Mengatur Pola Asuh Anak agar Tidak Ketergantungan Gadget

Pola Asuh Anak
Pola Asuh Anak


Pola asuh berperan penting terhadap perkembangan anak, terutama menghindari ketergantungan terhadap gadget. Temukan strateginya di sini.

Keberadaan gadget memang menjadi tantangan tersendiri bagi para Ibu atau orang tua dalam mengatur pola asuh anak. Di satu sisi gadget bisa membuat anak lebih tenang, dan bisa belajar banyak hal secara mandiri hanya melalui beberapa aplikasi. 

Di sisi lain keberadaan gadget bisa menyebabkan ketergantungan dan bahkan membuat anak sulit beradaptasi dengan sekitarnya.

Kondisi ini tentu membuat pada orang harus bijak memberikan gadget bagi buah hatinya. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan agar anak tidak ketergantungan terhadap gadget.

1. Menerapkan Batasan Waktu

Tidak adanya penerapan batas waktu menjadi salah satu faktor tersulit pada anak untuk lepas dari gadget. Sebelum anak ketergantungan, para orang tua harus bijak dan tegas memberikan aturan penggunaan gadget. 

Misalnya penggunaan gadget hanya pada jam-jam tertentu, atau diberikan pada hari libur sekolah saja. Cara ini secara tidak langsung akan membuat anak lebih disiplin dan paham kapan ia bisa menggunakan gadget.

2. Memberikan Contoh Nyata

Anak-anak cenderung akan meniru apa yang dilakukan orang tua. Pada kasus penggunaan gadget, jika orang tua tidak bisa mengurangi penggunaan gadget di rumah mustahil anak akan turun mengurangi mengurangi penggunaan gadget. 

Pada saat di rumah usahakan orang tua bisa mengurangi penggunaan gadget didepan anak. Jika tidak memungkinkan mengurangi penggunaan gadget, Klepusher bisa mencari tempat khusus agar tidak terlihat oleh anak.

3. Menghabiskan Waktu Lebih Banyak bersama Anak Ketika Dirumah

Menghabiskan waktu bersama anak terkadang menjadi hal yang sering terlupakan oleh orang tua. Terlebih bagi mereka yang sibuk sebagai pekerja selama 5 hari.

Padahal hal ini penting bagi tumbuh kembang, sekaligus mencegah anak kecanduan gadget. Ketika dirumah pastikan Klepusher memberikan waktu penuh bersama anak, entah membaca buku, menonton televisi, bermain atau lainnya. 

Jika perlu pada akhir pekan Klepusher juga bisa mengajak anak keluar bermain ke taman atau mall.

4. Melibatkan Anak Pada Berbagai Kegiatan

Salah satu sifat anak yang paling sering kita temui adalah rasa penasaran terhadap hal-hal baru atau apapun yang dilakukan orang tua. Ketika dirumah ada baiknya Klepusher selalu melibatkan anak dalam berbagai hal. 

Bisa saat bersih-bersih rumah, memasak, bercocok tanam atau lainnya. 

Meski hanya menemani atau terkadang malah dirasa mengganggu, percayalah pola asuh anak seperti ini secara perlahan akan mengurangi penggunaan gadget.


5. Pantau Kegiatan Anak Saat Menggunakan Gadget

Terakhir, jangan lupa untuk selalu memantau penggunaan gadget pada anak.

Hal ini untuk mengetahui dan mengontrol situs-situs apa saja yang dibuka oleh anak. Baik konten video anak-anak, permainan, musik, kartun atau apapun itu pastikan anak menonton sesuai dengan usianya.

Cara ini untuk memastikan bahwa anak tidak konsumtif terhadap konten.

Jenis pola asuh anak agar tidak ketergantungan memang banyak dan beragam. Jika beberapa contoh pola asuh diatas dirasa belum sesuai dengan kondisi anak, Klepusher bisa memilih cara lain yang lebih sesuai.

Posting Komentar

0 Komentar