7 Oleh-oleh khas semarang paling terkenal


Jalan-jalan ke Kota Semarang memang memiliki destinasi yang cukup lengkap mulai dari wisata alam, sampai wisata sejarah dan kebudayaannya. Jika ingin wisata alam, pantai marina dan pantai maron serta sederetan nama-nama pantai utara jawa-semarang ada. Ingin berkunjung ke daerah pegunungan juga ada, Gunung pati dan tempat lainnya. Pingin jalan jalan bernuansa reliji juga komplit. Kota semarang sepertinya bisa dibilang all in one.

Jika semua sudah kamu jelajahi sampai ke pelosok-pelosok dan sudut-sudu kota yang jadi porosnya Jawa Tengah ini kamu jangan sampai lupa 1 hal, yaitu oleh-oleh.

Oleh-oleh adalah salah satu daftar wajib kunjung dan wajib bawa-beli bagi para travelir. Tidak ada batasan yang permanen untuk membeli sebanyak mungkin oleh-oleh namun selagi itu bisa mewakili dan menjadi bukti dari cerita-cerita kamu. Percuma juga kan kalo kamu udah capek-capek cerita kesana-kemari tapi ga ada bukti?


Nah, untuk itu bagi kamu yang sudah membuat daftar kunjung ke objek-objek wisata jangan lupa oleh-oleh khas Semarang.

Oleh-oleh biasanya menjadi semacam “merk” yang menciri khaskan identitas suatu daerah seperti beberapa oleh-oleh yang terangkum dalam faFe berikut ini.


1. Batik Semarang

Contoh Motif Batik Semarang. Infobatik.id


Oleh-oleh tak selamanya berbentuk jajananan seperti kue, masakan khas, dan yang lain. Oleh-oleh juga bisa dalam bentuk cindera mata bukan? Ya,  7 Oleh-oleh khas semarang paling terkenal pertama adalah Batik Semarang.

Sebenarnya di Jawa Tengah sendiri ada berbagai macam jenis batik dan tiap jenis batik berasal dari daerah yang berbeda-bada serta menciri-khaskan daerah produksinya.

Batik Semarang memiliki motif yang cenderung mengekspos landmark dan icon-icon kota Semarang, seperti Monumen Tugu Muda, Gedung Lawang Sewu, Bangunan tempat peribadatan Gereja Blenduk di kawasan Kota Lama, dan sebagainya. Inilah yang menjadi alasan kenapa Batik Semarang layak menjadi salah satu daftar oleh-oleh yang harus kamu bawa pulang.

Untuk mendapatkan oleh-oleh Batik Semarang ini kamu harus menuju ke Kampung Batik Semarang atau di Jalan Batik. Selagi menawar harga dan memesan jumlahnya, kamu juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan Batik Semarang yang khas dan paling terkenal ini.

2. Kaos Costa Brava Van Java

Kaos Costa Brava Van Java. Paragram.id


7 Oleh-oleh khas semarang paling terkenal berikutnya masih dalam bentuk cindera mata. Cindera mata yang satu ini adalah pakain yaitu Kaos Costa Brava Van Java.

Popularitas Kaos Costa Brava Van Java memang tak se-terkenal kaos oblong bikinan Jogja “Dagadu” atau label lain seperti Dadung, Joger dll. Kaos label khas Semarang ini kalo dibilang dari segi kualitas berani diadu dengan kaos-kaos label buatan Bandung, Jogja, Bali.

Kaos Costa Brava van Java dirancang unik seunik-uniknya sesuai karakter anak muda zaman sekarang. Ini dilakukan untuk mengangkat popularitas Kota Semarang, mayoritas produk kaos tersebut bergambar sejumlah ikon wisata di Semarang, seperti Tugu Muda, Lawang Sewu atau Simpang Lima. Selain kaos, tersedia juga produk cindera mata yang lain yang wajib kamu bawa seperti tas, gantungan kunci, dan aneka aksesoris lainnya, nggak perlu dibeli semua sih, secukupnya saja. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Semarang ini kamu bisa dapatkan dengan harga yang relatif murah ke Jalan Tlogosari III No. 32A Tembalang. Cindera mata khas semarang ini juga sebenarnya di jual via online lho.

Untuk mendapatkan kaos Costa Brava van Java dengan harga murah, datang saja ke Jalan Tlogosari III No. 32A Tembalang. Atau, Anda juga dapat memesan via online.

