Posisi menentukan prestasi (penjualan)

Foto A. Penataan produk 

Foto B. Penataan produk 

Dua foto diatas sebenarnya diambil dari tempat yang sama. Juga, dengan kamera yang sama. 

Kamera yang digunakan adalah kamera murah meriah dengan jenis kamera saku atau dengan kata lain kamera poin and shoot, Sony DSC-W830.

Artikel dengan judul Posisi menentukan prestasi (penjualan) ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi dalam mengelola usaha bidang swalayan atau akhir-akhir ini lebih trendy disebut minimarket.

Mengapa posisi menentukan prestasinya penjualan?

Karena penempatan produk yg tidak strategis tidak akan mengubah angka penjualan secara signifikan.

Nah, jika anda termasuk pemula yg masih awam dalam hal teknik display maka perlu menambah wawasan ini. 

Vertikal Display
Kenapa disebut dengan Vertikal Display? 

Vertikal display berarti pemajangan barang dagangan disusun secara vertikal ke atas. Gaya pemajangan seperti ini dapat dilakukan dengan rak gondola wall/island. Aturan display macam ini adalah: 

a) barang yang disusun merupakan satu jenis yang sama kategorinya namun dengan ukuran kemasan berbeda; 

b) Jika sudah disusun sesuai jenis yang sama maka produk dengan ukuran kemasan besar dipajang pada posisi yang paling bawah, sementara yang terkecil ada dipaling atas. 

c) jika a dan b sudah dilaksanakan, berimprovisasilah dengan warna. Susunlah warna seindah mungkin agar menarik pelanggan.

Floor Display 
Merupakan salah satu teknik pemajangan produk di minimarket atau supermarket adalah pemajangan yang disebut dengan teknik Floor Display.

Mudah saja, barang barang ini biasanya berukuran besar dan berat serta pembeliannya dalam satun in carton atau tidak dijual secara ecer.

Barang yang cocok untuk dipajang secara floor display contohnya produk-produk air mineral, minuman cup dan yang lainnya. Selain barang - barang tersebut, produk-produk sesional juga bisa menggunakan metode floor display untuk menarik perhatian pengunjung serta memudahkan pengunjung dalam memilih produk terbaik.

Posting Komentar

0 Komentar