Waduk Penjalin, Alternatif Liburan Penuh Warna di Brebes Berhias

Waduk Penjalin, Alternatif Liburan Penuh Warna di Brebes Berhias - Waduk Penjalin merupakan salah satu waduk yang ada di Kab Brebes Jawa Tengah.

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari akses jalan antar kota (jalan protocol) membuatnya mudah sekali untuk disambangi.

Ya, Kabupaten Brebes memang dilalui oleh 2 jalur yaitu jalur pantura dan jalur (penghubung) selatan. Nah, Waduk Penjalin ini letaknya diantara jalur penghubung selatan. Artinya, letak Wasuk Penjalin ini berada di Brebes bagian selatan bahkan lebih ke selatan lagi dari Bumiayu.

Waduk Penjalin berada di desa Winduaji, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes Selatan. Jika dibandingkan dengan Waduk Malahayu mungkin keduanya sama-sama memiliki keindahan ala Waduk tapi, yang ini (Waduk Penjalin) Beda.

Dari letak geografisnya saja jelas berbeda yaitu berada di dekat lereng gunung Slamet. Tentu lokasi ini sangat menguntungkan yah karena cenderung memiliki kelembapan yang lebih tinggi sehingga lebih seger.

Okelah, dari pada pake panjang lebar dideskripsikan mending cek lokasi dulu yuk via Google Map.



Tiket masuknya Cuma sekitar 5 ribuan saja. Disini kamu bisa menghilangkan penat setelah bejibakun dengan pekerjaan.

Selain pemandangannya yang cukup “eye catching” dan “insta catching” kamu juga bisa berkeliling menaiki perahu beraneka warna berkeliling-keliling se-area Waduk Penjalin.

Bukti bahwa Waduk Penjalin, Winduaji Paguyangan Brebes adalah spot wisata yang "eye catching" dan "insta catching" adalah sebagi berikut:

Tangga Warna sebenarnya sebuah tanjakan yang berundak pada muka bendungan (Tanggul). Namun uniknya, tangga ini dicat dengan aneka warna. Nggak sedikit dari pengunjug yang mengabadikan mereka berfoto ditangga masuk ini.









Tangga warna, salah satu spot yang sering dijadikan background berfoto saat mengunjungi Waduk Penjalin. Foto: @dewiwuland72.dw

Selain berhiaskan aneka warna, di waduk seluas 1,25 km2 dan isi 9,5 juta m³ ini juga dihiasi dengan aneka spot foto untuk mejeng di sosmed seperti FB, instgram dll.

Contohnya berikut ini:

Berfoto di "entah apa namanya" yang berbentuk hati seperti abang ganteng di bawah ini.









Sumber: explorewisata.com

Berfoto di lingkaran ranting yang berlatar belakang patung 2 lumba-lumba









Sumber: d4kkjbdylolb0.cloudfront.net

Oops, masih ada lagi nih...! Berfoto di mini dermaga Waduk Penjalin.









Sumber: d4kkjbdylolb0.cloudfront.net

Itula beberapa spot foto yang menurut Sparklepush sangat eye-catching dan insta-catching banget.

Nah, jika diamati dari atas menggunakan google map, warna yang terpantul dari waduk tidak menunjukkan warna air pada umumnya yaitu berwarna seperti lelehan timah. Lihat saja foto berikut ini.









Foto
Satelit, Penampakan Waduk Malahayu, warna air yang muncul justru
seperti lelehan timah tidak nampak seperti genangan air yang umumnya
berwarna hijau atau biru.

Sesuatu yang nampak seperti itu bisa disebabkan oleh tingginya tingkat sedimentasi, limbah, atau ledakan mikroorganisme yang memberikan efek warna tertentu sesuai dengan karakteristik mikroorganisme tersebut. Yang jelas, hal seperti ini perlu dijelaskan dengan penelitian lebih lanjut.

Tapi, selain keunikan warna waduk penjalin yang dilihat dari atas via citra google map ini ada lagi loh keunikan yang lainnya.

Mungkin, kamu pernah lihat logo berikut ini:

Ya, logo diatas dimiliki oleh perusahaan otomotif asal eropa yaitu Peugeot.

Dan berikut ini adalah fotonya Waduk Penjalin Brebes diambil dari google map kemudian diputar-putar hingga membentuk seperti ini (tanpa rekayasa)

Dan apa jadinya jika kedua gambar di atas disandingkan side by side? maka hasilnya akan seperti ini:

🤔 nampak hampir mirip, iya kan!?

Nah itulah Waduk Penjalin dengan warna dan keunikannya.

Liburan memang asyik, lebih asyik lagi lagi jika liburanmu tidak meninggalkan sampah berserakan di tempat kamu berkunjung.Keindahan tercipta dari kita bersama.

Selamat Berlibur... 😀

Posting Komentar

0 Komentar