8 Tempat Wisata Alam di Aceh yang Wajib Masuk Daftar Kunjungan

Apakah anda sudah pernah ke Aceh Singkil?, iya, Aceh singkil merupakan kabupaten yang ada di provinsi Aceh. Daerah ini memiliki destinasi tempat wisata di Aceh yang luar biasa banyak, mulai dari tempat wisata religi di Aceh hingga tempat wisata air terjun di Aceh, semuanya merupakan destinasi tempat wisata yang recommended banget. Objek wisata yang ada di Aceh Singkil ini pun bukan pengecualian karena sama dengan tempat wisata di Aceh Besar, tempat wisata di Aceh Singkil ini memiliki potensi yang luar biasa, karena kekayaan alam dan pesona keindahannya yang memanjakan mata para wisatawan dan pecinta alam.


Selain itu, di Aceh Singkil juga terdapat wisata sejarah dan kehidupan sosial budaya masyarakat yang unik dan bisa menjadi wisata tersendiri. Berikut beberapa destinasi tempat wisata alam di Aceh Singkil yang bisa anda kunjungi:


Pulau Bangkaru


Pulau Bangkaru merupakan pulau yang berada di wilayah Aceh singkil. Lokasi pulau Bangkaru berada di kepulauan Bangkaru, kecamatan pulau Banyak. Jarak dari ibukota kabupaten sekitar 75 kilometer.


Prasarana menuju pulau bangkaru cukup baik, untuk menuju kesini anda cukup dengan menggunakan jasa penyeberangan kapal feri ataupun speed boat. Di pulau ini anda bisa bermain selancar, berenang dan snorkeling.


Daya tarik yang banyak memikat pengunjung selain pulau nya yang cantik, pulau Bangkaru juga merupakan pulau penangkaran bagi penyu hijau. Ketika anda mengunjungi tempat ini, setiap harinya anda dapat menyaksikan setidaknya 4 penyu yang sedang bertelur.


Di Pulau Bangkaru ini anda juga bisa berenang, berselancar dan snorkeling dengan nyaman. Jika tidak senang berbasah-basah ria, anda juga bisa duduk-duduk menikmati pinggir pantai Amandangan yang sangat indah. Tak heran jika Pulau Bangkaru ini sangat pas buat menikmati libur akhir pekan anda.


Pantai Cemara Indah


Pantai Cemara Indah merupakan tempat wisata di Aceh yang sangat indah, apalgi dengan hamparan pantai yang biru. Tempat Wisata Pantai ini berada di desa Gosong  Telaga, kecamatan Singkil Utara. Sekitar 5 kilometer jarak dari kecamatan dan sekitar 25 kilometer jarak dari ibukota. Nah, sebelum anda mengunjungi pantai ini, perhatikan terlebih dahulu persiapan untuk liburan ke pantai ya.


Selain pantai yang asri, beberapa fasilitas pendukung sudah mulai dibangun seperti gallery cafe, pondok santai, musholla, kamar mandi, dan banyak wahana permainan anak, sehingga sangat recommended untuk dijadikan tempat wisata atau piknik selama liburan. Sudah dipastikan tempat ini sangat recomended untuk liburan akhir pekan keluarga anda.


Selain itu, tahukah anda mengapa salah satu destinasi tempat wisata Aceh yang indah ini disebut dengan tempat wisata Pantai Cemara Indah? Ya, karena di pinggir-pinggir pantai ini, ada begitu banyak pohon cemara yang berbaris rapi dan sangat menyenangkan untuk dinikmati pemandangan tempat wisata pantai di Aceh ini. Pohon-pohon cemara ini menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk duduk-duduk di tikar sembari memakan bekal dan juga saling bercengkerama satu sama lain.


Taman Nasional Gunung Leuser


Jika anda berkunjung ke tempat wisata Aceh yang bernama Taman Nasional Gunung Leuser maka anda akan melihat bahwa hampir semua kawasannya ditutupi oleh lebatnya hutan Dipterocarpaceae dengan beberapa sungai dan air terjun. Di dalam kawasan tempat wisata Taman Nasional Gunung Leuser terdapat tumbuhan langka dan khas yaitu daun payung raksasa (Johannesteijsmannia altrifons) dan bunga Raflesia (raflesia atjehensis dan R.micropylora) serta Rhizanthes Zippelnii yang merupakan bunga terbesar dengan diameter 1,5 meter. Selain itu, banyak juga terdapat tumbuhan unik ara yang masuk dalam tipe tumbuhan pencekik.


Tempat wisata Taman Nasional Gunung Leuser merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan pantai dan hutan hujan tropika dataran rendah sampai pegunungan. Nah, lalu apa yang bisa anda lakukan di tempat wisata Taman Nasional Gunung Leuser? Banyak. Disini anda dapat melakukan:


Di tempat wisata Taman Nasional Gunung Leuser anda akan menemukan berbagai jenis fauna yang cukup langka di Indonesia. Di tempat wisata Taman Nasional Gunung Leuser anda dapat menemukan monyet dengan gaya rambut mohawk, maupun harimau.


Di tempat wisata Taman Nasional Gunung Leuser ada tempat yang sangat indah yang layak dinikmati, layaknya gua kelelawar, keindahan sawah, dan bentangan kebun karet. Anda dapat mengunjungi desa Ketambe, dimana disini anda dapat menikmati meluncur dengan ban di sungai Alas. Yang paling menantang adalah mendaki hingga ke Puncak Leuser. Untuk mencapai Puncak Leuser, dibutuhkan waktu hingga 14 hari lamanya. Nah, sebelum mendaki gunung Leuser ini, ada baiknya anda memperhatikan pantangan saat naik gunung terlebih dahulu.


