Kawah Putih Ciwidey: Memberikan Keindahan Alam Yang Serba Putih

Kawah Putih Ciwidey: Memberikan Keindahan Alam Yang Serba Putih - Destinasi Wisata Kawah Putih Ciwidey berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian lebih dari 2400 mdpl. Lokasinya adalah di Ciwidey, dekat dengan Bandung, Jawa Barat. Kawah Putih Ciwidey tak hanya sebagai tempat wisata, namun juga bisa dijadikan objek hunting foto, pengambilan gambar film, melukis, foto prawedding untuk pengantin, dll.


Jam Buka Kawah Putih Ciwidey


Destinasi Wisata Kawah Putih Ciwidey ini bisa Anda kunjungi setiap hari pada pukull 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Lebih baik berkunjung ketika pagi hari saja, saat matahari belum muncul dan di sekitar kawah sepi tak banyak wisatawan yang berkunjung kesana.


Fasilitas yang Diberikan Kawah Putih Ciwidey


Karena sudah diperbaiki, direnovasi, dan khusus dijadikan tempa wisata, maka sekarang Kawah Putih Ciwidey dilengkapi dengan fasilitas yang semestinya layaknya wisata lainnya.


Adapaun fasilitas tersebut adalah :




[caption id="attachment_1326" align="aligncenter" width="700"]Kawah Putih Ciwidey Pemandangan Indah Destinasi Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Jawa Barat. Image by: @barra_toshigawa[/caption]

  1. Area parkir yang sangat luas.

  2. Mushola untuk beribadah.

  3. Adanya transportasi dari gerbang depan hingga lokasi kawah, yaitu berupa ontang-anting.

  4. Pusat informasi terkait Kawah Putih Ciwidey.

  5. Tempat makan.

  6. Toilet yang banyak dan juga bersih.


Harga Tiket ke Destinasi Wisata Kawah Putih Ciwidey


Jika harga tiket di tempat wisata yang lain biasanya beda antara hari biasa dan hari libur atau weekend, namun untuk Destinasi Wisata Kawah Putih Ciwidey tak ada bedanya. Setiap hari harga tiketnya adalah 15 ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk harga parkir kendaraan adalah sebagai berikut :




  1. Ontang-anting                                : 13  ribu rupiah

  2. Parkir atas untuk mobil               : 150 ribu rupiah

  3. Parkir atas untuk motor              : 35 ribu rupiah

  4. Parkir bawah untuk mobil          : 6 ribu rupiah

  5. Parkir bawah untuk motor         : 5 ribu rupiah

  6. Parkir bawah untuk bus              : 25 ribu rupiah


Keterangan:


*Parkir atas adalah mengendarai kendaraan sampai di lokasi kawah.  Jadi, saat turun dari kendaraan, Anda bisa langsung melihat kawah, tidak perlu jalan lagi. Maka dari itu harganya jauh lebih mahal. Khusus untuk bus tidak bisa parkir di atas.


*Parkir bawah maksudnya adalah memarkir kendaraan Anda di depan gerbang, lalu masuk dengan menggunakan ontang-anting menuju ke lokasi kawah.


*Ontang-anting adalah kendaraan unik khas Kawah Putih Ciwidey yang bentuknya mirip mini bus yang sudah dimodifikasi jadi terbuka. Untuk kapasitas ontang-anting adalah 12 orang saja.


Tips Wisata ke Kawah Putih Ciwidey di Jawa Barat


Agar wisata Anda dan keluarga berjalan lancar dan menyenangkan, sebaiknya praktekkan beberapa tips berikut.




  1. Suhu di sekitar Kawah Putih Ciwidey yang dingin dan sejuk bukan berarti Anda akan terbebas dari sengatan sinar matahari, jadi sebaiknya gunakan sunblock atau payung ketika Anda akan berkeliling di sekitar Kawa Putih, terlebih ketika siang hari matahari terik pas di atas kepala.

  2. Jika Anda tak suka dengan bay sulfur atau belerang, maka bawalah masker wajah yang bisa menutupi hitung untuk menghindari bau tersebut. di sekitar lokasi pun banyak yang menjual masker ini.

  3. Jangan terlalu lama berada di kawah hingga berjam-jam, karena dapat membuat pernapasan Anda terganggu. Jika memang Anda senang sekali melihat pemandangan di sekitar kawah, maka untuk menyiasatinya adalah cobalah naik ke atas dulu, setelah beberapa menit Anda untuk menormalkan pernapasan, Anda bisa kembali ke bawah di sekitar kawah lagi.

  4. Jika rombongan Anda hanya beberapa orang saja, sebaiknya parkir kendaraan di depan gerbang saja. Lalu lanjutkan perjalanan menggunakan ontang-anting yang lebih murah. Selain itu, menggunakan ontang-anting Anda bisa melihat pemandangan hutan dan pegunungan dengan jelas.

Posting Komentar

0 Komentar