18 Tempat Menarik dan Terpopuler Di Blora

18 Tempat Menarik dan Terpopuler Di Blora - Ngubek-ubek Provinsi Jawa Tengah nggak lengkap rasanya kalau belum menyambangi Kabupaten Blora. Kabupaten yang letaknya berbatasan dengan Jawa Timur ini populer juga sebagai penghasil kayu jati lantaran hutannya yang didominasi oleh pohon jati.

Sekilas tentang Kabupaten Blora.

Kabupaten yang memiliki luas 1.820,59 km² itu memiliki komposisi susunan tanah 56% gromosol, 39% mediteran, dan 5% alluvial. Tanah gromosol cocok untuk pertanian karena berlempung, demikian pula tanah alluvial yang merupakan hasil pengendapan aliran sungai. Berbeda dengan tanah mediteran atau tanah kapur yang tidak subur dan bukan tanah yang baik untuk mengikat air tanah. Keberadaan tanah mediteran yang mencapai 39% luas wilayah menjadikan wilayah Blora adalah wilayah yang rawan terhadap kekeringan. Itulah sebabnya Kabupaten Blora juga dikenal sebagai daerah sulit air. [1]

Meskipun dikenal sebagai daerah yang memiliki tingkat kesulitan air cukup tinggi namun bukan berarti Kabupaten Blora tidak memiliki potensi sama sekali.

Kabupaten Blora dikenal sebagai daerah penghasil kayu Jati dan juga penghasil minyak bumi. Hutan jati di Kabupaten Blora sangat luas dan produktif sedangkan minyak bumi berada di daerah cepu yang cadangan minyaknya diperkirakan mencapai 250 juta barel minyak bumi yang pada tahun 1899 sudah dilakukan ekploitasi.

Nah, bukan sparklepush.com namanya kalau tidak mengulas tentang informasi kinclongnya Indonesia dan kali ini mari kita simak 18 tempat menarik dan terpopuler di Kabupaten Blora.

1. Taman Sarbini Water Splash

Taman Sarbini Water Splash dikenal sebagai Tempat Menarik dan Terpopuler Di Blora, favoritnya warga Blora, Pati, Rembang, Bojonegoro dan daerah lain di sektiranya dalam urusan perpiknikan.

18 Tempat Menarik dan Terpopuler Di Blora
Taman Sarbini Watersplash Blora tempat ngumpulnya masyarakat Blora dan sekitarnya untuk piknik keluarga. Paling asyi jadi tempat bermain anak-anak. Image by instagram @leli.almaas.althaf

Di tempat wisata ini para pengunjung bisa menikmati kereta mini, becak air, bianglala, otoped, komidi putar, istana balon, bioskop tiga dimensi, bumper boat, kereta wisata, mobil bertenaga baterai, lokasi outbound untuk anak dan pengunjung juga bisa menikmati water splash atau istilah umumnya water bluster yang bisa menyegarkan otak dan kondisi kesehatan fisik para pengunjung.

2. Patung Kuda Ronggolawe

Tempat Menarik dan Terpopuler Di Blora berikutnya yaitu Patung Kuda Ronggolawe disebut-sebut juga dengan nama Monumen Ronggolawe. Monumen yang berbentuk patung kuda jingkrak ini berada di Jalan RSU Timur Taman Seribu Lampu, Kelurahan Balun, Kecamatan Cepu.

18 Tempat Menarik dan Terpopuler Di Blora
Patung Kuda Ronggolawe adalah sebuah monumen untuk mengenang anggota pasukan Brigade Ronggolawe di tahun 1984. Image by Suaramerdeka.com


Ini hanya patung kuda jingkrak lho, apa menariknya?

Pertanyaannya "Apa yang menjadi daya tarik patung kuda jingkrak Ronggolawe ini?"

Jawabannya adalah untuk mengenang perjuangan Pasukan Brigade Ronggolawe yang berjuang pada tahun 1948 di wilayah Cepu. So, bagi kamu yang ingin ber-traveling sambil menambah wawasan sejarah, tempat ini wajib kamu samperin lebih dulu dibandingkan dengan 17 tempat menarik dan terpopuler di Kabupaten Blora yang lainnya.

Sebenarnya Tempat wisata No. 16 juga cocok bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat menarik dan terpopuler di Kabupaten Blora dengan prioritas nilai sejarahnya.

