jadi, kesan stylish, simple dan elegan-nya ngena banget.

Keyboard Combo Logitech MK235
Keyboard Combo Logitech MK235 vs Smartphone Sharp Aquos Crystal

Meskipun tergolong praktis namun bukan berarti keyboard ini memenuhi standar keyboard yang bisa diajak jalan-jalan. Maksudnya, jika dibandingkan dengan saudaranya, yaitu Logitech MK240 ukurannya masih terlalu lebar. Ini karena Logitech MK235 merupakan keyboard full size.

Keyboard Full size maksudnya adalah keyboard yang sudah ada tombol arrow, dan numberic-nya. Jelas, dengan keberadaan tombol arrow dan tombol angka menjadikan logitech MK235 ini agak susah dibawa kemana-mana. Kalaupun harus tetap dibawa, tas ransel ukuran sedang pun jadi terasa mentok.

Meskipun tombol-tombolnya lengkap, tapi keyboard combo Logitech MK235 wireless ini masih delangkapi lagi dengan tombol "fn". Tombol ini akan difungsikan sebagai shortcutnya beberapa perintah seperti; screenshot layar, calculator dll.


Feature Unggulan

Ada 4 feature unggulan yang ditawarkan oleh keyboard combo logitech MK235 ini, yaitu:

  1. Tata letak keyboard yang familier

  2. Daya tahan baterai yang lebih lama

  3. Tahan lama

  4. Keandalan wireless

Tata letak keyboard yang familier. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa letak tombol keyboard ini adalah letak yang nyaman untuk mengetik. Tidak terlalu berjauhan sehingga tidak "memaksakan" jemari untuk saling berjauhan.


Kondisi ini membuat otot pengetik tidak mudah lelah karena mengurangi stress jari. Sedangkan letak keyboard yang familier mungkin maksudnya adalah sama seperti laptop. Laptop memang perangkat komputer yang sering digunakan banyak orang.

Ciri khas laptop biasanya sudah disertai tombol "fn" dan benar saja, jika klepusher mencoba keyboard ini. Akan terasa sangat familiar dengan penempatan tombol kombinasi "fn".

Daya tahan baterai yang lebih tahan lama

Sebelum menggunakan keyboard Logitech MK235, saya sudah pernah merasakan bagaimana borosnya baterai mouse MK240. Ya, Keyboard Combo MK240 yang pernah saya pakai menurut saya agak mengecewakan dari segi konsumsi daya. Utamanya pada mouse.

Sedangkan pada keyboard logitech MK240 sendiri bisa dibilang awet. Salut saya kepada Logitech yang sudah menyempurnakan produk-produknya semakin lebih baik.

Tahan Lama, maksudnya, bukan pada konsumsi daya baterainya. Tapi dalam hal ketahanan keyboard itu sendiri. Misalnya, karena terlalu sering dipakai buat ngetik, simbol huruf pada tombol-tombol tidak akan hilang. Hal ini karena logitech MK235 dilapisi zat anti pudar.

Ya, memang, pengalaman pakai keyboard logitech combo MK235 saya belum genap setahun. Jadi belum bisa membuktikan apakah zat anti pudar-nya benar-benar bekerja/berfungsi atau tidak.

Selain tahan lama yang dimaksud di atas, ada juga nih tahan lama yang lainnya. Yaitu dibekali dengan kaki penopang yang kokoh serta design yang tahan tumpahan air.

Kalau tahan tumpahan air, pernah ada pengalaman pakai keyboard combo Logitech MK235 ini yang berhubungan dengan itu. Kira-kira 1 bulan yang lalu, sebelum artikel ini dibuat. Pernah sekali, dan, selamat hingga sekarang.


Keandalan Wireless ini maksudnya koneksi nirkabel yang - boleh dibilang - bagus, cepat dan responsif. Bagus karena menurut saya sudah pakai pemancar/penerima wireless yang berukuran mini. Cepat dan responsif karena setelah komputer dinyalakan, mouse dan keyboardnya sudah langsung berfungsi termasuk dalam keadaan bluescreen bios.

Ini mengingatkan saya tentang pengalaman pakai speaker Logitech X100 yang pernah di-share sebelumnya.

Baca juga:

http://sparklepush.com/review-wireless-bluetooth-speaker-logitech-x100/

Ya, kendala pada Logitech X100 yang saya rasakan selama pakai speaker tunggal ini adalah pada jeleknya koneksi wireless bluetoothnya. Dan saya sangat bersyukur sekali, selama pakai keyboard combo Logitech MK235 ini tidak terulang.

Rekomendasi

Menurut objektifitas sparklepush, Keyboard combo Logitech MK235 Wireless ini pantas/layak dibeli. Baik untuk dipakai kantoran, blogger atau gamer.

Sebab, selain fungsinya yang memadai juga dari harga yang relatif bersahabat.

Kelebihan dan kekurangan

Saya nyaris tidak memiliki celah kekurangan untuk keyboard yang satu ini sebelum saya menyadari bahwa tidak ada lampu indikator on dan caps lock.

Keyboard Full Size memang cenderung lebih besar/lebar sehingga agak ribet dibawa kemana-mana.

Tombol "Print Sc Sysrq" harus dikombinasikan dengan "fn", pastinya akan lebih praktis jika tombol ini dibuat mandiri.

Keyboard Combo Logitech MK235
Kombinasi tombol Print Scr + fn untuk Screenshot layar

Keyboard Combo Logitech MK235
Baterai OEM dalam paket penjualan berjenis AAA dan AA 1.5V


Nah, itulah pengalaman pakai keyboard combo Logitech MK235 Wireless yang best value.

Apabila kamu ada pengalaman yang beda tentang pakai keyboard ini, share di kolom komentar yah.

Posting Komentar

0 Komentar