Suka Touring? Petungkriyono Punya Tempat Wisata yang Asyik Untuk Dinikmati

FOTO 1. Destinasi tempat wisata di Petungkriono. Dokumentasi Sparklepush.com

Di ujung tenggara Kabupaten Pekalongan menyimpan banyak deretan Tempat Wisata yang indah. Mereka tersimpan bak sebuah permata tersembunyi di Kecamatan yang bernama Petungkriyono. Touring ke sini yuk...!

Apa saja deretan tempat wisata alam yang ada di Kecamatan Petungkriyono ini?

Pekalongan terkenal dengan batiknya. Namun, siapa sangka, di kabupatennya menyimpan kekayaan berupa destinasi tempat wisata yang menyajikan keindahan alam desa, pegunungan hingga air terjun.

Pokoknya mah nggak nyesel kalau Klepusher touring and traveling ke Kec. Petungkriyono.

Berikut daftar destinasi traveling di Kec. Petungkriyono yang viral.

1. Hutan Sokokembang

Foto 2. Penampakan Lutung Jawa di Hutan Sokokembang. swaraowa.blogspot.com

Bisa dibilang, Hutan Sokokembang merupakan gerbang masuknya Klepusher menuju beberapa spot tour and traveling di Petungkriyono. 

Hutan Sokokembang merupakan salah satu kawasan hutan hujan tropis yang ada di Jawa Tengah. 

Selain itu, hutan ini dinobatkan sebagai Hutan Lindung Terbatas oleh berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 359/Menhut.II/2004 tanggal 1 Oktober 2004 tentang Penunjukan Kawasan Hutan dan Perairan Provinsi Jawa Tengah.

Hutan ini menjadi tempat berkembangnya salah satu satwa yang dilindungi yaitu Lutung Jawa.

Jadi, jangan heran kalau pas Klepusher lewat ketemu sama Lutung Jawa.

Nggak perlu muluk-muluk bisa selfie bareng Lutung Jawa ya Klepusher, sebab mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di atas pohon. Mereka sangat jarang turun ke tanah.

Lutung Jawa merupakan salah satu binatang yang memiliki tingkat kepunahan pada level Rentan bahkan disebutkan bahwa 3 tahapan lagi mereka dinyatakan akan punah.

Yuk, bareng-bareng jaga Lutung Jawa ini biar nggak punah ya.

2. Curug Sibedug

Foto 3.  Suasana Curug Sibedug. Dokumentasi Sparklepush.com

Curug ini letaknya nggak begitu mblusuk ke pedalaman seperti kisah petualangan Team Klendangan Mencari Tempat Wisata Curug Kali Kawung.

Lokasi Tempat Wisata Air Terjun Curug Sibedug terdapat di salah satu ruas jalan Kec. Petungkriyono.

Menurut sparklepush.com, tempat wisata air terjun Curug Sibedug ini merupakan salah satu tempat wisata termurah karena Klepusher nggak perlu melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Membayar tiket masuk
  2. Membayar parkir
  3. Jalan kaki ngikuti trek/jalan setapak
Tiga hal di atas merupakan sesuatu yang sangat diharapkan oleh para pengunjung. Healing gratis, lokasi strategis, eksotis, ekonomis, fantastis gitu lho. Asyik buat rehat saat touring.

Air Terjun ini cukup tinggi ya. Kemungkinan mencapa 15-30 meteran (just guesting). Selain itu, airnya juga jernih.

Dibawah air terjun terdapat banyak batu-batu besar. Para pengunjung biasanya menjadikan bebatuan besar ini untuk staging tatkala berswafoto untuk mengabadikan moment sekaligus eksistensi di sosmed.

Yang bikin asyik berlipat-lipat lagi, di sekitar air terjun Curug Sibedug ini ada 2 warung yang bersebrangan. 1 dekat dengan air terjun dan diseberang jalan juga ada 1 lagi warung.

Klepusher bisa rehat sejenak disini sambil makan mie rebus, teh anget, es teh, kopi, minuman rasa-rasa dan lainnya.

Di lokasi ini juga bisa dibilang sebagai rest areanya para traveler yang ingin menikmati tempat wisata lainnya di Kec. Petungkriyono. 