Sayangnya jika kamu berencana datang ke Patung Kuda Monumen Ronggolawe sekarang bakalan kesulitan karena tempat wisata ini sudah dipugar dan diganti dengan patung Arjuna.

Menurut kabar akan di pindahkan ke kawasan Kampus II STTP Cepu, sementara bangunan akan diganti dengan patung Arjuna Wiwaha [2]. Jika  Patung Arjuna Wiwaha selesai digarap, tidak menutup kemungkinan pula jika tempat ini menjadi destinasi tempat wisata terbaru di Blora.

3. Kampung Bluron.

Kampung Bluron merupakan sebuah area wisata yang Tempatnya Menarik dan Terpopuler Di Blora terkenal juga di Kabupaten Blora. Sayang, juga jika kamu sudah jauh-jauh datang kesini tapi tidak mampir ke tempat wisata Kampung Bluron.

Kampung Bluron menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk berpiknik bersama keluarga. Image by infoblora.com

Tempat wisata Kampung Bluron berada di area Waduk Tempuran jadi jika kamu menuju ke tempat wisata Kampung Bluron ini kamu juga sekaligus berkunjung ke destinasi tempat wisata pada No. 4 yaitu tempat wisata Waduk Tempuran.

Nama Kampung Bluron bukan berarti tempat wisata air ini berada di desa Bluron. Kata "Bluron" berarti bermain di kali atau mandi di kali. Jadi pas banget kan kalau tempat wisata ini dinamai Kampung Bluron yang bila ditafsirkan tempat ngumpulnya orang mandi atau bermain air, begitulah kira-kira.

Destinasi Tempat Wisata Kampung Bluron ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap diantaranya, mushola, Toilet, Lahan Parkir dan ada juga penginapannya.

4. Wisata Waduk Tempuran

Jika kamu sudah bosan berlama-lama ria basah-basahan di Tempat Wisata Air Kampung Bluron lanjutkan saja dengan melihat pemandangan Waduk Tempuran.

Atlit Cabang Olahraga Dayung yang sedang berlatih dan mengasah kemampuan di Waduk Tempuran Blora. Image by Infoblora.com

Waduk Tempuran yang sebenarnya adalah waduk ini terkadang dimanfaatkan pula oleh warga setempat untuk dijadikan tempat wisata alternatif.

Bagi kamu yang doyan traveling, tentunya tempat wisata ini nggak boleh dilewatkan begitu saja.

Nopo, leh? (Logat bahasa Blora untuk menanyakan "Loh, kenapa?")

Ditempat inilah atlit dayung daerah dan nasional dilatih. Jadi, datanglah pada moment menjelang pekan olahraga jika kamu ingin melihat para atlit dayung berlatih.

Dan inilah (tempat berlatih atlit dayung) yang menjadikan Waduk Tempuran merupakan tempat menarik untuk dikunjungi dan juga dijadikan destinasi tempat wisata kamu berikutnya menurut versi sparklepush.com.

5. Gunung Cengklik

Gunung Cengklik merupakan salah satu tempat wisata menarik dan populer di Blora. Tempat yang memberikan pemandangan antara Gunung Muria dan Gunung Lawu ini adalah daya tariknya. Banyak muda-mudi berkelompok berkunjung kemari.

Gunung Cengklik Tempat Menarik dan Terpopuler di Blora dari segi fasilitas seperti gardu pandang, Rumah Pohon, panorama, sunrise dan sunset yang kecenya alami bingit. Image by instagram @kendengadvntr

Selain pemandangan alam apa sajakah yang membuat Gunung Cengklik Blora ini menjadi hits di kalangan muda-mudi Blora dan sekitarnnya?

Tentu saja tempat selfienya yang keren abis.

“Ke-keren-abis-an” Gunung Cengklik ini adalah disediakannya tempat untuk berswa foto bagi kalangan muda-mudi atau umumnya bagi para pengunjung Gunung Cengklik ini.

Tahukah kamu bahwa keindahan yang merias Gunung Cengklik ijabahi oleh inspirasi pemuda desa Bicak Todanan Blora ini!

