Bagaimanan Cara Menentukan Program Les Untuk Anak?

Bagaimanan Cara Menentukan Program Les Untuk Anak?

Anak tumbuh dengan cerdas dan sehat? tentu semua orang tua ingin sseperti itu. Sehingga, tak heran jika banyak orang tua yang rela membayar sejumlah biaya hanya untuk sebuah program kursusu tertentu, atau yang biasa dikenal dengan Les.

Sebelum Klepusher menentukan, apakan anak sudah membutuhkan Les atau kursus, ada baiknya Klepusher mengamati terlebih dahulu karakter, minat dan bakat si kecil. dengan begitu, anak tak akan merasa terpaksa atau malah tertekan untuk menjalani serangkaian jadwal les ataupun kursus tertentu.

Tentukan Tujuan Les Atau Kursus untuk Anak

Pada dasarnya, les atau kursus bukanlah kebutuhan orang tua. Melainkan kebutuhan anak. Jadi, ketika si kecil nampak telah membutuhkannya, mengapa tidak memberikannya waktu untuk mengikuti les ataupun kursus tambahan?

Secara garis besar, ada dua tujuan dalam memberikan les atau kursus pada anak. Yaitu:

  • Les Untuk Mengasah atau Menyalurkan Minat Bakat Anak

Setiap anak terlahir istimewa, dengan bekal karakter dan bakatnya sendiri-sendiri. Beberapa diantaranya dapat memperlihatkan minat dan bakatnya di usia yang masih belia. Namun, pada beberapa anak yang lain, harus dilakukan pengasahan terlebih dahulu, untuk memunculkan minat dan bakatnya pada satu bidang tertentu.

Orang tua, sebagai pihak yang paling dekat dengan anaklah yang wajib memantau dan mengetahu minat dan bakat anak. Sebagai contoh, bagi anak yang memiliki kecerdasan musik yang menonjol, tak ada salahnya untuk mendaftarkannya pada kelas musik tambahan. Atau, bagi anak yang aktif dan reaktif, akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan berbagai kesempatan. Jadi, untuk menyalurkan energinya, Klepusher dapat mengikutsertakan si kecil pada berbagai kegiatan. Seperti modelling, bela diri, olah raga, dan lain sebagainya.

  • Les Untuk Meningkatkan Kemampuan Anak

Tujuan les berikutnya adalah untuk meningkatkan kemampuan anak. Ada anak yang memiliki sifat pemalu. Sehingga seringkali ia nampak kesulitan untuk bergaul di ruang lingkup yang lebih luas. Atau, sulit untuk beradaptasi.

Jika begitu, ada baiknya Klepusher memberikan les tambahan, dengan tujuan untuk membangun kepercayaan dirinya. Seperti berenang, bela diri dan seni pertunjukan.

Manfaat Les atau Kursus untuk Anak

Les atau kursus dapat menjadi salah satu media untuk meningkatkan kemampuan anak. Ini adalah satu manfaat mendasar dari les. Namun, lebih dari itu, orang tua juga harus melibatkan anak dalam memilih kursus untuk anak. Mengapa demikian?

Les akan sangat bermanfaat bagi anak ketika anak mampu menerima setiap materi yang disampai oleh pengampunya dengan terbuka dan bahagia. Dengan begitu, ia dapat meningkatkan kemampuannya, baik melalui jalur les privat ataupu kelompok.

Sebaliknya, ketika anak menjalaninya dengan tidak bahagia, merasa terpaksa, atau bahkan karena tekanan dari pihak-pihak tertentu, maka, tak akan ada manfaat dari les yang dapat dirasakan oleh anak.

Kapan Waktunya Anak Membutuhkan Les Tambahan?

Saat ini, les bukan lagi sebuah kebutuhan, namun sudah menjadi satu trend tersendiri, bagaimana tidak, ada banyak anak usia dini yang sudah sibuk les kesana kemari, sekedar untuk mengisi waktu luangnya. Hal ini tentu menjadi satu trend positif. dimana, anak dapat memanfaatkan waktunya untuk hal-hal yang positif.

Hal ini didukung oleh sebuah studi dari American Academy of Pediatrics mengungkapkan bahwa sistem pendidikan yang berkualitas adalah hal yang sangat penting dalam pola tumbuh kembang anak.

Namun, apakah betul anak usia dini sudah perlu ikut les tambahan? Ada beberapa hal yang dapat ditangkap oleh orang tua, yang menjadi indikasi bahwa anak membutuhkan les tambahan. Pada anak usia sekolah dasar atau lebih, anak yang nampak sulit untuk menerima pelajaran, dapat memperoleh jam tambahan untuk belajar. Seperti les ataupun kursus. Namun, pada anak usia dini, les hanya merupakan sarana bermain dan bersenang-senang, dengan agenda kegiatan yang lebih mengarah pada penyaluran minat dan bakat anak.

Jadi, sebelum Klepusher Menentukan Program Les? Maka pastikan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan oleh si kecil, dan yang membuatnya nyaman dan bahagia!

Posting Komentar

0 Komentar