Tengok Keajaiban 'Bumbu Dapur' Berikut Ini

Tengok Keajaiban 'Bumbu Dapur' Berikut Ini - Kaum hawa—utamanya yang suka memasak—tentu sudah tidak asing dengan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, lada, dan lain sebagainya. 

Sebagian besar dari kita mengetahui bahwa bumbu-bumbu tersebut berperan sebagai penambah rasa agar makanan bisa terasa lezat ketika disantap. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya 'bumbu dapur' tersebut menyimpan keajaiban lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat bumbu dapur yang penting untuk kamu ketahui.

Bawang Putih. Photo by team voyas on Unsplash

Keajaiban Bawang Putih, Anggota Geng Bumbu dapur yang sering kita jumpai.

Tanaman bernama latin Allium Sativum ini sering kali disebut sebagai 'umbi seribu khasiat'. Hal ini karen, bawang putih tidak hanya memberikan rasa dan harum yang khas, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Bahkan, khasiat bawang putih ini telah diketahui sejak tahun 335 SM ketika cendekiawan Yunani Aristoteles menguji bawang ini untuk dijadikan bahan pengobatan. 

Orang-orang Mesir kuno pun telah memberikan bawang putih kepada para pekerja yang membangun piramida, agar mereka tetap sehat dan kuat. Begitu pun dengan orang Rusia, yang menjadikan bawang putih sebagai penisilin Rusia.

Menurut penelitian, dalam kandungan bawang putih terdapat senyawa Alisin yang berkhasiat untuk mengurangi tekanan darah tinggi, gejala diabetes, serta menghancurkan pembekuan darah dalam arteri. 

Senyawa lain yang bernama Alil juga berkhasiat untuk memerangi penyakit-penyakit degeneratif dan membantu mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru. Karenanya, bawang putih juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan juga proses penuaan.

Bawang Merah. Photo by Benjamin Trösch on Unsplash

Keajaiban berikutnya ada di Bawang Merah

Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan di India, bawang merah akan mempengaruhi metabolisme gula dalam hati atau metabolisme pelepasan insulin dan dapat mencegah kerusakannya. 

Karenanya, bawang merah diyakini mampu menurunkan gula dan lemak darah.

Selain itu, bawang merah juga diyakini bermanfaat untuk mengobati masuk angin, sembelit, dan cacingan. Meski memang, jika dikonsumsi secara berlebihan bawang merah juga memiliki efek samping, seperti pusing dan migrain. 

Hal ini karena bawang ini mengandung kelembapan yang sangat tinggi.


Kemiri. Photo by Monika Grabkowska on Unsplash

Kemiri juga punya keajaiban lho, simak ya.

Tak bisa dimungkiri, kinclongnya Indonesia juga terwujud dalam keragaman rempah-rempah yang dimilikinya. 

Salah satu di antaranya adalah kemiri, anggota geng bumbu dapur yang merupakan pohon rempah asal Maluku.

Keajaiban anggota bumbu dapur yang dimiliki oleh kemiri selain bisa menghitamkan rambut, ternyata kemiri juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Di antaranya mengatasi buang air besar yang bernanah dan berdarah, menyembuhkan diare, serta mengurangi rasa sakit gigi. Cara membuat resepnya pun sangat mudah, cukup dengan menumbuk batang kemiri dan merebusnya.

Ketumbar. Photo by Mockupo on Unsplash

Ketumbar

Berbagai jenis masakan nusantara kerap menggunakan rempah yang satu ini untuk memberikan aroma masakan yang lebih nyata. 

Dan tahukah kamu bahwa sebenarnya bumbu dapur yang satu ini memiliki khasiat yang beragam, baik dari biji, daun, maupun buahnya.


Manfaat lain dari ketumbar di antaranya memperlancar pencernaan, peluruh ASI, penambah nafsu makan, serta meredakan beberapa gejala penyakit. 

Penyakit tersebut di antaranya seperti wasir, flu, radang lambung, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

Untuk pengobatan luar, ketumbar bisa dihaluskan dengan campuran air untuk kemudian ditempelkan pada bagian yang terasa sakit. 

Sementara untuk pengobatan dalam, ketumbar harus direbus, hingga air rebusannya bisa disaring dan diminum secara rutin. Cara lain, ketumbar juga bisa disangrai, ditumbuk, dan diseduh dengan air.


Pohon Lada/Merica. Photo by Ramshik Raz on Unsplash

Lada, atau biasa di kenal dengan sebutan merica.

Dalam ranah bumbu dapur, lada biasanya digunakan untuk memberikan sensasi pedas pada makanan. Namun, lebih dari itu, lada juga bermanfaat untuk melancarkan menstruasi, meredakan serangan asma, mengatasi perut kembung, meringankan gejala rematik, serta menyembuhkan sakit kepala.

Coba tebak, yang mana Kapulaga? Photo by VD Photography on Unsplash


Kapulaga

Kapulaga yang ditumbuk halus bersama air ternyata bisa digunakan sebagai obat gosok untuk meredakan encok. Ekstrak dari kapulaga juga diyakini bisa mengobati flu dan demam. Hal ini karena kandungan atsiri yang ada di dalamnya berkhasiat untuk mengencerkan dahak, menghangatkan, membersihkan darah, serta menghilangkan rasa sakit.

Untuk penggunaan, kapulaga bisa direbus, disaring, dan diminum. Atau, jika untuk meredakan batuk buah kapulaga bisa langsung dimakan.

Wah... Ternyata bumbu dapur tersebut tidak sesederhana yang kita lihat selama ini, ya. Yuk, mulai sekarang raih manfaat tersebut demi tubuh yang lebih sehat.


Sumber

Aqila smart. 2015. Sehat dan Awet Muda dengan Metode Tradisional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Posting Komentar

0 Komentar