Tips Merawat Aglonema (Aglaonema) Agar Selalu Berwarna Cerah Dan Bercuan Bagi Pemula.

Tips Merawat Aglonema (Aglaonema) Agar Selalu Berwarna Cerah Dan Bercuan Bagi Pemula
Tips Merawat Tanaman Hias Aglonema (Aglaonema) Supaya Cerah dan Lebat. Foto unsplash.com/@davidclode

Aglonema, atau disebut juga Aglaonema merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki sisi keindahan pada corak daunnya. Dimana pada daun Aglonema (Aglaonema) memiliki patern warna yang khas dengan hijau dan pink di dalamnya. Pantes aja, banyak yang suka dengan tanaman hias yang satu ini.

Kombinasi kedua warna pada Aglonema (Aglaonema) kontras namun tetap memberikan paras estetis pada ruangan ataupun halaman rumah kita. Selain itu, kualitas udara juga dapat terjaga dengan adanya tumbuhan unik yang satu ini.

Sayangnya terkadang kita tidak begitu perhatian terhadap tanaman hias ini. Tak jarang mereka yang baru menjalani hobi sebagai pecinta tanaman hias kurang begitu memperhatikan kebutuhan nutrisi bagi tanaman hias yang sebenarnya perlu juga diperhatikan agar tidak timbul masalah pada tanaman hias mereka. Bahkan jika hobi mereka ini dijalani secara serius, tidak menutup kemungkinan kalian bisa mendapat cuan jutaan rupiah per bulannya.

Dilansir dari radarjombang.jawapos.com (201222) Abdul Syukur (65) asal Dusun Payaksantren, Desa Rejoagung, Kecamatan Ngorober telah berhasil menuai pundi-pundi rupiah dari awalnya cuma hobi budi daya tanaman hias Aglaonema.

Nah, biar bisa seperti Pak. Abdul, yuk, simak tips mengatasi masalah dan merawat Tanaman Hias Aglaonema agar selalu berwarna cerah dan bercuan.

Beberapa masalah Tanaman Hias Aglonema (Aglaonema) tumbuh kerdil, daun menguning, daun nampak pucat, atau bahkan tetap tumbuh dengan batang yang kurus sebenarnya dapat teratasi dengan beberapa langkah yang cukup ringan bagi pemula.

1. Perhatikan media tanam

Media tanam yang baik bagi tanaman hias Aglaonema ini sebenarnya sangat mudah sekali yaitu hanya dengan tanah humus yang dicampur dengan pupuk kandang dan sekam. 

Tips Merawat Aglonema (Aglaonema) Agar Selalu Berwarna Cerah Dan Bercuan Bagi Pemula
Tanah yang porositasnya baik sangat membantu pertumbuhan akar tanaman hias Aglaonema. Foto unsplash.com/@dirtjoy

Dengan campuran media tanam seperti ini, akar akan dapat dengan mudah menyerap nutrisi yang ada pada media tanam, tempat tumbuhnya Aglonema (Aglaonema)

Aglonema (Aglaonema) juga akan dengan mudah tumbuh sehingga daun dan juga warna khasnya akan tampil secara maksimal.

2. Perhatikan faktor pencahayaan

Pernah nggak, daun tanaman hias Aglonemanya tiba-tiba berubah jadi kekuningan? 

Jika tanaman hias Aglonema (Aglaonema) pernah, coba perhatikan apakah tanaman hias Aglonemanya berada di posisi yang terkena Sinar matahari secara langsung atau tidak. 

Nah, dikutip dari berbagai sumber, tanaman hias Aglonema (Aglaonema) memang seharuanya tidak ditempatkan pada tempat yang terkena Sinar matahari secara langsung.

Jadi, mulai sekarang, pindahkan tanaman hias Aglonema (Aglaonema) kesayangan Anda di tempat yang agak teduh atau bisa kamu masukkan ke dalam ruangan seperti ini.

Ilustrasi Aglaonema di dalam ruangan. Foto unsplash.com/ja/@epbautista

3. Jaga Suhu Udara Sekitar Tenaman Hias

Tak perlu repot-repot memasangkan AC di ruangan demi menjaga suhu udara di sekitar tanaman supaya tetap terjaga.

Sebenarnya, Tanaman Hias Aglonema (Aglaonema) ini mampu bertahan hidup di atas suhu 16⁰C. Jika kamu beranggapan menjaganya berada di bawah itu supaya tanaman hias Aglonema (Aglaonema) kesayangan Anda tetap berada pada keadaan yang sempurna maka itu keliru.

4. Siram 2 hari sekali saja

Tanaman hias Aglonema (Aglaonema) bukan tanaman hias yang suka dimanja. Terlalu sering disirami justru bisa merusak tanaman. Jangan sampai deh, alih-alih berekspektasi tanaman hias Aglonema (Aglaonema) Anda punya daun yang eksotis malah jadi kurus bahkan layu.

Sebenarnya seperti yang sudah disampaikan di awal tadi, bahwa tanaman hias Aglaonema merupakan tanaman hias yang tidak suka dimanja. 

Penyiraman 2 hari sekali saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan airnya.

5. Pemupukan.

Media tanam tempat akar mencari nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Untuk itu kamu perlu memilih media tanam yang tepat untuk si cantik Aglonema (Aglaonema) kesayangan Anda.

Untuk menambah kesuburuan media tanam maka pemupukan dapat dilakukan secara periodik yaitu 3 bulan sekali. 

Berikan pupuk majemuk dengan kandungan P yang lebih banyak karena tanaman hias Aglaonema banyak membutuhkan unsur P untuk pertumbuhan daunnya.

6. Penanganan Hama

Seperti tanaman hias lainnya, Aglonema (Aglaonema) kesayangan Anda juga tidak lepas dari masalah hama. Jamur, Kutu, Ulat dan lainya bisa saja menyerangnya.

Nah, untuk melakukan pencegahan terhadap serangan serangga seperti kutu, ulat dan yang lainnya, Klepusher bisa melakukan penyemprotan pestisida dan fungisida secara rutin

Hal ini perlu dilakukan agar telur-telur ulat yang menempel pada setiap bagian tanaman hias gagal menetas juga mengilangkan jamur yang dapat merusak tanaman hias.

Lakukan juga pembersihan gulma pada media tanam agar nutrisi yang terdapat pada media tanam tidak dicuri oleh tanaman lain yang tidak diinginkan.

Nah, itulah tips merawat tanaman hias Aglaonema agar selalu berwarna cerah dan sukur-sukur klepusher bisa dapet cuan buanya dari hasil hobi berkebunnya. Ikutilah tips ini supaya tanaman hiasnya tetap segar dan berkembang dengan sempurna.

Posting Komentar

0 Komentar