3. Lumpia Gang Lombok.

Lumpia Gang Lombok. Travelblog.id

Kalo sudah puas beli batik semarang dan Kaos Costa Brava Van Java datanglah ke Gang Lombok Semarang. Di sini kamu bisa beli jajanan khas yang semarang banget yaitu Lumpia.

Sebenarnya yang menjual oleh-oleh Lumpia khas Kota Semarang ini ada banyak, bukan hanya di gang Lombok. Di jalan Pandanaran juga banyak ruko-ruko yang menjual jajanan khas ini. Tapi memang di gang lomboklah yang paling terkenal se antero kota semarng.

Gang Lombok tidak jauh dari pasar Johar jika kamu sudah sampai ke sini kemudian cari lah jalan yang menuju ke arag Pecinan. Uniknya, lumpia yang dijual di Gang lombok di kemas menggunakan besek bukan kertas karton yang sudah ada gambar-gambarnya seperti yang biasa dijual di sekitar jalan Pandanaran.

4. Tahu Bakso Ungaran

Tahu Bakso Ungaran. cdn2.tstatic.net


Untuk “berburu” oleh-oleh makanan khas yang satu ini, kamu tidak perlu datang jauh-jauh dari Kota Semarang ke Ungaran. Kamu bisa membeli Tahu Bakso di pusat penjualan oleh-oleh di Jalan Pandanaran.

Sekedar mengobati ke-kepo-an saja, kamu juga perlu tahu sejarah Tahu Bakso Ungaran. Tahu Bakso Ungaran sebenarnya sudah ada sejak tahun 1955. Pembuat jajanan khas semarang ini bernama Ibu Pudji. Ibu Pudji menjajakan tahu baksonya berkeliling-keliling ke kawasan perkantoran du Ungaran dan Semarang. Karena rasanya yang khas dan enak, tahu bakso buatan B. Pudji semakin terkenal dan bisnisnya pun kian berkembang pesat.

Silahkan di pilih, ada dua jenis tahu bakso, goreng dan rebus. Kedua-duanya sama-sama enak.
Oleh-oleh khas Semarang yang satu ini cocok dinikmati saat bersantai sambil minum teh atau kopi. Tahu Bakso di Semarang terkenal dengan rasanya yang gurih. Bagi yang suka pedas akan lebih enak disantap dengan cabe rawit. Ada 2 jenis makanan tahu bakso di Semarang, yaitu tahu bakso goreng dan tahu bakso rebus. Keduanya sama-sama enak dan lezat.


5. Wingko Babat

Wingko Babat Semarang. cdn.idntimes.com

Jajanan khas Semarang ini sebenarnya bukan berasal dari Semarang sendiri. Wingko Babat sebenarnya berasal dari Babat, Lamongan, Jawa Timur. Meskipun demikian banyak masyarakat atau wisatawan lain menganggap atau taunya Wingko Babat adalah asli buatan Semarang.

Singkatnya. Pada Zaman dahulu…. Datanglah seorang Nyonya Mulyono dari Babat Lamongan. Beliau “hijrah” ke Semarang dan menetap di sini. Pada awalnya Nyonya Mulyono ini hanya menjajakan Wingko Babatnya di sekitar stasiun kereta api tawang, semarang.

Bahan dasar untuk membuat Wingko Babat adalah Ketan dan Kelapa muda dan ditambahkan gula. Hasilnya, jajanan yang menjadi khas Kota Semarang ini memiliki rasa yang unik, legit, gurih, kenyal, nikmat deh pokoknya. Sekarang ini, Wingko Babat sudah mengalami perubahan terutama dalam hal rasa. Sekarang Wingko babat memiliki aneka rasa yang bervariasi mulai dari Nangka, Duren, Nanas dll.

Jajanan oleh-oleh khas Kota Semarang ini mudah sekali didapat terutama di sekitar Jalan Pandanaran, Stasiun Kereta Api Poncol dan Stasiun Kereta Api tawang. Di dua stasiun ini past sudah banyak penjualnya yang menjajakan oleh-oleh khas Kota Semarang seperti halnyadi Jalan Pandanaran namun jika kamu pingin membeli yang lebih asli ya datang saja ke Jalan Cendrawasih No. 14 Semarang.

6. Bandeng Presto

Bandeng Presto Juwana. depotburudy.com


Sebenarnya oleh-oleh yang satu ini lebih dikenal dengan nama Bandeng Juwana namun berhubung yang paling diinget adalah Bandeng Prestonya jadi disini disebutkan dengan nama Bandeng Presto.