So. Sparklepush.com menobatkan Air Terjun Curug Sibedug merupakan rest area terindah yang pernah dijumpai. 

Gimana menurut Klepusher? Setuju!? ditunggu komennya di kolom komentar ya...!

3. Welo Asri

Sudah... sudah... !

Jangan lama-lama rehatnya...!

Masih ada lagi lho tempat wisata di Petungkriyono selain Air Terjun Curug Sibedug...! Jadi istirahatnya jangan lama-lama biar nggak kena hujan lokal.

Nah, tak terlalu jauh dari rest area ini atau sekitar 2.5 Km  ada sebuah tempat wisata yang menyajikan pemandangan sebuah lembah sungai yang nggak kalah indah dari Air Terjun Curug Sibedug.

Yuk..., lanjut lagi touringnya...!

Foto 4. Tulisan Welcome to WELOASRI PETUNGKRIYONO. Dokumentasi Sparklepush.com

Welo Asri ini masih sejalur dengan jalan yang dilalui oleh Air Terjun Curug Sibedug. Jadi dari Curug Sibedug ini, Klepusher cuma perlu ikuti jalan satu-satunya ini, lurus terus. 

Welo Asir sendiri sebenarnya sebuah sungai dengan tebing-tebing sungai yang sangat curam.

Bibir sungainya dari batu alam. Batunya juga gede-gede banget namun tepiannya agak lebar sehingga bisa dimanfaatkan untuk rekreasi. 

Pokoknya unik dan asyik deh kalau touring dan sekaligus traveling ke Petungkriyono dan mampir di tempat wisata Welo Asri

Untuk benar-benar bisa masuk ke Sungainya (Sungai Welo) Klepusher musti turun lewat tangga yang udah tertata dengan baik. Bahkan udah dipisahin jalur naik dan turunnya, jadi ngga perlu berjubel atau berdesak-desakan dengan mereka yang mau pulang dari lokasi tempat wisata.

Kalau sudah sampai di badan sungai, Klepusher bisa ngelakuin apa aja sih di tempat wisata Welo Asri ini?

Banyak kok...! Kegiatan seperti berfoto, bersantai, nongkrong-nongkrong dan yang mau basah-basahan juga bisa, seperti:
  • River tubing,
  • River tracing,
  • Body rafting,
  • Dan juga body jumping hingga berenang
Gimana? Seru kan?

Selain bisa main basah-basahan di aliran air sungai yang terkenal jernih dan kebiru-biruan ini, Klepusher juga bisa camping.

Ada area khusus untuk kamu yang hobi camping. Bahkan jika kamu nggak punya tenda tapi masih ngotot pengen camping, sudah ada persewaannya.

Yuk siapin semua perlengkapan touringnya, yuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang asyik di Kecamatan Petungkriyono Pekalongan.

4. Curug Bajing

Touring sekitar 35 menit dari tempat wisata Welo Asri ada sebuah spot wisata lagi lho, yaitu air terjun yang bernama Curug Bajing dan masih di Kecamatan Petungkriyono.

Foto 4. Suasana Air Terjun Curug Bajing. Dokumentasi Sparklepush.com

Inilah Air Terjun Curug Bajing yang keindahannya meluluhkan semua lelahnya Klepusher selama riding dari awal memasuki kecamatan Petungkriyono yang jalan-jalannya berkelok-kelok dan naik-turun.

Begitu pula dengan stress dan penat, seakan sirna disiram deburan air terjun yang sejuk dan segar.

Sayangnya, di air terjun yang indah dan dengan suasana udara yang sejuk segar ini tak ada tempat untuk bermain airnya yah.

Jadi nggak sepuas di Welo Asri yang bisa ciblon di sungainya.

Sepertinya di Air Terjun Curug Bajing ini tidak direkomendasikan untuk bermain air ataupun mandi di bawah air terjun secara langsung karena faktor debit air yang tinggi dan aliran yang cukup deras.

Pengen berlama-lama di Tempat Wisata Air Terjun Curug Bajing Petungkriyono?

Tenang aja.

Disini juga ada campring ground-nya juga lho.

Nah itulah tempat wisata pilihan di Petungkriyono Kab. Pekalongan bagi Klepusher yang suka touring.

Salam Touring and Traveling.

Posting Komentar

0 Komentar