Pengalaman Menggunakan Laptop HP Chromebook 11 G8 Part 03, end.


Mari dilanjut pembahasan tentang pengalaman menggunakan laptop HP Chromebook 11 G8 yang ternyata sudah part 3.

Bagi kamu yang bener-bener pingin beli laptop ber layar 11,6 inchi ini siap siap menerima kenyataan bahwa internal storagenya cuma berkapasitas 32 gigabit, seperti unit yang saya pakai ini.

Yah, kecewa donk!?

Nggak lah...!

Kan masih ada slot memory micro SD...!

Ya, seperti yang pernah saya sungging sebelumnya di part 2, sempat saya sungging bahwa pada paket pembelian oleh pihak penjual di tokol yang saya pilih sudah termasuk eksternal memory 128GB. 

Dengan memory yang kapasitasnya sebanyak 128GB ini menurut saya sudah sangat cukup untuk menyimpan berbagai dokumen baik dalam bentuk file office, Gambar serta Video. Jika memang butuh penyimpanan yang lebih besar, saya kira, memory MicroSD jaman sekarang jumlahnya sudah kian meningkat meskipun dengan ukuran yang sama.

Mungkin kamu akan tercengang dengan gambar di bawah ini

Ilustrasi MicroSD 128MB vs 128 GB. sumber Pinterest.

Sisi baiknya, kamu nggak perlu bongkar-bongkar body laptop untuk hanya sekedar menambah kapasitas ruang penyimpanan file. Tinggal colok, langsung jadi.

Bahkan kamu juga nggak perlu adaptor MicroSD ke SDCard, cukup praktis bukan! 

Berikut ini Screenshot storage dari unit HP Chromebook 11 G8:


Mungkin, ini (internal memori) salah satu penyebab kenapa Laptop mungil ini tidak begitu populer di kalangan pengguna komputer. 

Tapi, bukan berarti Laptop chromebook ini cuma menawarkan penyimpanan yang minim ya. Masih ada kok pilihan lain dengan storage yang lebih besar. Tentu semakin besar penyimpanan juga akan berpengaruh pada harganya pula, iya kan!?

Sekedar tambahan info saja, Laptop ini dibeli dengan harga dibawah 3 juta dalam kondisi baru. Jadi jika berharap memiliki penyimpanan yang lebih besar mungkin kamu keliru. 

Tapi jika kamu ingin punya laptop dengan spek dewa tapi dengan harga dibawah 3 jutaan. Mmmm, saya jadi nggak bisa berkomentar. Mungkin bisa sih, tapi yang didapat juga pastinya bukan barang baru, bergaransi toko yg limit, Belum lagi kualitas hardware yang kualitas ya dipertanyakan.

Nah, selama saya memakai laptop HP Chromebook 11 G8 ini saya merasakan Performa yang baik untuk melakukan pekerjaan kantoran. Tidak ada yang namanya nge leg meskipun membuka tab pada Chromebook banyak sekali (antara 15-20an tab)

Touchpadnya pun responsif, keyboard empuk, layar jernih, tidak terlalu melelahkan jika harus berjam-jam mlototin layar, wifinya juga fast respon, rekaman video dengan menggunakan kameranya juga standarlah, nyaman dipegang dan ringan.

Memang benar sekali dengan pepatah yang bilang "tak ada gading yang tak retak" demikian pula dengan HP Chromebook 11 G8 ini.

Berdasarkan pengalaman saya. Koneksi Bluetooth laptop HP Chromebook 11 G8 ini sangat mengesalkan. Dimana saya sangat kesulitan sekali menggunakannya. Maksudnya, ketika saya berusaha mengkoneksikan dengan hape android saya (Xiaomi Redmi 9), blututnya Xiaomi Redmi 9 saya tidak terdeteksi, demikian juga sebaliknya.

Sangkin kesalnya, Saya coba cari solusi di YouTube. Dan kebetulan ada channelnya jagatreview yang ngulas laptop yang sama. Saya pun memberi komentar di sama Dan hingga saat ini blm ada titik terang. Apesnya lagi, ada yang membalas Komen saya namun hanya menyampaikan masalah yang sama.

Bluetooth memang menjadi Salah satu sarana untuk menghubungkan perangkat lainnya guna sharing file atau yang lainya.

Masalah koneksi ini untungnya dapat teratasi dengan cara lain seperti harus melepas memori hape Dan memasangnya di laptop atau dengan wifi, dengan metode FTP. Jadi tidak perlu dibesar-besarkan.



Posting Komentar

0 Komentar