Nama Presto bukan sekedar nama. Tapi di balik nama ini ada hasil yang bisa dinikmati oleh traveler dalam bentuk jajanan kuliner olahan ikan bandeng. Ragam olahan dari ikan Bandeng ini berupa Ikan Bandeng Duri Lunak (Biasa disebut Bandeng Presto), Bandeng asap, dan Otak-Otak Bandeng.

Selain bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah, kamu juga bisa menikmati langsung di TKP yaitu di Warung Makan Bandeng Juwana Erlina. Di warung makan ini selain menyediakan oleh-oleh khas ikan Bandeng Semarang kamu juga bisa puaskan laparmu dengan aneka hidangan yang berbahan dasar Bandeng ini. Beberapa Makanan dari Bandeng yang bisa kamu nikmati di warung makan di lantai dua ini yaitu Gudeg Bandeng, Sate Bandeng, dan Bandeng Tauco.

Ada dua lokasi yang bisa kamu pilih untuk membeli oleh-oleh makanan Khas Kota Semarang yang satu ini. Yang pertama adalah di Jalan Pandaran No. 57 Semarang atau kamu bisa berkunjung Jalan Pamularsih No. 70 Semarang. Dua-duanya sama sama menjual makanan yang berbahan dasar Bandeng.

7. Roti Ganjel Rel

Roti Gandjel Rel


Roti Ganjel Rel, Namanya aneh, rasanya seaneh namanya nggaj yah? Mungkin ini pertanyaan yang akan muncul dalam benak anda. Atau bahkan anda akan tersenyum geli karena namanya yang lucu, unik dan nyentrik. Tapi, jika kamu mau mencoba atau mencicipi roti ini pasti akan ketagihan.

Roti Ganjel Rel ini menurut beberapa sumber yang terangkum dalam  7 Oleh-oleh khas semarang paling terkenal sebenarnya tak jauh bedanya dengan roti-roti kebanyakan. Yang sedikit membedakan dari-roti-roti yang lain adalah adanya bahan tambahan yang membuat rasanya jadi lebih berkesan di lidah alias enak bingit.


“Racikan” resep pembuatan Roti Ganjel Rel terbuat dari adonan tepung tapioka, ditambah air nira, santan, gula serta kayu manis untuk penyedap rasa. Selain itu di sisi luar, ada taburan wijen yang membuat visualisasi lebih menarik. Tekstur roti ini lebih keras dibanding dengan roti-roti kebanyakan dari bentuk dan tekstur inilah nama Ganjel Rel disematkan.

Tau nggak sih? Roti Ganjel Rel ini menjadi hidangan wajib pada setiap acara penyambutan bulan suci Ramadan. Acara penyambutan bulan suci Ramadan di Semarang sering disebut Dugderan. Karena kehadiran roti yang umumnya ada selama bulan Ramadan ini, maka di bulan-bulan lain kamu mungkin kesulitan mencarinya walaupun tetap ada yang jual.

Itulah  7 Oleh-oleh khas semarang paling terkenal di Semarang. Sebenarnya masih banyak lagi oleh-oleh lain yang hanya bisa di dapat di Semarang.

Untuk menuju ke Kota Semarang, kamu bisa bisa naik kereta api atau pesawat tapi jangan lupa, beli dulu tiket pesawat or tiket kereta apinya. Karena letaknya yang menjadi jantung provinsi Jawa Tengah dan dilaului jalu Pantura membuat kota pesisir ini memiliki posisi yang strategis sehingga kamu tidak perlu bingung mencari akomodasi penginapan dan membooking hotel.

Booking hotel di daerah Kota Semarang sangat mudah, banyak sekali hotel di Kota Semarang. Kamu bisa manfaatkan informasi promo hotel di situs-situs penyedia layanan booking hotel, tiket pesawat dan tiket kereta api di tiket.com misalnya atau kamu bisa juga googling, binging atau asking dengan memasukkan kata tiket pesawat, tiket kereta api dan atau promo hotel untuk mencari situs penyedia jasa layanan beli tiket online dan atau booking hotel secara online.

Membeli tiket pesawat, tiket kereta api dan booking promo hotel secara online sebenarnya bisa menambah efisiensi pengeluaran biaya selama kamu jalan-jalan. Alasannya, karena dengan booking tiket online sering mengadakan promo diskon yang bisa mengurangi harga biasanya, jadi lebih hemat bukan.

Posting Komentar

0 Komentar