Destinasi Wisata Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor

Kampung Budaya Sindangbarang – menjadi salah satu wisata budaya Sunda yang paling terkenal di Kabupaten Bogor. Lebih tepatnya berada di Desa Pasir Eurih, Kec. Tamansari – Kabupaten Bogor.

Walaupun tempat wisata kampung budaya Sindangbarang hanya berjarak 5 km dari Kota Bogor, jalan yang harus di lalui cukup sulit karena bentuk jalannya yang berkelok-kelok.

Menurut sejarah, Kampung Budaya Sindangbarang merupakan bagian kerajaan bawahan, tempat ini sudah berdiri sejak abad ke XII. Berdasarkan penduduk setempat yang mengatakan, bahwa lokasi ini menjadi tempat tinggal dari salah satu istri dari Prabu Siliwangi. Seiring perkembangan zaman di saat ini, Sindangbarang menjadi wisata budaya Sunda yang terkenal.

Apakah Klepusher ingin mengenal budaya Sunda? 

Jika iya, maka Sindangbarang menjadi lokasi wisata yang paling tepat. Pasalnya tempat ini menjadi wisata budaya Sunda yang cukup besar, selain itu Klepusher juga bisa menikmati banyak hal seperti.

Kampung Budaya Sindangbarang (wisata budaya sunda)
Destinasi Wisata Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor.
Foto: Arif Wibowo.

    Menikmati indahnya Kesenian Sunda di Kampung Budaya Sindangbarang.

    Pada budaya Sindangbarang terdapat bermacam-macam kesenian khas dataran Sunda, semua alat musik tersebut sudah di revitalisasi dan dilestarikan oleh penduduk sekitar kampung budaya Sindangbarang Bogor.

    Menyaksikan Upacara Adat Seren Taun

    Salah satu wisata budaya Sunda yang bisa Anda nikmati, yaitu upacara adat yang dilakukan masyarakat setiap tahunnya. Pada umumnya upacara dilaksanakan setelah panen selesai, sebagai rasa syukur atas hasil panen dan berharap panen berikutnya menjadi lebih baik.

    Pelatihan Tari dan Gamelan Gratis 

    Sebagai langkah untuk menjaga kesenian tradisional, disediakan tempat untuk latihan generasi muda secara gratis. Bagi mereka yang berbakat akan ikut pementasan kedatangan tamu, selain menjadi wisata budaya Sunda hal ini bisa meningkatkan pendapatan.

    Bukan hanya itu saja, banyak wisata yang dekat dari Sindangbarang. Berikut yang telah dirangum sebagai gahan referensi anda.

    Berkunjung ke Situs Peninggalan Purbakala


    Pada lokasi ini terdapat beberapa peninggalan dari kerajaan Pajajaran, dengan berbentuk Punden Berundak yaitu batu tapak, batu diakon dan banyak lagi yang lainnya. Di Kecamatan Tamansari Desa Pasir Eurih Kab. Bogor, tercatat ada 33 punden berundak dan 60 lokasi situs yang lainnya.

    Berkunjung ke Grijaya Culture Village


    Grijaya Culture Village menjadi salah satu destinasi wisata budaya Sunda yang cukup menarik di Sindangbarang, sebagai desa adat Grijaya. Lokasinya berada di ketinggian 1200 m dpi, terletak di gunung salak.

    Nonton Proses Pembuatan Sepatu, Home Industry


    Selain wisata Kampung Budaya Sunda di Sindangbarang, Klepusher juga bisa melihat pembuatan sepatu yang ada di beberapa home industry. Sampai pada saat ini sudah tercatat ada 300 home industry yang ada, jadi kita bisa langsung membeli sepatu dari pabriknya dengan harga cukup murah.

    Berburu Kuliner Jananan 24 Jam


    Pada saat mengajak keluarga dan si kecil wisata budaya Sunda, kita juga bisa menikmati banyak ragam kuliner yang ada di Jalan Suryakencana. Di sana terdapat banyak tempat jajanan yang buka selama 24 jam/hari.

    Berkunjung ke Taman Sri Bagenda


    Taman Sri Bagenda menjadi salah satu wisata budaya Sunda yang berharga. Pasalnya tempat itu di percaya sebagai peninggalan dari kerajaan Sunda pada zaman dahulu. Pada wisata ini terdapat sebuah kolam, dengan ukuran 40 x 15 m dan air di kolam berasal dari Sumur Jalatunda.

    Berkunjung Ke Kebun Sayur


    Banyak penduduk yang tinggal di Kampung Budaya Sindangbarang yang bekerja sebagai petani, maka di lokasi ini menjadi tempat yang banyak ditanam sayuran. Jenis yang paling banyak di tanam pada lokasi tersebut, seperti Bayam dan Kangkung.

    Menikmati Kesegaran Air Terjun Curug Nangka


    Selain kita bisa menikmati wisata budaya Sunda di Sindangbarang, Anda juga bisa merasakan wisata alam yang jaraknya 1 jam menggunakan kendaraan. Curug Nangka merupakan air terjun yang ada di kaki gunung salak.

    Nah asyik 'kan kalau Klepusher bisa berkunjung ke Sindangbarang, sebuah destinasi tempat wisata budaya yang ada di Bogor.

    Posting Komentar

    0 Komentar