Makanan Enak Yang Bikin Badan Kamu Jadi nggak Enak

Namanya makanan, mestinya sesuatu yang enak dimakan.

Kira-kira begitulah menurut hemat saya.

Kalo dibahas secara islami, orang muslim punya aturan tambahan karena bukan sekedar enak dimakan tapi harus memenuhi standar halalan thoyyiban

Coba deh, kamu googling aja. 

Kalo nasi grombyang khas pemalang yang kemarin saya bahas disini menurut saya enak dan nggak bikin badan nggak enak,

Tapi...

Bisa jadi lain cerita bagi penderita penyakit yang salah satu anjuran dokternya dilarang makan jeroan (babat)

Nah, inilah yang saya maksud dengan Makanan Enak Yang Bikin Badan Kamu Jadi nggak Enak.

Faktor U, (maksud saya, Umur) kadang jadi patokan. Walaupun bukan patokan standar.

Namun kadangkala kita perlu waspada dengan pola makan dan bertambahnya usia.

Jika tidak demikian maka resiko akan semakin meningkat.

Atas dasar itulah kali ini saya sharing informasi kesehatan dengan judul Makanan Enak Yang Bikin Badan Kamu Nggak Enak.

Tujuannya supaya kita lebih berhati-hati dengan makanan yang akan kita konsumsi dan sudah barang tentu sebagai pengingat bahwa menjaga kesehatan sangatlah penting.

Ingatlah sehat sebelum sakit.
Soto Babat. Makanan enak ini biasanya ditambah dengan nasi. Hmm, enak sih tapi bisa saja bikin badan kamu jadi nggak enak. Foto by pancaronailmu.blogspot.com

Penderita asam urat sebaiknya hindari makanan enak ini. Atau se-enggak-enggaknya kalau memang sudah nggak nahan, dikurangi.

  1. Soto babat.
  2. Sea food
  3. Sate Kambing
  4. Makanan Berlemak

Alasan utamanya adalah kandungan purin yang dapat meningkatkan asam urat. 

Seperti yang dijelaskan dalam laman hellosehat.com.

Secara alami, Tubuh kita sudah menghasilkan purin. Dan purin sendiri kemudian diproses oleh ginjal menjadi asam urat.

Apakah asam urat hanya menjadi sumber penyakit?

Tidak...!

Asam urat memiliki manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat asam urat bagi tubuh adalah berperan penting dalam pembentukan sel tubuh yang barul.

Ingat, itu adalah salah satu manfaatnya yah. Manfaat yang lainnya bisa kamu googling atau langsung ke narasumber yang bona-fide.

Petai dan jengkol

Semur Jengkol. Makanan Enak yang (bisa saja) bikin badan kamu jadi nggak enak. Foto by masakapahariini.com

Buah/Biji petai dan jengkol memang enak sekali kalau djadikan masakan. Tapi siapa sangka, seenak-enaknya petai dan jengkol bisa mengakibatkan beberapa hal berikut ini:

  1. Mempercepat terbentuknya kristal dalam ginjal.
  2. Bau menyengat khas petai dan jengkol pada urine.
  3. Bau mulut beraroma petai dan jengkol.

3 hal diatas adalah salah 3 dari efek makan petai dan jengkol. Dan yang paling berbahaya itu menurut saya yang nomor 1 yaitu mempercepat terbentuknya kristal dalam ginjal. 

Pernah ngerasain betapa sakitnya pipis disertai butiran kristal? 

Hmmm, saya berharap kamu tidak mengalaminya.

Organ ginjal merupakan salah satu organ vital dalam sistem tubuh kita yang fungsinya antara lain adalah:

  1. Menyaring  darah
  2. Mengontrol air dalam tubuh
  3. Mengatur tekanan darah dan garam

Nah, jika kamu konsumsi petai atau jengkol secara berlebih maka 3 dari sekian banyaknya fungsi ginjal akan terganggu.

Gimana? 

Setelah kamu baca ini, apa masih mau makan petai dan jengkol secara berlebihan? Semoga saja nggak yah. 

Sayangilah badan. Sebab sehatnya ginjal menunjukkan bahwa kamu orang yang peduli dengan diri kamu sendiri. Utamanya kesehatan. 

Alih-alih makan enak dan lahap tapi sakiti badan, enggak deh. Inilah yang saya sebut makanan enak yang bikin badan kamu jadi nggak enak.


sumber:  

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/gangguan-muskuloskeletal/radang-sendi/makanan-penyebab-asam-urat-pantangan-dihindari/#gref 

http://repository.unimus.ac.id/957/3/BAB%20II%27.pdf

Posting Komentar

0 Komentar