Singkong Goreng Bisa Pulen, Empuk dan Merekah Ini tipsnya

Ilustrasi Singkong Goreng Pulen, Empuk dan Merekah. Foto Kompas.com

Bikin singkong goreng yang empuk dan merekah itu susah gampang. Kalau nggak tau rahasianya singkong goreng bisa gagal. Ini tipsnya caranya biar gampang.

Singkong goreng memang Salah satu cemilan yang enak untuk dijadikan hidangan selama ngopi atau pas lagi ngeteh. 

Kalo pas lagi ada tamu, singkong goreng atau gorengan lain seperti Mendoan, tahu aci, bakwan, cocok juga dijadiin hidangan buat ngopi atau ngeteh.

Tapi, kalo kamu memang lagi iseng atau sekedar mengisi waktu luang dan pinging cemilan yang beda dari biasanya, singkong goreng yang empuk dan merekah ini bisa kamu bikin kok dirumah. Itung-itung sekalian buat ngelatih Skil memasak kamu.

Nah, untuk buat singkong goreng yang empuk dan merekah itu bisa kamu ikuti cara memasak singkong goreng yang Sparklepush kutip dari sajiansedap.com

1. Pilih singkong yang bagus.

Memang susah-suah gampang memilih singkong yang bagus apa lagi kalau kita harus membelinya di pasar dimana kita tidak tahu mana singkong yang bagus dan masih segar serta mana pula singkong yang tidak bagus yang ternyata stock lama.

Dilansir dari idntimes.com (08/05/20) ada beberapa cara memilih singkong yang bagus untuk diolah menjadi kudapan baik singkong goreng atau singkong rebus supaya singkong yang kamu pilih adalah singkong yang pulen, empuk dan merekah. 

  1. Kulit terlihat masih baru
  2. Warna kulit merah muda
  3. Kulit luar terkelupas
  4. Tidak ada bekas sayatan pisau
  5. Mudah dipatahkan

2. Potonglah kecil-kecil

Jika sudah mendapatkan singkong yang sesuai dengan kriteria di atas maka kupaslah kulitnya dengan pisau. 

Ingat, untuk membuat Singkong goreng yang pulen, empuk dan merekah, 5 ciri singkong yang bagus itu harus terpenuhi. apabila selama pengupasan ternyata ada yang tidak sesuai maka sebaiknya sisihkan/pisahkan saja dari yang bagus.

3. Perhatikan durasi memasak.

Untuk menghasilkan singkong goreng yang pulen, empuk dan merekah, kamu perlu memperhatikan durasi memasak singkongnya sebelum digoreng.

Sebelum digoreng hingga merekah. Singkong harus direbus terlebih dahulu. Cara merebusnya yaitu dengan memasukkan semua singkong yang akan digoreng tadi kedalam panci dan direbus hingga air memanas dan terlihat menguap.

Perhatikan baik-baik! jangan merebus hingga air mendidih. jika air sudah terlihat menguap, maka matikan kompornya dan tutup pancinya rapat-rapat serta diamkan hingga air anget-anget kuku.

Lakukan proses perebusan ini 2 kali.

4. Digoreng hingga seluruh potongan terendam minyak goreng.

Tips terakhir ini adalah cara menggorengnya.

Jika sudah melalui langkah-langkah sebelumnya untuk membuat singkong goreng yang pulen, empuk dan merekah. berikutnya adalah cara menggorengnya.

Siapkan minyak secukupnya. Perkirakan agar singkong bisa terendam secara sempurna di dalam minyak yang sudah mendidih.

Segera angkat jika singkong sudah berubah warna menjadi kuning keemasan.

Sajikan...

Nah itulah tip singkong goreng bisa pulen, empuk dan merekah seperti singkong goreng di penjual kaki lima.

Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar

0 Komentar