Investasi Logam Mulia, Peluang untuk Keuntungan yang Aman

Investasi Logam Mulia. Foto Unsplash

Investasi logam mulia jadi pilihan investor yang ingin memperoleh profit aman. Apa saja keuntungannya?


Investasi logam mulia khususnya emas, menjadi pilihan aman bagi investor yang kurang suka risiko tinggi. Saat ini, Anda bisa memilih untuk berinvestasi emas secara offline maupun online.

Apa saja keuntungan dari investasi emas ini?

1. Sifatnya Likuid

Keuntungan pertama yang jadi alasan bagi banyak investor memilih emas adalah sifatnya yang likuid atau mudah dicairkan. Berbeda dengan investasi lain yang mungkin perlu waktu untuk menjual atau mencairkan, emas sangat mudah diuangkan.


Anda bisa menjual kapan saja dan memperoleh uang tunai secepatnya.

2. Bebas Pajak

Ada beberapa jenis investasi yang keuntungannya dikenakan pajak sehingga nominal akhir tidak sama dengan awalnya.

Ini berbeda dengan investasi logam mulia yang tidak akan dikenakan pajak saat pencairannya. Jadi, nilai akhir investasi ini akan sesuai dengan nilai jual yang ada di pasaran. Anda tidak perlu takut nilai emas terpotong pajak.

3. Proteksi untuk Nilai Kekayaan

Nilai emas cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, meskipun angkanya terkadang tidak terlalu jauh. 

Namun, jika Anda memilih investasi emas untuk jangka panjang, ini bisa memberikan proteksi bagi nilai kekayaan.


Faktanya, perbedaan harga emas hari ini dengan 10 atau 20 tahun lalu sangatlah jauh. Anda jelas mendapatkan keuntungan yang aman dan besar dari investasi emas jangka panjang.

4. Tidak Perlu Nominal Besar

Beberapa instrumen investasi punya minimal setoran atau deposit untuk memulai. Ini berbeda dengan emas yang bisa Anda investasikan secara online dan offline.

Investasi emas offline dapat dilakukan dengan membeli emas batangan atau perhiasan. Nilainya juga disesuaikan dari 0.01 gram untuk pembeliannya.

Sementara itu, investasi emas daring bisa Anda lakukan dengan lebih fleksibel. Nilai minimal pembeliannya mulai dari Rp10.000 saja.

5. Alat Tukar Mata Uang

Logam mulia khususnya emas adalah salah satu alat tukar di masa lalu. Meski saat ini sudah ada mata uang untuk setiap negara di dunia, emas masih punya status sebagai alat tukar.

Apalagi jika kondisinya sedang terjadi krisis ekonomi dunia. Anda bisa memanfaatkan emas sebagai alat tukar.

6. Cocok untuk Diversifikasi Portofolio

Salah satu cara terbaik untuk meminimalisir risiko kerugian saat berinvestasi adalah dengan diversifikasi. Artinya, Anda berinvestasi pada lebih dari satu instrumen keuangan.

Emas jadi pilihan instrumen yang sangat aman untuk diversifikasi. Ini karena harga emas cenderung naik dari waktu ke waktu. Meskipun ada penurunan harga dalam tentang waktu pendek, tetapi perbedaannya tidak signifikan sehingga risiko kerugian kecil.

7. Dana Darurat atau Pensiun

Dana darurat adalah sesuatu yang harus Anda miliki. Sifatnya adalah mudah diambil, digunakan, atau dicairkan. Daripada menyimpan dana darurat sebagai tabungan yang terpotong biaya administrasi dan lainnya, Anda bisa menyimpannya dalam bentuk emas.

Sewaktu-waktu kebutuhan darurat terjadi, Anda hanya perlu menjualnya dan akan dapat nominal sesuai harga jual di hari yang sama. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan simpanan emas sebagai persiapan dana pensiun.

Masa pensiun yang berlangsung dari usia 60 tahun ke atas membuat emas jadi alternatif yang aman jika Anda mulai saat masih muda. Nilai emas yang cenderung naik akan membuat nilai simpanan Anda makin besar nantinya.

Tips Investasi Logam Mulia (Emas)

Jika ingin mendapatkan 7 keuntungan dari investasi emas di atas, Anda bisa memulainya dari sekarang. Tersedia pilihan untuk investasi secara online maupun offline yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Lalu apa saja tips menginvestasikan dana Anda dalam bentuk emas ini?

Pilih Platform yang Tepat untuk Investasi Online

Saat ini ada banyak platform yang menyediakan layanan investasi emas online. Pilihlah platform dengan biaya paling rendah dan spread paling tinggi agar keuntungan maksimal.

1. Emas Batangan

Ketika ingin menyimpan secara langsung, emas batangan bisa jadi pilihan. Emas jenis ini punya sertifikat pembelian dan harganya lebih tinggi dari perhiasan. Anda juga bisa melakukan pembelian mulai dari 0.01 gram.

2. Investasi Jangka Panjang

Anda bisa mengoptimalkan semua keuntungan dari investasi emas ketika menggunakannya untuk investasi jangka panjang. Nilai emas dipastikan akan selalu naik jika rentang waktunya panjang.

Proses jual beli dalam jangka waktu pendek, cenderung membuat Anda merugi sedikit atau untung pun tidak terlalu banyak.

Dari ulasan di atas, kini Anda memahami kenapa investasi logam mulia khususnya emas sangat aman dan menjanjikan, bukan? Yuk, mulai investasi Anda dari sekarang!


-=0=-
Sumber:
https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/investasi-emas-apa-kelebihan-jenis-investasi-ini
https://www.tanamduit.com/belajar/emas/peluang-investasi-emas
https://www.cermati.com/artikel/investasi-emas-apa-kelebihan-dan-kekurangannya

Posting Komentar

0 Komentar