Sanggaluri Park Purbalingga Tempat Wisata Yang Bertema Rekreasi dan Edukasi (Foto-Foto)

Sparklepush.com ada rekomendasi tempat jalan-jalan week-end untuk kamu yang pengin menghabiskan waktu santai di akhir pekan. Tempatnya nggak jauh kok. Yuk simak, foto-foto dokumentasi sparklepush.com selama berkunjung di Sanggaluri Park Purbalingga.

Sanggaluri Park Purbalingga itu apa? Bagi yang belum pernah denger nama Sanggaluri Park Purbalingga ini pasti atau mungkin pertanyaan pertama yang akan ditanyakan oleh Klepusher yang suka nyari-nyari spot baru untuk dijadikan destinasi tempat wisata selama liburan ataupun sekedar menghabiskan waktu liburan akhir pekan, Sabtu dan Minggu ataupun di tanggal merah lainnya.

Sanggaluri Park Purbalingga adalah sebuah taman yang bertema flora dan fauna serta bertema edukasi juga.

Hmmm.... 🤔

Jadi Gimana nih? Ini kebun binatang atau laboratorium sih?

Sepanjang peninjauan sparklepush.com ke lokasi taman wisata Sanggaluri Park Purbalingga, tempat ini dihiasi dengan beberapa wahana permainan anak-anak seperti kereta mini, taman kelinci, istana balon, jungkat-jungkit, rollercoaster mini (tapi pas lagi rusak sih) hingga kolam renang gratis. 

Di tempat wisata edukasi, flora dan fauna yang memiliki luas area hingga kurang lebih 3,5 hektare ini lebih dikenal sebagai taman reptil.

Iya, Bener! Jadi, kalau Klepusher parno sama ular, ya sebaiknya skip aja deh area ini, biar nggak pingsan.

Tapi jangan panik dulu.

Begitu kamu sampai di lokasi, pastinya Klepusher parkir kendaraan dulu donk di tempat parkir yang sudah tersedia dan sangat luas ini.

Lokasi Parkiran Tempat Wisata Sanggaluri Park Purbalingga yang bersih dan (mumpung lagi) sepi. Foto Dokumentasi Sparklepush.com


Pas kamu masuk ke tempat wisata Sanggaluri Park Purbalingga ini nggak langsung lihat binatang melata ini kok.

Pastikan kalo kamu sudah beli tiket masuk dulu sebelum Klepusher menikmati semua wahana mulai dari Museum Wayang, Serangga, Uang dan yang lainnya di sini. 

Begini Penampakan Loket pembelian tiket masuk di Sanggaluri Park Purbalingga berikut tiketnya.

Lokasi Pembelian Tiket Masuk Tempat Wisata Sanggaluri Park Purbalingga. Foto Dokumentasi Sparklepush.com



Penampakan Tiket Masuk Sanggaluri Park Purbalingga, Rp. 20,000/org. Foto Dokumentasi Sparklepush.com


Biarin Om atau Tente yang beli tiket. Sambil menunggu proses pembelian tiket masuk, Kalian bisa selfie ataupun foto bareng geng kamu di pintu masuk yang unik dan menarik serta tiada duanya di Indonesia. 

Gimana nggak Unik ya, soalnya gerbang masuknya itu lho. 

Bentuk gerbang masuk plus pengecekan ticket ini adalah patung semar. Ituloh, salah satu tokoh punokawan yang digambarkan sebagai tokoh sentris memiliki karakter yang bijaksana, cerdas, dan berpengetahuan luas.

Salah satu Spot Foto Iconic/ikonik-nya Sanggaluri Park Purbalingga. Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Jangan sampai kamu lewat spot foto ini sebelum ata setelah menikmati beberapa wahana favorit yang ada di Sanggaluri Park Purbalingga.

Karena tempat ini sangat ikonik juga sebagai salah satu bukti bahwa cerita-ceritamu ke Geng-mu tidak berakhir dengan bullying "No Pic, Hoax!".

Sebenarnya Sanggaluri Park, Purbalingga ini punya nama populer di kalangan masyarakat bahkan di mesin pencari google. 

Nama Populer dari tempat wisata Sanggaluri Park Purbalingga di kalangan masyarkat sekitar bukanlah nama Sanggaluri itu sendiri melainkan Taman Reptil Purbalingga. 

Cek saja di Mesin Pencari Google. Hingga artikel ini dimuat, hasil menunjukkan bahwa, dihalaman pertama tampilan hasil pencarian dari kata "Taman Reptil Purbalingga." tak lain adalah Sanggaluri Park Purbalingga.

Meskipun lebih dikenal dari nama aslinya yang mengusung nama jawa. Sebenarnya, Sanggaluri itu punya pengertian bahwa SANGGA adalah tempat dan LURU adalah mencari. 

Dari nama tersebut dapat diambil/ditarik kesimpulan bahwa kita tetap bisa be-rekreasi sambil menambah pengetahuan dan wawasan, begitu kira-kira.

Tempat untuk Foto Bersama. Foto Dokumentasi Sparklepush.com


Setelah membeli tiket dan foto di gerbang ikonik Sanggaluri Park Purbalingga serta sudah menyerahkan copyan tiket ke Mas-mas Security, kamu akan disambut dengan tempat foto bersama seperti gambar di atas.

Jangan lupa abadikan setiap moment kebersamaan di tempat rekreasi dan edukasi ini.

Jika kamu bawa keponakan kecil dan pengin naik istana balon atau kereta api mini, kamu musti bayar lagi di loket sini.

Lokasi Tiket Permainan Sanggaluri Park Purbalingga. Foto Dokumentasi Sparklepush.com


Ada beberapa wahana permainan buat menghibur buah hati di sini seperti Trampolin, Kereta Api Mini, dan Istana Balon.

Istana Balon Sanggaluri Park Purbalingga. Foto Dokumentasi sparklepush.com

Wahana Kereta Api Mini. Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Wahana Trampolin di Sanggaluri Park Purbalingga. Foto Dokumentasi Sparklepush.com

Tiga wahana di atas adalah wahana favorit bagi anak-anak. Seperti Balon Istana, Trampolin dan Kereta Mini. Sangat rekomended bagi anak-anak yang lagi aktif mengembangkan diri.

Selain wahana permainan, ada juga kantin untuk makan siang atau sekedar ingin membeli minuman penghilang rasa haus. Jadi bagi pengunjung yang lupa bawa bekal bisa makan atau beli minuman di sini.

Warung Kebo. Nama kantin yang khas di Tempat Wisata Edukasi Sanggaluri Park Purbalingga.

Mengusung tema Edukasi, tempat wisata Sanggaluri Park Purbalingga menyajikan museum wayang dan artefak. 

Museum Wayang dan Artefak Sanggaluri Park Purbalingga. Foto Dokumentasi sparklepush.com

Di dalamnya terdapat berbagia tokoh pewayangan dan berbagai artefak lainnya, cocok untuk mengedukasi diri tentang budaya Indonesia khususnya Jawa. 

Nah, yang belum tahu tentang tokoh pewayangan, bisa menambah wawasannya di sini. 

Posting Komentar

0 Komentar