Ya, para emuda desalah yang bersama-sama membuat beberapa gazebo, gardu pandang dan rumah pohon yang indah dan top banget buat menyalurkan hobby selfiemu disini. Jadi, berterimakasihlah kepada para pemuda desa Bicak yang telah menjadikan Gunung Cengklik ini “sasaran” untuk berfoto ria sambil menikmati pemandangan sunset ataupun sunrise.

Nah, jika kamu tertarik berkunjung ke Gunung Cengklik yang terkenal dan menarik ini kamu bisa g ke desa Bicak yang berada di Kecamatan Todanan Blora.

Tidak ada tiket untuk memasuki area Gunung Cengklik ini. Kamu hanya perlu membayar Rp. 3000 saja untuk biaya penitipan kendaraan. Kan nggak mungkin pula kamu kegunung naik motor karena Gunung Cengklik tak seperti Gunung-gunung yang lain, Gunung Bromo misalnya.

Tempat selfie dengan berbagai macam bentuk gardu pandang, Gazebo, Rumah Pohon, Hamparan hijau hutan jati dan keindahan sunset serta sunrise di Gunung Cengklik inilah yang menjadikannya tempat menarik dan terpopuler di Blora menurut versi sparklepush.com

6. Goa Terawang

Jalan-jalan ke Kabupaten Blora belum disebut jalan-jalan beneran kalau belum berkunjung ke Goa Terawang.

Lho Kenapa?

Karena Goa Terawang ini juga termasuk tempat menarik dan terpopuler di Blora juga. Bahkan masuk ke deretan teratas tempat wisata alam di Blora.

Nah, lucu juga kan kalau kamu traveling kesini (Kabupaten Blora) tapi nggak dapet foto selfie di Goa Terawang yang Indah dan Blora banget ini….!

Jadi, siapkan segala sesuatunya mulai dari GPS, Powerbank, Hape yang baterainya full dan segala pernak-perniknya untuk keperluan foto-foto di Goa Terawang ini.

Nah, berikut ini kompilasi foto-foto menarik di Instagram yang bikin kamu jadi yakin banget kalo Ke Blora nggak afdol kalau nggak ke Goa Terawang.

Goa Terawang. Foto @avif_yulia

Goa Terawang. Foto @muchtar_wachid

Goa Terawang. Foto @navy_pattiruhu

Goa Terawang. Foto @otessss

Nah, itulah beberapa foto keren yang menggambarkan betapa ciamiknya pesona Goa Terawang Blora yang bakalan bikin kamu nyesel seumur hidup jika kamu datang ke Blora dan belum berkunjung ke Goa Terawang.

7. Replika Fosil Gajah Purba Blora

Jika sudah jalan jalan ke Gunung dan basah-basahan di Kampung Bluron atau di Taman Sarbini Water Splash yang berikutnya perlu kamu datengi adalah alun-alunnya.

Replika Gajah Purba Tempat Menarik dan Terpopuler di Blora
Patung Replika Gajah Purba ini menghiasi alun-alun Kota Blora dan terletak di sebelah utara alun-alun.

Alun-alun Kota Blora ini memiliki keunikan yang tersendiri alias spesial.

Apanya yang spesial?

Yang spesial adalah adanya patung replika gajah purba. Replika fosil gajah purba ini berada di sebelah utaranya Alun-Alun Kota Blora. Sayangnya pada waktu kami berkunjung ke Patung Replika Gajah Purba ini sudah ditutup karena sudah malam. Biasanya ruang pajangan replika fosil gajah purba ini dibuka pada jam-jam kerja.

Ada apa aja sih didalam museum mini ini?

Yang jelas ada replika fosil Gajah Purba nya dan segenap pernak pernik dan info-info menarik seputar Gajah Purba.

Nah, jangan lupa mampir ke museum mini ini yah untuk menambah wawasan kamu.

8. Taman Tirtonadi

Nah, dari sekian banyaknya tempat wisata paling menarik dan terpopuler di Blora adalah Taman Tirtonadi.

Taman Tirtonadi. Foto dokumentasi sparklepush.com

Taman Tirtonadi merupakan tempat wisata di Blora yang menjadi tempat ngumpulnya keluarga disaat week end atau musim liburan.

Wow, Taman Tirtonadi sekarang sudah benar-benar berbenah yah. Nggak seperti dulu, sekarang makin kece abiz. Salah satu bukti yang bisa dirasakan adalah adalah adanya tulisan TIRTONADI REBORN. Gimana, terkesan lebih kekinian bukan?