Danau Tana Bara


Tempat Wisata Danau Tana Bara merupakan tempat wisata Danau yang terletak di Desa Tana Bara kecamatan Gunung Meriah. Lokasi destinasi Tempat wisata Danau Tana Bara berjarak sekitar 70 kilometer dari kabupaten dan sekira 15 kilometer dari kecamatan.


Jika anda berkunjung ke Tempat Wisata Danau Tana Bara, Fasilitas yang bisa anda nikmati berupa budidaya ikan kerambah air tawar dan kolam pancing. Anda bisa belajar tentang budidaya ikan air tawar dan anda juga bisa menyalurkan hobi memancing. wisata sambil menyalurkan hobi, menyenangkan bukan?


Selain itu, ketika anda akan berkunjung ke Tempat wisata danau Tana Bara, sebaiknya datanglah pada saat pagi hari. Karena pada saat pagi hari inilah justru keindahan alam yang langka dapat anda nikmati, anda akan dapat menikmati kabut putih yang berpadu dengan warna biru tua indah khas danau. Tempat Wisata Danau Tana Bara Aceh ini belum banyak dijamah orang dan juga dikelola dengan baik, sehingga anda akan menemukan segala ketenangan saat berada di tempat ini.


Danau Cingkam


Tempat wisata berikutnya adalah Tempat Wisata Alam Danau Cingkam. Danau ini terletak di desa Cingkam/solok kecamatan Gunung Meriah. Tempat Wisata Danau Cingkam ini hampir sama dengan Destinasi Tempat Wisata Danau Tana Bara. Jarak dengan ibukota kabupaten sekitar 80 kilometer sedangkan jarak dari kecamatan sekitar 20 kilometer.


Fasilitas yang sudah tersedia dalam kawasan danau ini adalah budidaya ikan air tawar, udang dan kolam pancing.


Jika anda berkunjung ke danau cingkam ini anda bisa memancing dan belajar tentang budidaya ikan air tawar dan udang.


Air Terjun Lae Gecih


Objek wisata Air terjun Lae Gecih terletak di desa Kuta Tinggi /lae gejih kecamatan Simpang Kanan. Jaraknya sekitar 90 kilomter jika anda datang dari arah ibu kota kabupaten dan hanya berjarak 20 kilometer dari kecamatan. Air terjun Lae Gecih ini dianggap sebagai salah satu air terjun di Indonesia dengan panorama yang luar biasa.


Ketika anda memutuskan untuk berpetualang ke Tempat Wisata Air Terjun Lae Gecih, hamparan alam khas pedesaan akan menyambut mata anda, berasa seperti pulang kampung halaman. Masyarakat sekitar kawasan air terjun ini mayoritas bertani dan mengembangkan budi daya ikan air tawar.


Karena tempat ini berada di Desa Lae Gecih, maka disepanjang perjalanan menuju air terjun ini anda akan menjumpai begitu banyak aktivitas penduduk yang sedang menggarap sawah dan juga para ibu-ibu yang sedang menjemur padi di depan rumah. Nah, saat hari biasa, para penduduk menjadikan air terjun Lae Gecih ini untuk mandi, karena memang airnya masih jernih dan belum banyak terjamah manusia.


Pulau Banyak


Destinasi tempat wisata alam di Aceh masih ada lagi nih, yang perlu anda tahu dan perlu anda kunjungi pula. Tempat Wisata Alam Pulau Banyak. Lokasinya erada di salah satu kecamatan di kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh. Di sini banyak pulau yang indah dan memukau mata anda. Mereka adalah gugusan pulau-pulau kecil dan besar, termasuk pulau Bengkaru, Pulau Tuangku, Pulau Palambak Besar dan Pulau Ujung Batu.


Anda bisa menikmati hamparan pasir dan semilir angin pulau yang menenangkan sambil menikmati gugusan pulau yang berjejer-jejer. Waktu yang direkomendasikan untuk berkunjung ke tempat ini adalah bulan Maret hingga Agustus, atau disaat musim kemarau sehingga anda bisa menikmati indahnya biru air laut sembari snorkeling, berenang, dan menjelajah laut dengan perahu.


Nggak bawa perahu? Ya mudah saja, anda dapat menjelajah laut dengan perahu sewaan untuk melalui pulau ini. Di Tempat Wisata Pulau Banyak ini, anda dapat menyewa perahu nelayan untuk mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar tempat wisata Pulau Banyak. Atau jika anda ingin pengalaman yang lebih seru, anda juga dapat mengikuti aktivitas menangkap ikan bersama sang nelayan.


Pulau Cemara Indah


Tempat Wisata Pulau Cemara Indah ini terletak di Desa Gosong Telaga, kecamatan Singkil Utara. Tempat wisata Pulau Cemara ini merupakan objek wisata dengan hamparan pantai biru dan indah yang cocok pula untuk dijadikan destinasi piknik, sedangkan pantainya bernama Pantai Cemara Indah Gostel.


Jaraknya bisa disambangi kira-kira 26 KM. Tempat Wisata Pulau Cemara Indah Desa Gosong Telaga ini sudah terdapat beberapa fasilitas yang tersedia berupa pondok santai, arena bermain anak-anak, pentas, musholla dan gallery foto. Jadi sangat cocok untuk destinasi liburan keluarga anda.


Pemberian nama tempat wisata pulau cemara ini karena banyaknya populasi pohon cemara yang ada di sekitar pantai. Pohon-pohon cemara yang berbaris rapi dan menghadirkan hawa sejuk ini akan memberikan suasana piknik yang istimewa bagi para wisatawan. Penggila selfie dapat mengekspresikan action mereka di depan kamera dengan background pasir-pasir di pantai ini yang begitu putih dan bersih. Inilah salah satu pemandangan indah terbaik di Dunia.

Posting Komentar

0 Komentar