Mulai Sekarang Rajin-rajin Makan Kacang Hijau, Manfaatnya Bikin Kamu Geleng Kepala

Mulai Sekarang Rajin-rajin Makan Kacang Hijau, Manfaatnya Bikin Kamu Geleng Kepala.

Kacang hijau sejatinya salah satu tumbuhan palawija yang hidupnya cuman ada di belahan bumi beriklim tropis. 

Jadi, kita yang tinggal di daerah iklim tropis ini musti banyak-banyak bersyukur ni gaes, karena kebutuhan kita selalu tersedia dibanding dengan mereka yang berada di iklim dingin.

Kacang Hijau. Photo by David Gabrielyan on Unsplash

Terlebih jika kamu tahu info seputar gizi yang terkandung dalam biji kacang hijau ini. Langsung deh auto pengeng rajin-rajin makan kacang hijua yang segudang manfaatnya bisa bikin kamu geleng-geleng kepala.

Jangan ditunda-tunda lagi, mulai sekarang rajin-rajin deh konsumsi kacang hijau biar nggak nyesel di kemudian hari.

Bagi yang belum tahu banyak siapa Kacang Hijau ini, kamu bisa lanjutin baca info ini sampai tuntas ya.

Dilansir dari Wikipedia, Kacang hijau merupakan salah satu jenis tanaman palawija yang dikenal luas di daerah tropika.

Kacang hijau termasuk dalam suku polong-polongan lho, ternyata. Dan di Indonesia, Kacang Hijau berada di urutan ke 3 terpenting sebagai tanaman pangen legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

Gimana nggak jadi urutan ke 3 coba, di setiap daerah sering kita jumpai kedai bubur kacang hijau. Jajanan pun ada juga yang disisipi kacang hijau, bahkan untuk bayi juga dapat kita jumpai bubur bayi instan yang mengandung sari kacang hijau.

Lantas, kenapa sih mulai sekarang musti rajin-rajin makan kacang hijau?



Yuk Simak.

Melansir dari katadata.co.id (09/21), Kandungan Kacang Hijau mentah per 100 gram-nya terdiri dari
  • Kalori
  • Lemak Jenuh
  • Lemak Tak Jenuh
  • Kolesterol
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat total
  • Serat Makanan
  • Proten
  • Vitamin A
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Vitamin D
  • Vitamin C
  • Besi
  • Vitamin B6
  • Vitamin B2
  • Vitamin B1
  • Flavanoid
  • Karotenoid
  • Magnesium
  • Mangan
  • Asam Folat
Wuihhh, Banyaknya kandungan gizi yang ada dalam kacang hijau ini yah. Makanya jangan tunda-tunda lagi, sering-sering deh konsumsi Kacang Hijau ini.

Manfaat bagi bumil.

Ilustrasi Ibu Hamil. Photo by 🇸🇮 Janko Ferlič on Unsplash

Kacang hijau selain enak dimakan ternyata sangat bermanfaat bagi kamu yang lagi hamil ya Ladies...

Pasalnya, kandungan nutrisi asam folat yang ada pada Kacang Hijau ini sangat baik bagi si jabang bayi. Asam Folat ini bermanfaat sekali selama kehamilan dan menyusui. 

Pas lagi hamil, Para bumil ini butuh asam folat untuk melindungi janin selama dalam masa kehamilan karena dapat menghindarkan si jabang bayi dari resiko cacat saraf.


Bukan cuma menghindarkan atau mencegah anak dari resiko cacat saraf sejak dari orok saja. Kandungan asam folat ini bisa meningkatkan fungsi otak serta kecerdasan bayi sejak dari dalam kandungan.

Selama proses kehamilan, Bumil berat badannya akan terus bertambah. Tentu, butuh tulang yang kuat dan kokoh untuk segala aktifitasnya dan tak dipungkiri, Janin juga membutuhkan asupan kalsium untuk pertumbuhannya. Jadi, seperti rincian kandungan kacang hijau yang tertera di atas, mengkonsumsi kacang hijau adalah suatu keharusan, bisa dibilang Wajib. tentu jika kamu ingin semuanya baik-baik saja.