Memang benar, ada beberapa yan berubah salah satunya tulisan "tirtonadi reborn" tadi dan beberapa penataan tempat yang kini semakin "eye catching". Jelas, kondisi ini berbeda jauh dengan 1 dekade sebelum kami berkunjung ke Taman Tirtonadi yang kini ada embel-embel "Reborn".

Fasilitas untuk nongkrong sekarang dimaksimakal. Penambahan kebun binatang mini sangat menarik perhatian pengunjung tentunya. Terlebih dengan ditambahkannya aneka burung langka yang kadang cuitannya menambah meriahnya suasana.

Taman Tirtonadi tetap menjaga keasliannya yaitu Kolam Renangnya yang khas walaupun sudah dibubuhi beberapa renovasi taman namun kolam renangnya masih tetap sama.

9. Embung Keruk

Selesai bersuka-ria di Taman Tirtonadi Reborn dan kamu masih ingin menjelajahi tempat menarik dan populer di Blora, Kamu bisa datang ke Embung Keruk.

Memancing ikan di Embung Keruk sore hari. Image: thepictaram.club by @wakhidomma

Embung keruk merupakan salah satu tempat yang asyik buat menghabiskan waktu luang seperti week end atau liburan. Utamanya bagi kamu yang doyan sama hobi mancing. Disinilah spot favoritnya mancing mania.

Sesuai dengan namanya, Embung Keruk mencerminkan daerah asalnya yaitu Desa Keruk. Desa Keruk sendiri berada di wilayah Randublatung yaitu salah satu kecamatan yang letaknya di bagian selatan Kabupaten Blora.

Seperti yang sparklepush.com sebutkan di atas. Destinasi tempat wisata Embung Keruk ini memang sangat cocok bagi kalian yang hobby mancing tapi kabarnya nggak cuma itu aja kok. Sekarang sudah ada perahu bebek yang bisa kamu pakai buat main-main diatas air bareng temen atau keluarga.

Banyak pengunjung yang menginginkan peningkatan fasilitas wisata disini. Jadi, Embung Keruk yang utamanya dipergunakan sebagai penampung air untuk irigasi pertanian justru sekarang bertambah fungsinya sebagai destinasi tempat wisata bagi warga Blora.




Gimana, mau coba berkunjung ke tempat menarik dan populer di blora yang kami sebut di nomor ke 9 ini?

10. Tugu Adipura Blora

Tempat Menarik dan Terpopuler Di Blora berikutnya adalah Tugu Adipura Blora yaitu sebuah tugu yang menjadi kebanggaan masyarakat Blora berkaitan dengan kebersihan. Letak Tugu Adipura yang menjadi tempat menarik dan terpopuler di Blora ini berada di Jl. Jend. A Yani, Karangjati, Kec. Blora Kota, Kabupaten Blora.

Di tempat inilah kamu bisa berfoto-foto ria bareng temen-temen untuk mengabadikan moment bahwa Blora pernah meraih gelar Adipura dan ini memang bukan sekedar gelar semata. Kebersihan di kota Blora bisa dibilang sangat terjaga.

Sangkin bergengsinya penghargaan ini, dinas terkait kebersihan dan tata ruang dan lingkungan pun berambisi untuk mempertahankan gelar tersebut. Bukan suatu perkara yang mudah, memang! Tapi bukan berarti menyerah.

Kedisiplinan diri dalam membangun sebuah kota yang bersih memang tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Dan dengan kedatangan kamu ke Tugu Adipura yang menjadi tempat menarik dan populer di Blora ini diharapkan dapat memupuk kesadaran bagi traveler bahwa pentingnya menjaga polah hidup sehat dan bersih.

11. Loji Kluntung

12. Goa Sentono

13. Petilasan Aryo Penangsang

14. Kedung Londo

15. Kesongo

16. Keraton Jipang

17. Gunung Puteh Guo Telo

18. Goa Landak

[1] http://m.kompasiana.com/amin.laili/blora-negeri-kaya-tapi-termiskin_552a866ef17e610a1ad623dc

[2] http://radarkudus.jawapos.com/read/2017/02/22/3218/monumen-ronggolawe-diganti-patung-arjuna

Posting Komentar

0 Komentar