Pengalaman Menggunakan Laptop HP Chromebook 11 G8 Part 02

Setelah rehat sejenak, mari Ferguso dan kawan-kawan Klepusher simak Pengalaman saya Menggunakan Laptop HP Chromebook 11 G8 Part 02.

Saya awali dengan menyambung pembahasan terakhir dari Pengalaman Menggunakan Laptop HP Chromebook 11 G8 Part sebelumnya yaitu di sektor touchpad.

Perihal klik kanan yang tidak tersedia membuat saya memakai mouse logitech punya yang sudah digandeng dengan paket penjualan berupa keyboard wireless juga.

Jadi beli mouse dapet Keyboard dan atau beli keyboard dapet mouse yang pengalamannya pernah saya share di sini.

Dan ternyata, klik kanan pada mouse tetap bisa dilakukan ya. Sebenarnya untuk bisa melakukan klik kanan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana juga lho. Yaitu dengan dua jari saja yang ditempelkan secara bersamaan dan sambil ditekan hingga berbunyi klik. Berikut contoh hasil klik dua jari sambil ditekan.

Hasil 1 kali klik dengan dua jari ditunjukkan dalam kotak bergaris tepi merah.

Nah, jadi lebih simple dan praktis bukan?! Simplenya, nggak perlu nyari-nyari fisik trackpad yang bagian klik kanan dan praktisnya cukup dengan dua jari dan tekan.

Dibagian paling bawah terdapat dua speaker yang terbenam dengan menghadap kebawah juga. Bagi saya, kualitas suaranya lumayan lah, dari pada tidak ada suara sama sekali atau dibandingkan dengan tab. Namun selama yang saya coba untuk memutar aplikasi musik joox, youtube music, atau youtube itu sendiri, suara yang dihasilkan tidak begitu cempreng, artinya, bass dan trible masih terasa, walaupun bukan pada kualitas yang prima.

Ya, Maklum lah, namanya juga laptop murah. Biarpun murah, tapi suara yang dihasilkan dari 2 speaker stereo ini masih toleran sih.

Bagaimana dengan colokan audionya? 

Ternyata si HP Chromebook 11 G8 ini sudah menggunakan port 3.5 mm yang model combo, itu lho yang colokan mikrofon dan spiker stereonya jadi satu colokan bukan yang mik dan spikernya misah. Jadi, misalkan kamu punya headset hape, bisa dipakai di laptop ini. Tapi, menurut penglihatan saya, jaman sekarang sudah tidak ada lagi laptop terbaru yang colokan audio dan miknya misah, sih.

Port USB ada 2 biji, Port USB-C juga ada dua biji, slot micro SD juga sudah ada. Sayangnya, untuk external storage tidak ada informasi di website resmi tentang berapa kapasitas maksimal yang mampu dibenamkan. Untungnya pada unit yang saya pakai sudah termasuk microSD dengan kapasitas 128GB. Kemungkinan sih, bisa sampai 1 TB tapi ini hanya kemungkinan saja, jangan jadi patokan ya, saya khawatir Klepusher kecewa bilamana sudah kadung beli MicroSD dengan kapastisa 1tB dan nggak bisa kebaca. Barangkali ada yang punya pengalaman soal penyimpanan eksternal, bisa donk, isi di kolom komentar.

Sudah ada built in cameranya nggak ya?

Ternyata untuk kamera, si HP Chromebook 11 G8 ini sudah ada kameranya lho. Ya, walaupun cuma berkemampuan 720p HD, lumayan lah buat google meet atau yang lainya. Namun jika dirasa dengan kemampuan kamera 720p HD ini masih kurang, sepertinya masih bisa kok pakai kamera eksternal. 

Di bagian kamera juga sudah ada flash lightnya lho, plus mikrophonenya. Jadi praktis kan. Selain kamera dengan flash, Laptop HP Chromebook 11 G8 ini juga sudah dibekali microphone juga lho. 

Ya, bisa dibilang sudah mencukupi kebutuhan sehari-hari seperti pengetikan, excel juga bisa. walaupun tidak menggunakan microsft office. Jadi, untuk urusan ketik-mengetik, oke!

Bagaimana dengan durabilitas baterai?

Durabilitas baterai laptop HP Chromebook 11 G8 ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Jagat Review dalam channel youtube-nya.

Memang, sebelum saya memutuskan membeli produk Chromebook ini saya mengumpulkan informasi review sebanyak mungkin untuk memastikan bahwa barang yang akan menjadi "rekan" kerja saya bukanlah abal-abal.

Jadi, mari kita kembali ke Pengalaman Menggunakan Laptop HP Chromebook 11 G8 di part 2 ini. 

Durabilitas baterai ini lebih dari 8 jam. Jadi buat kamu yang kerjaannya selalu harus menggunakan laptop maka HP Chromebook 11 G8 inilah salah satu laptop yang saya rekomendasikan. Apalagi jika kerjaan kalian mengharuskan menggunakan Google Doc. 

Ituloh, layanan  google documen yang bisa Bikin, Olah dokumen seperti Words, Excel, Powerpoint pada Microsoft Windows. 

Jadi. dengan durasi yang rata-rata melebihi 8 jam ini, kamu nggak perlu khawatir kehabisan baterai atau cemas bila tiba-tiba kamu harus isi ulang baterai dan ternyata chargernya ketinggalan.

Uniknya lagi, Laptop ini menggunakan colokan charger yang seukuran USB type C seperti yang digunakan pada smartphone saat ini. Dan, dapat ngecas baik lewat port USB-C sebelah kiri ataupun kanan, semuanya bisa dipakai buat ngecas kok.

Jadi, kalo hape kamu punya tipe colokan charger yang sama, bisa kamu pakai sementara buat ngecas. Ya walaupun ini tidak direkomendasikan juga ya.

Pengalaman ini pernah saya alami dimana charger laptop HP Chromebook 11 G8 milik saya ketinggalan di kantor dan kebetulan juga baterai laptopnya sudah tersisa 10% saja. Kebetulan juga, saya pengguna Xiaomi Redmi 9 yang sudah menggunakan USB-C jadi saya coba pakai buat ngecas.

Memang bisa?

Bisa kok...! Tapi, sekali lagi, cara ini bukanlah cara yang dianjurkan soalnya ada perbedaan voltage dan ampere nya. Penggunaan charger bukan aslinya atau tidak sesuai dengan voltage dan Ampere yang tidak sesuai dengan spesifikasinya dikhawatirkan bisa merusak Baterai laptop HP Chromebook 11 G8.

Otomatis, umur baterai bisa saja lebih cepat berkurang. Jaga-jaga aja biar baterai tetap awet meskipun tidak ada yang abadi di dunia ini😅.


Posting Komentar

0 Komentar