Pasca Melahirkan, Mantan bumil (maksudnya ibu-ibu yang sudah melahirkan) butuh asupan makanan yang cukup untuk memproduksi asi. Dan, nggak usah geleng-geleng kepala ya para Bapak untuk solusi lancar asi, cukup dengan konsumsi daun katuk dan tambahkan pula sering-sering makan Kacang ijo baik di jus, atau dibikin bubur, dijamin asi lancarrrr.

Si Anemia, bisa bernafas lega cukup dengan konsumsi Kacang Hijau.

Anemia jangan dianggap sepele karena bisa mengganggu aktifitas kamu. Bosmu bisa-bisa marah kalau kamu lagi-lagi terlihat lemah, letih, lesu dan mudah lelah. 


Zat besi bisa didapat dari bayam, kangkung, katuk dan lainnya tapi tidak ada yang segurih Kacang Hijau.

Dengan sering nongkrong ke kedai bubur kacang ijo, zat besi yang dibutuhkan oleh sel darah merah bisa tercukupi. Ingat ya, Zat Besi ini sangat dibutuhkan oleh sel dara merah supaya dia bisa membentuk hemoglobin.

Yuk buka kembali pelajaran Biologinya. Hemoglobin adalah protein khusus pada sel darah merah yang membuatnya mampu mengikat oksigen di paru-paru untuk disebar luaskan ke seluruh tubuh Klepusher. 

Jadi, paham kan kenapa kamu mesti sering-sering konsumsi Kacang Hijau.

Si Susah BAB dapat salam damai dari Kacang Hijau.

Ingat ya, kenapa artikel ini berjudul "Mulai Sekarang Rajin-rajin Makan Kacang Hijau, Manfaatnya Bikin Kamu Geleng Kepala", Maksudnya ya ini.

Selain dapat memperlancar BAB, kandungan serat yang ada dalam Kacang hijau juga dapat mengatur fungsi pencernaan. Yaitu dengan meningkatkan pergerakan usus dan mengurangi tekanan pada dinding usus.

Coba scroll kembali ke atas dan lihat daftar kandungan gizi yang ada pada simungil hijau ini. 

Sebenarnya data yang ditampilkan oleh wikipedia, dalam 100 gram kacang hijau ini terdapat 16 gram serat. Jadi, bagi Klepusher yang nggak suka sayur-sayuran, kebutuhan akan serat dapat terpenuhi dengan rajin-rajin konsumsi kacang hijau. 

Nah, Si Susah BAB dapat salam damai nih dari Kacang Hijau. Makanya, yuk, sering-sering konsumsi Kacang Hijau untuk menyehatkan pencernaanmu dan masalah BAB minggat.

Masa Pandemi tetap tangguh karena tingkatkan imun tubuh.

Ilustrasi Pandemi tetap Tangguh. Photo by Anastase Maragos on Unsplash



2 masa yang mengkhawatirkan bagi kita adalah Masa Pandemi dan Masa Pancaroba

Jika tidak ditanggapi dengan serius, tubuh Klepusher bisa tumbang.

Kamu nggak mau kan kalau nasibmu seperti tetangga yang harus susah payah karena harus di karantina. 

Nah, Kacang hijau mengandung zat antioksidan. Ini berperan penting dalam proses peningkatan kekebalan tubuh. Jadi, untuk yang ke sekian kali, Sparklepush ingatkan, sering-sering makan kacang hijau.

Menangkal radikal bebas itu penting. Karena dari radikal bebas bisa memicu berbagai penyakit yang tidak diinginkan.

Segudang manfaat Kacang Hijau emang bikin kita geleng kepala, betapa simungil ini tercipta untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kita sebagai warga +62 tentunya musti banyak bersyukur karena kita tinggal di daerah yang mudah untuk ditanami Kacang Hijau.

Posting Komentar

0 Komentar