Manfaat Alovera (Lidah Buaya) Bagi Kesehatan Rambut

Manfaat Aloe Vera Bagi Kesehatan. Foto unsplash.com/@pravynandas 

Aloe Vera atau dikenal juga dengan nama lidah buaya adalah salah satu tumbuhan yang punya banyak manfaat bagi kesehatan lho, Klepusher.

Nggak percaya?

Nih, sejak jaman Cleopatra atau sekitar 4000 tahun SM silam, bangsa Mesir sudah lebih duluan memanfaatkannya untuk segala keperluan dari kesehatan hingga kecantikan. Bahkan bangsa Yunani pun ikut-ikutan memakai Aloe Vera untuk menyembuhkan berbagai penyakit di zamannya. 

Entah siapa yang pertama kali menamai aloe vera ini dengan sebutan lidah buaya, padahal lidahnya buaya juga nggak ijo seperti tanaman hias ini dan juga bentuknya tidak semirip lidah buaya asli. Namun yang jelas, tumbuhan yang katanya berasal dari kepulauan Canary di sebelah barat Afrika sono, memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

Apa saja sih kandungan lidah buaya (Aloe Vera) yang punya manfaat bagi kesehatan kita?

Nah, di dalam Lidah Buaya terkandungan berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita yaitu:
  1. selulase 
  2. katalase
  3. alkaline phosphatase
  4. bradykinase
  5. amylase
  6. carboxy peptidase
  7. aliase
  8. peroksidase dan lipase.
Manfaat Aloe Vera Bagi Kesehatan. Foto cegoh-94852

Selain ke delapan enzim yang ada dalam Aloe Vera di atas, masih ada lagi nih kandungan vitamin yang ada di tanaman yang masih serumpun sama sukulen.

Di dalam Aloe Vera ini terdapat vitamin yang baik bagi tubuh, yaitu asam folat (B9), B12, kolin, vitamin C, vitamin E dan vitamin A yang berbentuk beta-karoten. 

Nah, beta karoten ini sangat bermanfaat bagi kulit kepala dan rambut yang akan dibahas lebih lanjut.

Kandungan vitamin C, vitamin A, Vitamin E dan Vitamin B pada Lidah Buaya sudah barang tentu dapat memenuhi kebutuhan kita yang dapat menjaga tubuh agar tetap sehat.

Mengapa kita butuh asupan Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B dan Vitamin E?

Vitamin C sangat berperan penting dalam pembentukan protein di dalam tubuh, salah satu dari sekian banyaknya manfaat Vitamin C ini adalah memperkuat pertahan sel epitel kulit yang menjaga tubuh kita dari udara yang kotor, lingkungan yang tidak bersih karena pada udara yang kotor terdapat banyak mikroba, bakteri jahat.

Begitu juga vitamin A. Vitamin ini memiliki peranan penting dalam menangkal radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel-sel pada tubuh. Bahkan, radikal bebas dapat memicu timbulnya sel tumor hingga kanker jika tidak segera ditangani secara serius.

Vitamin B akhir-akhir ini banyak dicari sumbernya karena dapat membantu menjaga kesehatan selama pandemi ataupun pasca pandemi.  Selain dapat menjaga kesehatan, Vitamin B juga dapat menjaga agar fungsi organ tubuh tetap berjalan dengan baik. Contoh dari keutamaan Vitamin B yaitu menjaga sistem pencernaan serta membantu perkembangan sel.

Nah serangkaian vitamin ini ternyata bisa kamu dapatkan di Lidah Buaya atau Aloe Vera lho.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut. Foto unsplash.com/@pisauikan

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut karena adanya kandungan beta karoten yang dapat memelihara rambut dari kekeringan. Beta karoten ini mampu menjadikan rambut kering klepusher jadi lebih lembab karena beta karoten berperan penting dalam produksi sebum pada kulit kepala. Sebum inilah yang menjadikan rambut kamu menjadi terlihat lebih berkilau.

Selain itu kandungan beta karoten yang terdapat pada lidah buaya mampu menjaga sel tumbuh kembali sehingga menjadikan rambut tidak mudah rontok, kuat dan memiliki warna yang lebih baik. Itu karena beta karoten pada aloe vera memberikan manfaat yang optimal untuk menjaga folikel rambut untuk tetap pada produktivitasnya yaitu menumbuhkan rambut yang sehat, kuat dan berkilau.


Posting Komentar

0 Komentar