Inilah Salah Satu Benih Kesombongan Yang Tak Disadari Pelakunya

Manusia adalah makhluk sosial dimana tiap individu akan terhubung dengan tatanan masyarakat dalam lingkungannya.

Kita tidak bisa hidup sendiri (soliter) karena bermasyarakat adalah sebuah kebutuhan dasar yg tidak bisa dipungkiri.

Sayangnya ada kalanya dalam hubungan sosial terkadang terdapat crash antara satu individu dengan individu yang lain.

Memang, hubungan Sosial merupakan interaksi yang kompleks satu individu dengan individu yang lainnya dengan segala komponen yang ada dalam lingkungannya. Itu (adalah) pengertian hubungan sosial menurut saya pribadi.

Dalam konteks berkompetisi, menonjolkan sebuah keunggulan diri menurut saya sah-sah saja.

Namun, menonjolkan diri dengan keangkuhan dan menganggap orang lain tidak lebih baik dari diri sendiri, inilah yang perlu diwaspadai.

Jangan sampai perbuatan ini bertebar di sanubari. Jika ini dibiarkan, maka sebenarnya benih kesombongan sudah tersemai dan bisa jadi "Pohon Sombong" yang rindang.

Ingat kisah iblis yang dikeluarkan dari surga dan diturunkan ke neraka selama lamanya?

Dari kisah yang dilansir dari islam.co, Iblis merupakan salah satu makhluk Allah yang ahli ibadah. Namun setelah Allah azza wajalla memberitahukan kepada seluruh malaikat dan makhluk lainnya bahwa akan diciptakannya manusia, Adam. Iblis pun berpaling dari perintah-Nya yaitu bersujud pada Adam.

Iblis berkilah bahwa dirinya lebih baik darinya (Adam). Kisah ini tertuang dalam surat Al Arafah ayat ke 12 berikut:

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ ۖ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِّنْهُ خَلَقْتَنِي مِن نَّارٍ وَخَلَقْتَهُ مِن طِينٍ
Artinya: “Allah berfirman: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?” Menjawab iblis “Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah.”
Nah, jelas sudah kan, kenapa kita nggak boleh sombong.

Jadi maksud dari artikel "Inilah Salah Satu Benih Kesombongan Yang Tak Disadari Pelakunya" adalah merasa lebih baik dan merendahkan yang lain seperti yang dilakukan Iblis.

Iblis merasa lebih baik dari adam. Iblis diciptakan dari Api dan Adam diciptakan dari Tanah.

Iblis merasa bahwa sumber penciptaannya (yang berasal dari api) lebih baik dari pada Tanah karena dinilai rendah dan lemah. 

Posting Komentar

0 Komentar